Hari Libur Tahun 2020 yang Ditetapkan Pemerintah

4 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Jika di tahun 2019, kebanyakan tanggal merah atau hari libur nasional, jatuh di hari Sabtu dan Minggu (weekend), namun hal tersebut nampaknya tidak untuk di tahun 2020. Sehingga, kamu bisa banyak menerima jatah libur di hari biasa (weekday). Pasalnya, pemerintah Indonesia setidaknya telah menetapkan 16 hari libur untuk tahun 2020 beserta cuti bersama.

Bahkan, disebut-sebut tahun depan, memiliki banyak hari libur yang kejepit atau biasa dikenal dengan “Harpitnas”. Sehingga, bagi pekerja kantoran, hal tersebut sangat memberi keuntungan untuk mereka yang ingin mengambil cuti, di antara hari libur nasional tersebut. Apa kamu juga sepemikiran untuk mengambil cuti di hari kejepit tersebut? Hehe…

Seperti yang dihimpun dari laman cnnindonesia.com, 16 hari libur tahun 2020 beserta hari cuti bersama tersebut, disepakati oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), yakni Puan Maharani. Dalam kesepakatan tersebut, Puan Maharani menetapkan bahwa tahun 2020, akan ada 16 hari libur nasional dan 4 hari cuti bersama.

Keputusan terkait hari libur tersebut, juga dihadiri oleh Kementrian Agama, Kementrian Ketenagakerjaan, dan Kementrian PAN-RB, pada 28 Agustus 2019 lalu. Nah, daripada bertanya-tanya, terkait tanggal hari libur nasional  tahun 2020, yuk intip daftar libur nasional hingga cuti bersama di tahun 2020 berikut ini:

Hari Libur Tahun 2020 – Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama

1. 1 Januari: Rabu – Tahun Baru 2020 Masehi
2. 25 Januari: Sabtu – Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili
3. 22 Maret: Minggu – Isra Miraj Nabi Muhammad SAW
4. 25 Maret: Rabu – Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1942
5. 10 April: Jumat – Wafat Isa Al Masih
6. 1 Mei: Jumat – Hari Buruh Internasional
7. 7 Mei: Kamis – Hari Raya Waisak 2564
8. 21 Mei: Kamis – Kenaikan Isa Al Masih
9. 24-25 Mei: Minggu & Senin – Hari Raya Idul Fitri 1441 H
10. 1 Juni: Senin – Hari Lahir Pancasila
11. 31 Juli: Jumat – Hari Raya Idul Adha 1441 H
12. 17 Agustus: Senin – Hari Kemerdekaan RI ke-75
13. 20 Agustus: Kamis – Tahun Baru Islam 1442 H
14. 29 Oktober: Kamis – Maulid Nabi Muhammad SAW
15. 25 Desember: Jumat – Hari Raya Natal

Cuti Bersama

1. 22, 26, 27 Jumat, Selasa, Rabu – Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri
2. 24 Desember Kamis – Cuti Bersama Hari Raya Natal

Daftar Long Weekend Hari Libur Tahun 2020

  • Tanggal 10,11,12 April : Jumat, Sabtu, Minggu
  • Tanggal 1,2,3 Mei: Jumat, Sabtu, Minggu
  • Tanggal 30, 31 Mei, 1 Juni: Sabtu, Minggu, Senin
  • Tanggal 31 Juli, 1, 2 Agustus: Jumat, Sabtu, Minggu
  • Tanggal 15, 16, 17 Agustus: Sabtu, Minggu, Senin

(Baca Juga: 5 Serial Netflix Terbaik Untuk Nemenin Liburan Tahun Barumu)

Daftar Harpitnas

  • Tanggal 8 Mei: Jumat
  • Tanggal 21 Agustus: Jumat
  • Tanggal 30 Oktober: Jumat

Nah, itu lah beberapa daftar hari libur nasional tahun 2020 mendatang. Meski hari libur nasional masih akan bersih di awal tahun, namun tidak ada salahnya persiapkan rencana liburanmu, untuk mengisi hari libur nasional tahun 2020 nanti.

Deretan Kegiatan Kreatif Low Budget Untuk Temani Hari Libur Tahun 2020

Lantas, kira-kira enaknya dipakai untuk apa ya, hari libur nanti? Pasalnya, liburan atau refreshing sangat penting loh untuk kesehatan batinmu. Tidak hanya diisi dengan traveling, rebahan, atau makan saja, kamu juga bisa melakukan beberapa kegiatan berikut, yang bisa mengasah kemampuan kreatifitasmu dan tentunya juga sangat produktif.

  • Menjalankan Hobi

Kegiatan pertama untuk isi hari libur yang tak kalah mengasyikkan dari traveling adalah menjalankan hobi. Jika di keseharian kamu terus mengerjakan pekerjaan yang monoton, seperti pergi ke sekolah, kampus, dan kantor, di hari libur nasional tahun 2020 ini, kamu bisa tenang melakukan hobimu.

Mulai dari memasak masakan kesukaan, memotret, cover lagu, melukis, memancing, bersepeda, bermain game, karoke, hingga bercocok tanam di halaman rumah. Pasalnya, selain mengasyikkan, melakukan hobi sendiri juga bisa mengasah kemampuan kreatifitasmu.

  • Gabung di Komunitas atau Organisasi

Tidak hanya di sekolah, kampus, dan kantor, kamu juga akan memiliki banyak teman dan pengalaman di dalam sebuah komunitas atau organisasi. Selain, mendapatkan teman dan pengalaman, di komunitas atau organisasi, kamu juga akan mendapatkan ilmu sosial yang sangat berharga.

Kamu bisa bergabung di komunitas atau organisasi yang sesuai dengan minat dan kesukaanmu. Misalnya seperti komunitas pecinta hewan, komunitas pecinta lingkungan, budaya, olahraga, dan masih banyak lagi.

  • Membuat DIY (Do It Yourself)

Kegiatan kreatif selanjutnya untuk menemani hari libur kamu adalah membuat DIY atau Do It Yourself. Kamu bisa membuat berbagai DIY, yang unik, lucu dan menarik bahkan, juga bisa bermanfaat untuk kehidupan kamu.

Misalnya, kamu bisa membuat kursi malas dari bahan ban mobil bekas, lalu membuat rak dari kardu yang tidak terpakai, dan masih banyak lagi. Selain, mengasyikkan, melakukan DIY juga tidak memerlukan biaya yang besar.

  • Utak-Atik Kamar

Jika kamu bosan dengan suasana kamarmu, kamu juga bisa loh melakukan kegiatan utak-atik kamar, untuk mengisi hari libur kamu. Pasalnya, tidak hanya menjadi terlihat rapi, dengan mengutak-atik kamar, kamu juga bisa memiliki suasana baru, agar istirahatmu lebih berkualitas ketika pulang beraktifitas di luar.

Selain mengubah tata letak, kamu juga bisa mengubah warna cat tembok, mengganti gorden, memajang pajangan lucu, memberi pengharum ruangan, dan memberikan aksen-aksen yang bisa membuatmu betah berada di kamar sendiri.

Itulah beberapa informasi daftar hari libur tahun 2020 beserta hari cuti bersama, dan kegiatan-kegiatan asyik untuk mengisi hari liburmu. Apa kamu sudah merencanakan liburan di tahun 2020 nanti? Yuk rencanaka dari sekarang! Jangan lupa sekaligus dengan ajukan kartu kredit di Cekaja.com, agar liburanmu di tahun 2020, jauh dari bokek.