16 Jenis Fobia Aneh dan Langka di Dunia

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Tahukah kamu? Di dunia ini, sebenarnya banyak sekali fobia aneh yang terdengar fiksi namun ternyata ada di dunia nyata lho. Saking anehnya, fobia-fobia tersebut terasa begitu sulit dipercaya oleh sebagian orang.

Jenis fobia aneh di dunia

Bagi yang belum tahu, fobia itu sendiri dapat didefinisikan sebagai sebuah perasaan takut yang tergolong tidak wajar terhadap suatu objek, baik itu bisa dalam bentuk materi, kondisi, hingga keadaan tertentu. Dilansir dari indozone.id, fobia berasal dari bahasa Yunani yang berarti phobos atau ketakutan.

Ketika seseorang mengalami fobia, maka ia akan merasa sangat terganggu terhadap objek yang ia takuti sehingga cenderung menjauh dan menghindar. Akan tetapi, perlu diingat bahwa ternyata, fobia itu sendiri berbeda dengan rasa takut yang sering dialami oleh banyak orang. Lalu, kira-kira apa saja sih fobia aneh tapi nyata yang ternyata ada di sekitar kita? Nah, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis fobia aneh dan langka yang ada di dunia. Yuk disimak bersama-sama.

Perbedaan Fobia dan Rasa Takut

Selama ini mungkin banyak yang beranggapan bahwa fobia dan rata takut itu sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pada umumnya, fobia timbul akibat rasa trauma yang pernah dialami sang penderita di masa lalu. Sebagai contoh, ada orang yang fobia terhadap air karena pernah tenggelam sebelumnya.

Sementara itu, untuk rasa takut biasanya hanya diakibatkan karena pengaruh lingkungan sekitar. Sebagai contoh, ada orang yang merasa takut dengan cicak karena orang-orang disekitarnya juga takut dengan cicak atau merasa jijik.

(Baca Juga: Mengenal Hoarding Disorder)

Orang yang menderita fobia biasanya akan mengalami rasa cemas berlebihan ketika berhadapan dengan objek yang ia takuti, sehingga hal tersebut turut mempengaruhi kondisi psikis maupun fisiki orang tersebut. Misalkan, orang yang merasa takut dengan kecoak mungkin hanya merespon dengan lari karena merasa jijik. Akan tetapi, orang yang fobia justru akan memberikan respon selain menunjukan ekspresi jijik, detak jantungnya juga menjadi tidak beraturan hingga mengganggu aktivitas.

Jenis-jenis Fobia

Sebelum kita membahas tentang fobia anek nan langka yang terjadi di dunia, mungkin kamu juga perlu mengetahui tentang jenis-jenis fobia itu sendiri. Dilansir dari situs doktersehat.com, terdapat dua jenis fobia yang ada, yaitu:

  • Fobia Sederhana

Ini merupakan jenis fobia yang paling umum dialami oleh orang dan terbilang cukup mudah untuk dihindari, seperti fobia terhadap serangga atau hewan tertentu. Fobia ini jelas bukanlah sebuah fobia yang sampai di luar akal sehat.

  • Fobia Khusus

Sedangkan fobia khusus adalah sebuah fobia dengan objek yang semakin spesifik. Bahkan, fobia ini juga terkadang dapat menimbulkan reaksi di luar nalar bagi penderitanya. Sebagai contoh seperti agrofobia atau fobia terhadap keramaian. Nah, jenis fobia ini juga termasuk ke dalam fobia aneh dan langka.

Jenis-jenis Fobia Aneh dan Langka di Dunia

Saat ini, sudah semakin banyak orang yang mengalami fobia aneh, yang mana diantaranya terkadang juga sulit dipercaya dengan akal sehat. Akan tetapi, fobia aneh ini memang ada dan terjadi di dunia nyata. Dilansir dari berbagai sumber, kita akan membahas tentang beberapa fobia paling aneh yang ada, yaitu adalah:

1. Agrophobia

Fobia aneh yang pertama adalah agrophobia atau seseorang yang merasa luar biasa takut akan temput terbuka yang disertai dengan kerumunan banyak orang, seperti pasar, tempat wisata, konser musik, dan sejenisnya. Biasanya, penderita fobia ini akan berani meninggalkan rumah dan lebih memilih mengurung diri di rumah.

2. Genuphobia

Genuphobia adalah sebuah kondisi ketika seseorang merasa takut dengan lutut. Aneh memang. Biasanya, orang yang memiliki fobia satu ini akan memiliki rasa takut dengan lutut, baik itu lutut sendiri maupun lutut orang lain. Genuphobia biasanya dapat diakibatkan oleh kejadian trauma yang berhubungan dengan lutut, seperti cedera.

3. Agyrophobia

Agyrophobia merupakan salah satu fobia yang cenderung mengganggu aktivitas sehari-hari, khususnya bagi seseorang yang diharuskan untuk beraktivitas di daerah perkotaan. Mengapa? Sebab, orang yang mengalami agyrophobia akan merasa takut untuk menyebrang. Umumnya, fobia ini diakibatkan karena penderita pernah mengalami kejadian buruk di jalan raya yang membuatnya mengalami trauma hebat dalam jangka waktu yang lama.

4. Ablutophobia

Fobia aneh selanjutnya adalah ablutophobia atau rasa takut akan mandi dan bercuci atau bersih-bersih. Fobia ini dapat terjadi ketika seseorang pernah mengalami suatu kejadian tidak mengenakan ketika sedang mandi atau hal-hal yang berhubungan dengan bersih-bersih.

5. Anablephobia

Anablephobia merupakan rasa takut ketika melihat ke atas atau ke langit. Saat penderita melakukan hal tersebut, maka ia akan segera merasa mual, pusing, tegang, dan lainnya. Umumnya, fobia ini bisa muncul akibat kombinasi dari dua kondisi, yaitu rasa trauma dan kecenderungan internal, seperti genetika. Namun, untuk penyebabnya itu sendiri masih belum diketahui secara pasti.

6. Hippopotomonstroses-quippedaliophobia

Hippopotomonstrosesquippedaliophobia merupakan salah satu kata terpanjang yang pernah ada di dictionary atau kamus Bahasa Inggris. Namun, kontras dengan namanya yang bahkan sulit disebutkan, ini merupakan kondisi ketika seseorang merasa takut dengan kata-kata panjang. Dikenal pula dengan Sesquipedalophobia, biasanya orang yang menderita fobia ini akan segera berkeringat, gemetar, merasa sakit kepala, hingga pingsan ketika berhadapan dengan kata yang ia anggap panjang.

7. Ergophobia

Ini merupakan salah satu fobia paling aneh yang mungkin pernah dialami oleh manusia. Ergophobia merupakan rasa takut ketika bekerja dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan, seperti rasa takut akan gagal ketika mengerjakan suatu tugas, berbicara dengan kolega di tempat kerja, hingga bersosialisasi di lingkungan kerja. Fobia aneh ini dapat terjadi ketika seseorang pernah memiliki pengalaman traumatis di tempat kerja sebelumnya.

8. Ephebiphobia

Umumnya dialami oleh orang dewasa, Ephebiphobia merupakan fobia akan remaja. Biasanya, fobia satu ini memiliki hubungan yang erat dengan kenakalan remaja yang cenderung di luar kendali. Orang dewasa cenderung melihat remaja sebagai sosok yang malas, tidak sopan, kasar, egois, dan liar. Nah, faktor-faktor inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab dari Ephebiphobia ini. Beberapa efek yang bisa dialami oleh penderitanya adalah kesulitan bernafas, merasa seperti tercekik, tubuh bergemar, hingga merasa harus melarikan diri.

9. Bibliophobia

Fobia aneh dan langka selanjutnya adalah Bibliophobia atau rasa takut dengan buku atau hal-hal yang berhubungan dengan membaca sekalipun, seperti takut ketika menyentuh buku, berkunjung ke perpustakaan, bahkan hingga rasa takut terhadap cerita yang terdapat di sebuah buku. Penderita pada umumnya akan merasakan efek seperti tubuh bergemetar, berkeringat hingga menangis ketika diharuskan untuk membaca.

10. Urophobia

Urophobia mungkin merupakan salah satu jenis fobia aneh dan langka yang paling menyiksa. Sebab, Urophobia itu sendiri merupakan rasa takut akan buang air kecil. Sebagai manusia, buang air kecil tentunya menjadi suatu kondisi alami yang tidak dapat dihindarkan. Lalu, bagaimana jika ada orang yang mengalami fobia satu ini? Orang yang mengalami kondisi ini akan sebisa mungkin menghindar untuk menggunakan toilet umum, yang mana hal ini juga berkemungkinan untuk menimbulkan masalah kesehatan lainnya, yaitu masalah kandungan kemih.

11. Philophobia

Orang yang menderita Philophobia tidak ingin mengenal yang namanya rasa cinta, baik itu dicintai maupun mencintai. Biasa, penderita fobia ini akan terus menghindar ketika berhubungan dengan cinta dan memutuskan untuk tidak menikah. Philophobia lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan pria.

12. Emetophobia

Emetophobia dapat dikatakan sebagai fobia sosial dan merupakan suatu kondisi ketika seseorang merasa takut untuk muntah di depan orang lain atau di tempat umum. Biasanya, orang yang menderita fobia aneh ini akan mulai merasa takut ketika melihat makanan yang ada di hadapannya. Mereka juga akan cenderung menghindari tempat keramaian atau aktivitas yang dianggap bisa menjadi pemicu untuk muntah, seperti menaiki pesawat, kapal, hingga rumah sakit.

13. Triskaidekaphobia

Fobia aneh selanjutnya adalah Triskaidekaphobia, yaitu rasa takut yang luar biasa terhadap angka 13. Sebab, angka satu ini dianggap memiliki keterkaitan dengan sentan, mistis, dan pembawa sial. Kata Triskaidekaphobia itu sendiri diambil dari Bahasa Yunani, yaitu tris yang berarti angka 2 Kai, yang memiliki arti dan, serta deka yang berarti 10. Jika digabungkan, maka 3 ditambah 10 berjumlah 13.

14. Somniphobia

Selanjutnya adalah Somniphobia yang juga masuk ke dalam salah satu fobia aneh nan langka. Tidur merupakan aktivitas alami yang pastinya harus dilakukan oleh setiap makhluk hidup untuk bisa mendapatkan energi baru ketika menjalankan kegiatan di hari berikutnya. Akan tetapi, bagaimana jika aktivitas yang cenderung digemari oleh banyak orang ini justru ditakuti? Somniphobia adalah suatu kondisi ketika seseorang merasa takut akan tidur dan biasanya disebabkan karena pernah mengalami kejadian traumatis ketika sedang tidur, seperti ketindihan.

15. Panophobia

Panofobia merupakan jenis fobia aneh dan sangat menakutkan, sebab penderita fobia ini akan kerap merasa takut pada semua hal yang ada di sekitarnya. Hingga saat ini, penyebab dari panofobia belum diketahui secara pasti. Namun, sang penderita sangat disarankan untuk segera mendapatkan penanganan psikologis secara khusus.

16. Ombrophobia

Orang yang menderita Ombrophobia akan merasa takut ketika datangnya musim hujan dan termasuk ke dalam kategori fobia alam. Sebenarnya, selain Ombrophobia ini, terdapat beberapa jenis fobia lainnya yang berkaitan dengan alam, seperti Lilapsophobia (takut badai), Chionophobia (takut salju), Ancraophobia (takut angin), dan masih banyak lagi.

(Baca Juga: Asuransi untuk Penyakit Psikologis)

Jadi, itulah beberapa jenis fobia aneh dan langka yang terdengar tidak masuk akal namun kenyataannya memang terjadi pada manusia. Nah, agar fobia ini dapat diatasi, maka sang penderita disarankan untuk mendapatkan penanganan khusus dari psikolog. Tahukah kamu? Ternyata saat ini, sudah ada beberapa jenis asuransi kesehatan yang memiliki program untuk pengobatan penyakit psikologis lho. Jika bingung mencari produk asuransi yang sesuai, segera bandingkan saja di CekAja.com.

Selain kamu bisa melakukan perbandingan untuk pilihan jenis asuransi yang paling sesuai, baik itu dalam segi program dan biaya premi, melalui CekAja.com kamu juga bisa langsung mengajukan produk asuransi yang diinginkan lho. Tanpa perlu meluangkan waktu ke luar rumah, seluruh proses pengajuan dilakukan secara online sehingga sangat menghemat waktu dan tenaga.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kesehatan hanya di CekAja.com dan nikmati segudang manfaatnya.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha