Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

10 menit waktu bacaan

16 Tips dan Trik Game PUBG Mobile Biar Chicken Dinner

by Nadhillah Kusindriani on 25 Februari, 2020

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu game PUBG? Game yang satu ini menjadi salah satu game yang sangat digemari oleh para gamers. Oleh karena itu, agar bisa menjadi pemain PUBG yang pro, kamu perlu menguasai tips dan trik game PUBG mobile.

tips dan trik game PUBG

Meski awalnya game PUBG ini hadir lebih dahulu di perangkat PC gaming, namun game rancangan Brendan Greene ini lebih disukai dan lebih ramai dimainkan di mobile.

Hal tersebut karena game PUBG versi PC dinilai memiliki spesifikasi yang rumit dan membuat sebagian besar gamers kecewa.

Sebelum membahas tips dan trik game PUBG mobile, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu game PUBG beserta informasi lainnya yang telah CekAja.com rangkum untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Apa itu Game PUBG?

Sejatinya, game PUBG merupakan game Battle Royale yang pernah viral di komunitas gaming pada 2017. Game ini mengharuskan kamu untuk bertahan hidup dengan bertempur melawan 100 pemain lainnya dan menjadi pemain terakhir yang hidup.

Untuk memulai game PUBG, pemain harus terjun dari sebuah pesawat menggunakan parasut ke berbagai lokasi untuk mereka loot. Di sana, nanti akan muncul lingkaran putih yang merupakan zona bermain dan para pemain harus masuk ke dalamnya.

Zona bermain tersebut akan selalu diperbarui dan semakin lama akan semakin mengecil hingga waktu lingkaran sudah mencapai 0. Pembaruan zona bermain tersebut yang membuat beberapa area permainan menjadi tidak aman.

Untuk pemain yang berada di luar lingkaran putih atau zona bermain, mereka akan kehabisan darah lalu mati. Hal tersebut menjadi klimaks permainan, sebab lingkaran putih yang menjadi zona permainan akan terus mengecil.

Para pemain yang masih hidup, bertempur habis-habisan untuk menjadi pemain terakhir yang bertahan hidup dan memenangkan chicken dinner. Dan untuk menjadi pemenang, tentu ada tips dan trik game PUBG mobile yang digunakan oleh para pemain.

(Baca Juga: Game Balap Mobil Terbaik 2020 untuk Pengguna Android dan iOS)
Tips dan Trik Game PUBG Mobile

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa game PUBG tidak hanya bisa dimainkan di PC, melainkan juga bisa dimainkan di mobile. Justru, gamers lebih senang memainkan game PUBG di mobile karena spesifikasi yang diberikan tidak rumit.

Apabila di antara kamu ada yang sudah bermain game PUBG sejak lama, namun masih merasa noob, jangan khawatir. Di bawah ini CekAja.com akan mengulas tips dan trik game PUBG mobile khusus untuk kamu.

  • Menentukan Lokasi Mendarat yang Tepat

Tips dan trik game PUBG mobile yang pertama adalah menentukan lokasi pendaratan yang tepat. Sebab, lokasi yang tepat dan strategis tidak menutup kemungkinan memiliki loot yang berlimpah.

Sebaiknya kamu menghindari mendarat di lokasi yang banyak penghuninya, seperti Pecado, Pochinki, School, Paradise Island dan beberapa lokasi lainnya.

Meski beberapa orang menganggap bahwa mendapatkan lokasi yang jarang penghuninya merupakan suatu keberuntungan, namun kamu tetap harus mempertimbangkannya.

Sah-sah saja sebenarnya jika kamu ingin mendarat di lokasi yang ramai penghuni, namun kamu akan kesulitan ketika bermain karena tidak mendapatkan hasil looting yang maksimal.

  • Loot Barang Terlebih Dahulu

Barang atau senjata hasil loot memiliki peran yang sangat penting untuk kelancaran permainan dan kemenangannya. Seperti ketika bertarung di lapangan terbuka, pemain yang memiliki senjata berupa pistol dan skill yang bagus akan lebih diuntungkan dibandingkan dengan pemain yang hanya memiliki sebuah pisau.

Tentu saja, pemain dengan pistol tersebut memiliki kesempatan menang lebih besar. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu barang-barang atau senjata hasil loot sudah cukup untuk berperang dan menjauhi red zone.

Namun tidak hanya itu, kamu juga bisa mengambil beberapa barang yang dirasa perlu kamu miliki, seperti medical kit, armor, amunisi dan senjata-senjata terbaik lainnya.

  • Kelola Barang di Inventory

Setelah kamu looting, barang-barang yang kamu dapatkan bisa dikelola di inventory. Kamu bisa menyaring mana saja barang yang memang sangat dibutuhkan dan yang perlu dibuang karena ternyata tidak terlalu dibutuhkan.

Salah satu contoh barang yang sangat dibutuhkan yaitu bom atau pun medical kit. Sedangkan, barang yang tidak terlalu dibutuhkan misalnya ammo shotgun dan lain sebagainya.

  • Memakai Fitur Auto saat Dibutuhkan

Tips dan trik game PUBG mobile selanjutnya yaitu gunakan fitur auto ketika dibutuhkan. Sebab, fitur tersebut mempermudah kamu ketika bermain. Beberapa fitur auto yang disediakan oleh PUBG mobile diantaranya fitur auto sprint, auto loot dan free look.

Tiga fitur tersebut bisa kamu pakai untuk mengambil item-item yang dibutuhkan ketika looting secara otomatis. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, kamu akan lebih mudah mengambil item dan lebih waspada dengan keadaan sekitar.

  • Pastikan Menembak di Area Jangkauan

Jika ingin menembak musuh, pastikan kamu menembak menggunakan senjata yang sesuai dengan jangkauannya. Apabila kamu ingin menembak musuh dalam jarak menengah, ada baiknya kamu menggunakan senjata AKM atau M4A1.

Sebab, senjata tersebut sangat cocok dipergunakan ketika perang apabila musuh berada dalam jangkauan pendek hingga menengah. Sedangkan, jika kamu ingin menembak musuh yang jangkauannya berada jauh darimu, sebaiknya kamu menggunakan senjata AWM atau Kar-89.

Namun senjata-senjata tersebut tidak bisa asal dipergunakan, tentu pemain harus memiliki skill membidik dan waktu yang tepat untuk menembak.

Selain itu, kamu juga sebaiknya jangan menembak musuh dari jarak jauh. Karena apabila tidak tepat sasaran, maka kamu yang akan menjadi target lawan untuk dibunuh. Sebab, secara tidak langsung kamu memberitahukan keberadaan mu kepada musuh.

  • Dahulukan Mengambil Medical Kit dan Item Defense

Tips dan trik game PUBG mobile berikutnya adalah utamakan mengambil medical kit dan beberapa item defense ketika looting.

Medical kit penting untuk diambil sebab berguna untuk mengembalikan darah. Tidak hanya itu, kamu juga membutuhkan painkiller dan energy drink yang berfungsi untuk menambah bar darah dan memberikan kecepatan mu saat berlari.

Namun selain medical kit, kamu juga butuh item defense yang akan melindungi mu dari serangan musuh, seperti helm dan vest. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan level tas yang digunakan, karena kamu memerlukan tas dengan kapasitas yang besar.

  • Perhatikan Map

Tips dan trik game PUBG mobile yang ketujuh adalah selalu perhatikan map dan kendala-kendala yang mungkin saja terjadi.

Map pada PUBG merupakan lokasi di mana kamu akan bertempur dengan 100 pemain lainnya untuk bertahan hidup dan memenangkan permainan. Selain itu, tampilan map di game PUBG mobile sama seperti game PUBG di PC.

Hanya saja, PUBG mobile menyediakan beberapa map yang bisa kamu pilih, di antaranya ada Erangel, Sanhok, Miramar, atau Vikendi. Tentu di setiap arena tersebut ada perbedaan dan keuntungannya sendiri.

Untuk mekanisme dari map itu sendiri serupa dengan game sejenis lainnya, yaitu terdapat beberapa zona, seperti Blue Zone, Red Zone, dan Safe Zone.

Blue Zone merupakan zona terlarang yang dapat mengecil dan bisa memberikan kerusakan apabila kamu berada di luar. Kemudian ada Red Zone yang merupakan zona berbahaya karena akan dijatuhi bom yang dapat membuat mu mati seketika.

Zona terakhir ada Safe Zone yang merupakan zona paling aman. Zona tersebut ditandai dengan lingkaran warna putih yang berarti area aman untuk melakukan pertempuran.

  • Tutup Pintu Bangunan

Menutup pintu bangunan juga menjadi tips dan trik game PUBG mobile. Karena, pada saat looting, default pintu bangunan sudah pasti tertutup. Kemudian kamu membukanya untuk mengambil barang-barang ataupun senjata yang dibutuhkan.

Usahakan kamu menutup pintu bangunannya kembali. Sebab, jika kamu tidak menutupnya kembali itu akan menjadi kode bagi lawan kalau bangunan tersebut sudah dilooting atau justru kamu sedang berada di dalamnya.

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan ketika looting agar tidak diketahui oleh lawan adalah masuk bangunan melalui jendela. Hal tersebut karena tidak semua jendela di PUBG dilengkapi dengan kaca.

  • Lari Cepat dan Gunakan Free Look

Tips dan trik game PUBG mobile yang kesembilan adalah lari dengan cepat dan gunakan free look. Sebab, lari dengan cepat menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai Safe Zone apabila kamu belum memiliki kendaraan.

Kamu bisa meninggalkan semua senjata dan barang-barang lainnya untuk bisa berlari dengan cepat. Ketika sedang berlari, kamu juga harus waspada dengan sekitar. Kamu bisa melihat keadaan sekitar dengan menggunakan tombol free look.

Tombol ini terletak di bagian kanan atas dekat peta, kamu bisa langsung menggerakkan kamera untuk melihat keadaan sekitar.

  • Memakai Senjata sesuai Kondisi

Setiap senjata yang disediakan game PUBG tentu memiliki kelebihan, kekurangan dan kegunaannya sendiri. Untuk itu, kamu harus bisa mengetahui apa saja kegunaannya dan menggunakannya sesuai fungsi beserta kondisinya.

Jika kamu sedang bermain dalam jarak dekat, sebaiknya gunakan senjata yang dapat menimbulkan kerusakan besar, seperti misalnya shotgun. Untuk jarak menengah kamu bisa menggunakan submachine gun, sedangkan jarak jauh kamu bisa gunakan assault rifle atau pun sniper rifle.

  • Memahami Letak Bidik dan Recoil Senjata

Memahami letak bidik dan recoil senjata dengan benar merupakan bagian dari tips dan trik game PUBG mobile. Sebab, recoil ketika menembak menjadi salah satu kendala untuk beberapa pemain.

Sebenarnya, kamu bisa mengatasinya dengan memposisikan bidikan peluru ke bagian perut lawan. Karena ketika kamu menembak, senjata sudah pasti naik. Tidak hanya itu, pastikan juga dalam mode scope.

Apabila kamu berada dalam jarak dekat, pastikan berada pada mode crouch atau sedikit menunduk. Gunakan mode ini untuk mengurangi tolak peluru atau recoil yang dihasilkan senjata.

  • Memakai Headset

Tips dan trik game PUBG mobile berikutnya adalah menggunakan headset. Pasalnya, headset berguna untuk mempertajam pendengaran untuk mendapatkan detail suara permainan dengan lebih jelas.

Kamu bisa mendengar suara tembakan, gerakan atau langkah kaki musuh, kendaraan yang datang hingga pesawat yang datang membawa perbekalan.

Terlebih jika kamu mendengarkannya secara stereo, kamu akan lebih jelas mendengar langkah kaki atau gerakan musuh yang datang dari kanan atau kiri mu.

Menggunakan headset sangat berguna untuk membuat mu lebih waspada terhadap gerak-gerik sesuatu di dalam permainan.

  • Mengatur Kualitas Grafis

Setting grafis masuk ke dalam tips dan trik game PUBG mobile, sebab berguna untuk mencegah lag saat permainan berlangsung. Kamu bisa mengaturnya dengan menyesuaikan spesifikasi perangkat mu.

Tidak hanya itu, kamu juga disarankan memakai setting graphics smooth agar mendapatkan gameplay yang lancar.

  • Bermain bersama Teman

Kamu bisa bermain PUBG mobile bersama teman-teman mu menggunakan mode Duo atau pun Squad yang tersedia. Mode Squad mampu menampung hingga empat orang pemain.

Kamu bisa mengatur strategi dan melakukan komunikasi dengan teman satu tim mu. Kamu bisa menggunakan microphone in-game untuk berkomunikasi. Selain itu, gunakan pula discord untuk menjaga komunikasi mu agar tetap berjalan lancar.

  • Jangan Menghabisi Musuh Knocked Down

Tips dan trik game PUBG mobile ke-15 adalah jangan menghabisi musuh yang sedang knocked down. Di mana, knocked down merupakan sebuah kondisi ketika musuh yang kamu tembak tidak langsung mati, tetapi jatuh dan terluka parah karena serangan.

Sebaiknya kamu perhatikan keadaan disekitar mu terlebih dahulu, kemudian habisi rekan dari musuh mu yang lain sebelum looting. Karena, ketika kamu sudah meng-knocked down musuh yang lain, maka seluruh anggota tim musuh pun secara otomatis akan mati atau wiped out.

(Baca Juga: 15 Situs Download Game PC: Dari Game Lawas hingga Game Indie)
  • Bermain dekat Garis Putih Lingkaran

Tips dan trik yang terakhir yaitu usahakan bermain di dekat garis putih lingkaran. Biasanya, cara ini dilakukan oleh para pro player untuk mengawasi musuh yang sibuk menghindari lingkaran biru.

Kamu bisa langsung membunuhnya ketika musuh dalam kondisi sekarat. Gunakan assault rifle atau pun sniper rifle yang memiliki jarak serangan jauh. Hal tersebut akan memudahkan mu untuk membunuh musuh dan meraih kemenangan.

Beberapa tips dan trik game PUBG mobile sudah kamu ketahui di atas. Untuk meningkatkan kualitas dan skill permainan, kamu juga bisa membeli aksesoris pendukung seperti trigger smartphone dan lain sebagainya.

Kamu bisa membeli aksesoris game tersebut di offline store atau pun e-commerce. Kamu juga bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

Jangan khawatir jika belum memiliki kartu kredit. Langsung saja ajukan dengan mudah dan cepat di CekAja.com. Ajukan sekarang, yuk!

Tentang Penulis