Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

17 Bisnis Menguntungkan untuk Mahasiswa Bermodal Kecil

by Vera Khairifah on 21 November, 2019

Saat ini, mahasiswa enggak cuma hanya memanfaatkan uang saku bulanan untuk berbagai kebutuhan. Berbagai bisnis menguntungkan untuk mahasiswa bisa kamu lakukan dengan modal kecil.

17 Bisnis Menguntungkan untuk Mahasiswa Bermodal Kecil

Selain itu, bantuan internet juga mempermudah promosi dan pengembangan bisnis tersebut. Kalau melihat minat pasar sekarang ini, setidaknya ada 17 bisnis menguntungkan untuk mahasiswa yang bisa kamu coba. Sebagian besar di antaranya bahkan enggak memerlukan modal, loh!

1. Bisnis Les Privat

Dibayar untuk mengajar rasanya sudah umum dijadikan peluang bisnis menguntungkan untuk mahasiswa. Target penyewa jasa les privat bervariasi, mulai dari anak SD hingga sesama mahasiswa.

Jenis pelajaran yang biasanya dibutuhkan adalah menggambar, matematika, fisika, kimia dan beberapa mata kuliah dasar di bangku kuliah. Jika kamu bisa menyampaikan materi yang mudah dipahami, bayaranmu bisa tinggi.

2. Bisnis Jasa Desain

Kebutuhan desain saat ini makin banyak. Sayangnya, tidak semua orang bisa men-desain dengan bagus di komputer. Buat kamu yang memiliki kemampuan desain, enggak ada salahnya membuka bisnis jasa desain logo, desain situs atau media sosial dan desain materi promosi sebuah bisnis atau lain sebagainya.

3. Bisnis Jasa Programmer

Mahasiswa Jurusan IT umumnya peka dengan kebutuhan jasa Programmer yang bertugas membuat situs, mengoptimasi traffic sebuah situs dan lainnya. Perusahaan yang tak memiliki Programmer biasanya memilih untuk menyewa freelancer atau jasa sementara yang harganya lebih murah.

4. Bisnis Servis Laptop/Komputer

Lagi-lagi, jangan sia-siakan kemampuanmu di luar bidang akademik. Jika kamu merasa handal dalam memahami komponen dan cara kerja laptop atau komputer, jual saja jasamu untuk orang lain.

Mahasiswa dan pekerja kantoran yang berkutat dengan gadget ini biasanya kerap kesulitan saat mengalami kerusakan. Di sinilah seorang teknisi dibutuhkan agar tak perlu membeli gadget baru.

5. Bisnis Jasa Ketik dan Print

Jago mengetik cepat dan punya printer di rumah atau kost? Manfaatkan saja dengan membuka bisnis jasa pengetikan dan print. Jangan salah, bisnis menguntungkan untuk mahasiswa ini dibutuhkan untuk sesama mahasiswa, atau daerah dekat area perkantoran.

(Baca Juga: Panduan Cara Budidaya Ternak Bebek Pedaging untuk Pemula)
6. Bisnis Fotografi dan Video

Hobi fotografi dan videografi juga bisa kamu salurkan ke bisnis di bidang dokumentasi. Ada beberapa jenis foto dan video yang bisa kamu pilih sebagai keahlian khususmu.

Seperti foto dan video untuk konser, foto dan video dengan sisi humanis tinggi (biasanya dipakai untuk media jurnalistik), foto dan video pernikahan, foto dan video lifestyle (jasa ini biasanya dibutuhkan para influencer), dan sebagainya.

7. Bisnis Jasa Tulis Konten

Untuk kamu yang suka menulis, kamu juga bisa menjual hasil tulisanmu ke perusahaan media. Ya, sebutan profesi yang tepat untuk bisnis ini adalah Writer Freelance atau Penulis Lepas.

Di bidang periklanan, jasa ini juga dibutuhkan untuk menulis konten kreatif. Jika kamu pandai memperluas koneksi, kamu bisa mendapat banyak klien.

8. Bisnis Jasa Staf EO

Berbagai event organizer (EO) maupun wedding oranizer (WO) sekarang ini banyak membutuhkan tenaga staf lepas. Pekerjaan ini menuntut kamu meng-handle sebuah acara bersama anggota panitia lainnya agar acara tersebut berlangsung lancar.

Acaranya pun biasanya hanya berlangsung di akhir pekan, sehingga tak menghabiskan banyak waktu. Bisnis menguntungkan untuk mahasiswa ini cocok untuk kamu yang easy-going.

9. Bisnis Jasa Titip

Jika kamu pergi traveling saat libur kuliah, kamu bisa membuka bisnis jasa titip. Bisnis ini enggak memerlukan modal karena kamu cukup meminta pembayaran pembeli di muka, lalu kamu mendapat keuntungan dan membeli barang pesanan tersebut.

Bisnis ini juga bisa dilakukan jika di lokasi sekitarmu terdapat toko yang tak membuka cabang di kota lain. Misalnya seperti IKEA, toko kue artis dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Sukses Budidaya Sayuran Organik dengan Beberapa Tips Berikut Ini)
10. Bisnis Jasa Make Up Artist

Hobi dandan kini juga bisa dijadikan peluang bisnis menguntungkan untuk mahasiswa. Sewakan jasamu ke teman-teman yang akan wisuda, pergi ke acara formal, lamaran, atau bahkan pernikahan. Jasa seorang Make Up Artist akan makin dibayar mahal (hingga lebih dari Rp 1 juta untuk sekali mendandani) jika dirinya mampu membuat semua orang dari beragam jenis dan warna kulit menjadi terlihat cantik.

11. Bisnis Pembuat Akun Buzzer

Kalau kamu kesulitan debut menjadi Influencer, lebih baik membuat akun buzzer saja! Akun buzzer adalah akun di media sosial yang memposting hal-hal informatif atau menghibur. Sehingga kontennya disukai banyak orang dan memiliki banyak followers. Misalnya saja seperti akun Instagram @jktinfo, @literally.bercanda, @darihalte_kehalte dan masih banyak lagi.

Nantinya, kamu akan mendapat bayaran dari endorsement atau mengiklankan beragam produk. Untuk menekunikanya, kamu harus jeli melihat informasi serta memverifikasi kebenarannya, lalu dengan cepat menyebarkannya ke media sosial.

12. Bisnis Jual Kaos

Harga kaos polos yang sebenarnya sangat murah bisa kamu jual kembali dengan tambahan desain yang disablon. Harga jual kedua ini akan menarik keuntungan tersendiri.

13. Bisnis Pulsa

Jenis pulsa yang bisa kamu jual antara lain pulsa handphone, paket internet, bahkan hingga pulsa atau token listrik prabayar. Keuntungan bisnis ini memang tak seberapa, namun kalau kamu tekun dan memperluas jaringan konsumen, kamu bisa meraih cuan besar.

14. Bisnis Reseller Produk Fashion

Produk fashion wanita kekinian bisa kamu jual kembali dengan keuntungan yang lumayan. Untuk produk fashion pria, biasanya brand-brand tertentu merilis koleksi terbatas yang bisa kamu beli lalu dijual kembali dengan harga tinggi.

15. Bisnis Makanan Ringan

Cemilan atau makanan ringan bisa kamu jual di area kampus atau toko-toko yang menerima penitipan produk jualan. Harganya yang murah membuat konsumen enggak segan untuk membelinya. Kamu sebagai penjual pun dijamin untung.

16. Bisnis Cuci Sepatu

Paket peralatan cuci sepatu yang bisa kamu jadikan modal harganya sekitar Rp 750 ribu. Nah, tarif membersihkan sepatu sendiri mulai dari Rp 30 ribu sampai Rp 80 ribu. Dengan klien sedikit pun kamu sudah bisa balik modal. Ini lah salah satu bisnis menguntungkan untuk mahasiswa.

17. Bisnis Thrift Shop

Tren fashion yang selalu berubah bisa kamu siasati dengan membuka thrift shop alias toko baju bekas. Pandailah memilih baju bekas yang berkualitas, sehingga harga jualnya bisa tinggi. Sebab keuntungannya bisa dimulai dari Rp 30 ribu hingga Rp 100 ribu untuk satu bajunya.

Mulai bisnis enggak pake pusing memikirkan modal. Ajukan saja KTA untuk berbagai kebutuhan di CekAja.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast