Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

18 Makanan Pereda Stres Paling Manjur, Enak, dan Gak Bikin Gemuk

by Estrin Vanadianti Lestari on 29 November, 2019

Ada banyak cara yang biasa dilakukan seseorang ketika dilanda stres. Ada yang menangis, pergi liburan, menonton film atau drama, hingga makan makanan yang mereka suka.

makanan pereda stres

Namun, seringkali kamu tidak memperdulikan jenis makanan apa yang masuk ke dalam tubuhmu, sehingga bisa menyebabkan berat badan naik, kolesterol, dan lain-lain.

Nah, daripada stres kamu berubah jadi penyakit, lebih baik konsumsi makanan pereda stres berikut ini, dijamin paling manjur, enak, dan gak bikin gemuk.

Pasalnya, beberapa orang sering mengeluhkan berat badan yang mudah sekali naik, padahal mereka hanya mengonsumsi makanan kesukaan, untuk menghilangkan sedikit rasa stres. Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan yang salah dan berlebihan, sebenarnya juga tidak baik untuk kesehatan tubuh, termasuk pikiran.

Oleh karena itu, untuk mengehilangkan stres, kamu jangan sampai salah pilih makanan pereda stres yang memang sudah direkomendasikan para Ahli Gizi. Karena, selain penting untuk menghilangkan stres, makanan pereda stres yang direkomendasikan Ahli Gizi, juga bisa sekaligus memberi manfaat untuk kesehatan tubuh.

18 Makanan Pereda Stres yang Enak dan Gak Bikin Gendut

Memang apa saja sih, pilihan makanan pereda stres yang enak, dan gak bikin gendut tersebut? Nah, daripada penasaran, dan makin stres, yuk intip deretan makanan pereda stres berikut ini:

1. Biji Bunga Matahari (Kuaci)

Makanan pereda stres yang pertama berbentuk kacang-kacangan dan memiliki rasa yang enak adalah, biji bunga matahari atau biasa disebut kuaci. Mengandung magnesium, biji bunga matahari terbukti meringankan depresi, kelelahan, dan meredakan emosi.

Rasanya yang gurih dan sedikit manis, membuat kuaci bisa disantap langsung, dan bisa juga dijadikan sebagai topping makanan, seperti sereal, outmeal dan lain-lain.

2. Kacang Almond

Jenis kacang-kacangan yang termasuk dalam makanan pereda stres, dan sangat enak adalah kacang almond. Selain akan memberi nutrisi untuk tubuh, kacang almond juga bisa meredakan stres. Pasalnya, kacang almond memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik seperti vitamin B, zat besi, magnesium dan vitamin E.

3. Bayam

Makanan pereda stres berbentuk sayuran yang bagus adalah bayam. Selain menyehatkan tubuh, sayuran berdaun hijau seperti bayam, ternyata bisa merangsang kebahagiaan, karena mengandung folat yang menghasilkan dopamin. Sehingga, jika kamu sedang stres, cobalah untuk mengonsumsi sayur bayam, agar dapat membantumu untuk tetap tenang.

4. Cokelat Hitam (Dark Chocolate)

Dikenal memiliki rasa yang lezat, cokelat ternyata memiliki khasiat sebagai makanan pereda stres, terutama cokelat hitam. Bahkan, pernah ada penelitian yang dilakukan ACS ‘Journal of Proteome Research, yang menyebutkan bahwa memakan 1 ons cokelat hitam, sehari selama 2 minggu dapat meredakan stres kan.

Hal itu dikarenakan bahwa cokelat hitam mengandung polyphenol yang terdapat di dalamnya. Nah, maka dari itu kamu bisa mengonsumsi cokelat hitam ketika stres melanda.

5. Oatmeal

Tahukah kamu, bahwa oatmeal juga termasuk ke dalam daftar makanan pereda stres. Oatmeal juga dapat membantu mood kamu menjadi lebih baik. Dengan kandungan karbohidrat komplek yang terdapat dalam oatmeal ternyata bisa membantu otak membuat serotonin.

Serotonin sendiri merupakan hormon mood baik. Selain itu, serotonin juga bersifat antioksidan dan bisa menenangkan dan mengatasi stres.

6. Ikan Salmon

Tahukah kamu bahwa stres bisa disebabkan meningkatkan hormon adrenalin dan kortisol. Namun, ikan salmon bisa melawan hormon tersebut dan menjadi makanan pereda stres yang baik. Tidak hanya itu, kandungan omega-3 nya, juga bisa membantu melawan efek negatif dari hormin stres.

7. Teh Hijau

Tidak hanya ada makanan pereda stres, teh hijau yang termasuk minuman herbal yang memiliki rasa enak ini juga bisa menenangkan pikiran. Pasalnya, di dalam teh hijau terdapat berbagai kandungan yang baik, seperti catechin, yang bisa mencegah radikal bebas.

Tidak hanya itu, di dalam teh hijau terdapat kandungan asam amino thenine yang dipercaya dapat menenangkan otak. Bahkan, pernah ada penemuan fakta yang menyebutkan bahwa lansia yang mengonsumsi 4 gelas teh hijau sehari, jarang mengalami depresi, sekalipun mereka hanya tinggal sendirian dan jauh dari keluarga dan kerabat.

8. Alpukat

Memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, buah alpukat juga ternyata bisa menjadi makanan pereda stres. Alpukat juga mengandung kalium, sehingga ketika kamu makan alpukat bisa menurunkan tingkat stres dan memberika rasa tenang.

Namun, buah yang bisa dijadikan makanan pereda stres ini ternyata masih terhitung sebagai makanan pemasok asupan lemak dalam tubuh. Sehingga bagi kamu yang sedang diet, harus bisa mengontrol diri saat memakannya.

(Baca Juga: Meditasi Yuk, Ini Manfaatnya Buat Pikiran dan Tubuh)
9. Yogurt

Terkenal dengan rasanya lezat, yogurt ternyata menjadi salah satu makanan pereda stres lho. Yogurt sendiri, mampu menurunkan tingkat stres yang berlebih, karena bisa meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Sehingga ketika kamu mengonsumsi yogurt, perasaan nyaman akan timbul dan bisa meredakan stres.

10. Buah Berry

Buah berry yang terkenal dengan vitamin C yang tinggi ini, juga masuk dalam deretan makanan pereda stres. Selain Vitamin C, semua buah berry seperti raspberry, blackberry, strawberry, blueberry juga kaya akan antioksidan.

Rasanya yang nikmat dan enak, membuat hari-hari bisa menjadi lebih baik. Kamu bisa makan buah berry dicampur dengan makanan lezat lainnya yang juga bisa meredakan stres, seperti oatmeal, yogurt, atau dijus.

11. Gandum

Makanan Pereda stres yang memiliki rasa enak selanjutnya adalah gandum. Memiliki kandungan vitamin B, gandum mampu menstimulasi produksi hormon serotonin sehingga bisa menenangkan otak. Tidak hanya itu, makanan ini juga termasuk dalam kategori makanan low fat, yang masih aman untuk yang sedang diet.

12. Pisang

Makanan pereda stres berikutnya adalah buah pisang. Pasalnya, salah satu dampak negatif dari stres adalah meningkatnya tekanan darah, dan bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Nah, untuk meredakan hal tersebut, buah pisang ternyata mampu memulihkan tekanan darah.

Tidak hanya itu, pisang juga memiliki kandungan vitamin A, B, dan C yang sangat bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah.

13. Kacang Mente

Makanan pereda stres berjenis kacang-kacangan berikutnya adalah kacang mente. Tidak hanya itu, kacang mente juga disebut-sebut sebagai makanan pereda stres paling manjur, dari berbagai jenis kacang.

Memiliki kandungan zinc yang tinggi, membuat kacang mente bisa mengatasi rasa kecemasan tinggi dan mudah depresi. Nah, maka dari itu, kamu harus mendapatkan asupan zinc setiap hari ya.

14. Es Krim

Selain enak, es krim ternyata juga bisa menjadi salah satu makanan pereda stres, yang enak dan gak bikin gemuk. Dinginnya es krim ternyata ampuh untuk mendinginkan pikiran. Ditambah rasanya yang enak dan segar, membuat hati pun menjadi ikut gembira.

Pasalnya, susu dan krim yang terkandung dalam es krum, diyakini mmeiliki banyak asam amino tryptophan, yang bisa menenangkan otak. Nah, buat yang gak mau gemuk, kamu juga bisa lho, memilih es krim jenis low fat sebagai solusi terbaik agar lemak gak menumpuk di tubuh kamu.

15. Asparagus

Makanan pereda stres berbentuk sayur berikutnya adalah asparagus. Meski masih menjadi makanan yang asing, asparagus ternyata bisa membantu menghilangkan stres lho. Karena, asparagus memengaruhi aroma urine, kaya akan folat yang membuat kamu bisa lebih tenang.

Rasa asparagus juga dikenal khas dan enak. Kamu bisa mengolah asparagus menjadi makanan yang lezat, seperti dikukus, atau dipanggang hingga kering.

16. Susu Rendah Lemak

Susu rupanya masuk ke dalam daftar makana pereda stres berikutnya. Bukan sembarang susu, untuk kamu yang ingin mengurangi stres, bisa menggunakan susu rendah lemak atau low fat. Hal ini disarankan juga agar berat badan kamu bisa tetap stabil.

Karena, menurut beberapa penelitian, kalsium yang terkandung dalam susu, sangat baik untuk ketenangan hati, dan bisa mengurangi ketegangan otot serta menenangkan syaraf. Jadi, jangan takut untuk minum susu ya.

17. Kedelai

Makanan pereda stres selanjutnya adalah kacang kedelai. Kamu bisa menyantap kacang kedelai ini dengan berbagai jenis makanan yang mengandung kedelai, misalnya tempe, tahu, susu, atau bisa juga dengan cara direbus langsung.

Memiliki harga yang terjangkau, kedelai juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, terutama untuk menghilangkan stres. Sebut saja kandungan seperti kadar protein yang tinggi, vitamin B, kalsium, dan magnesium, yang sangat terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan.

18. Brokoli

Makanan pereda stres yang terkenal dengan kandungan vitamin B6 adalah brokoli. Selain vitamin B6, brokoli juga mengandung Folic Acid yang terbukti bisa meredakan stres, sindrom panik, gelisah, hingga depresi.

Kamu bisa mengonsumsi brokoli dengan cara di kukus, atau dibuat sop. Selain memiliki rasa yang enak, brokoli juga sangat baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung serat yang baik.

Itu dia beberapa pilihan makanan pereda stres yang memiliki rasa enak dan gak bikin kamu gemuk. Pasalnya, stres bisa datang kapan saja, seperti stres karena masalah finansial.

Nah, agar urusan finansial kamu tetap aman tanpa membuatmu stres, gunakan fasilitas kartu kredit untuk membantumu di setiap transaksi.

Yuk, ajukan segera produk kartu kredit pilihanmu hanya di situs Cekaja.com. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan, dan membuat finansialmu gak berantakan, namun jika digunakan dengan benar ya.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk