Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

2 Cara Mudah Tentukan Asuransi Kendaraan

by JTO on 1 Juli, 2014

Masih bingung memilih perusahaan asuransi mobil mana yang harus Anda daftar? Jangan berpikir terlalu keras. Sebab, nyatanya memilih berapa pertanggungan dan perlindungan yang Anda akan dapatkanjauh lebih penting dibanding memilih agen asuransi mana yang harus Anda ambil.

Namun, sebelum Anda sepakat dengan pendapat tersebut, satu hal utama yang harus diketahui dahulu adalah kebutuhan asuransi yang Anda miliki, dan biayanya. Untuk mendapatkan hasil terbaik, cara mudahnya memang dengan membandingkan secara online. Jadi, apa saja yang harus Anda ketahui? Cukup baca 2 hal ini?

(Baca juga: Cara Pilih Bengkel Asuransi Kendaraan Agar Klaim Tidak Repot)

Cakupan

Meskipun polis asuransi dan biaya dari setiap perusahaan asuransi itu berbeda, ada tiga dasar cakupan yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

  • Bagaimana asuransi menanggung? Jika kecelakaan adalah kesalahan Anda, perusahaan asuransi biasanya akan menutupi kerusakan yang terjadi, termasuk perawatan luka-luka dan kerusakan kendaraan.
  • Kapan perbaikan yang akan dilakukan? Disini, perusahaan asuransi akan membayar segala jenis perbaikan yang dilakukan setelah kecelakaan. Sebagai kemudahan, pastikan pula untuk memakai bengkel rekanan yang memang bekerjasama dengan asuransi yang Anda ambil.
  • Apa perlindungannya? Apa yang dilindungi. Segala jenis kerugian, mulai dari pencurian, banjir, kebakaran dan lainnya apakah akan dilindungi? Beberapa lembaga asuransi tidak mencakup beberapa jenis kecelakaan tertentu. Jadi, pastikan Anda tahu semua rincian – dan pengecualian dari kebijakan yang ada. Beberapa perusahaan asuransi menawarkan perlindungan untuk supir yang tidak diasuransikan.

Ingat! Perusahaan asuransi memiliki beberapa aturan tentang jenis dan jumlah cakupan pertanggungan yang dibutuhkan. Kebanyakan pemberi pinjaman ingin paket cakupan yang luas untuk melindungi mobil pada segala jenis peristiwa kecelakaan.

Jadi, berapa jumlah yang tepat?

Untuk mengatahuinya, coba cari tahu berapa banyak waktu yang Anda habiskan dengan kendaraan Anda, dan bahaya yang mungkin terjadi pada aktivitas harian yang Anda lakukan (jalan raya, parkir, dan lainnya). Dengan mengetahui hal-hal tersebut, maka Anda dapat mengetahui cakupan yang di butuhkan.

Jika kendaraan Anda memiliki kondisi berbahaya, Anda mungkin ingin pertimbangan menambahkan cakupan yang lebih luas. Namun, jika mobil Anda sebagian besar hanya disimpan di garasi, mungkin Anda tidak perlu cakupan perlindungan sebanyak yang diambil mobil-mobil yang sering beredar di jalan-jalan kota setiap hari.

(Baca juga: 10 Orang yang Miliki Mobil Termahal di Dunia)

Jangan takut, untuk keperluan itu, broker/agen asuransi Anda akan bertanya tentang kebiasaan Anda mengemudi tersebut. Sebab, seorang agen dapat mengetahui kemungkinan Anda mengalami kecelakaan dan menawarkan rencana yang sesuai untuk asuransi yang bisa Anda ambil. Beberapa biaya akan lebih berkurang jika Anda jarang mengemudi, bekerja di tempat jauh dengan berkendara, dan kebiasaan-kebiasaan lain yang dimiliki Anda dalam berkendara.

Anda juga harus mempertimbangkan di mana Anda tinggal, bekerja, atau pergi ke sekolah. Apakah ada kemungkinan khawatir bahwa kendaraan Anda mungkin berpotensi dicuri atau dirusak? Pertimbangkan semua hal itu untuk memilih rencana asuransi yang ingin diambil. Dengan begitu, Anda akan dapat dengan mudah meningkatkan nilai pertanggungan jika perlu.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami