Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

20 Tahun Google, Cek 5 Fakta Menarik untuk Diketahui!

by Gito on 4 Oktober, 2018

Pada tanggal 27 september 2018 lalu, raksasa teknologi asal California, Amerika Serikat Google Inc merayakan ulang tahunnya ke-20. Sebelum akhirnya menjadi mesin pencari yang paling tersohor di dunia, Google ternyata memiliki rekam jejak perjalanan yang cukup panjang. Simak lima fakta menarik untuk diketahui terkait 20 tahun Google.

Meskipun tergolong baru dalam bisnis mesin pencari, Google berhasil mengalahkan senior-seniornya terdahulu. Tercatat ada 7 mesin pencari yang lahir sebelum Google, mereka adalah Lycos, AltaVista, Excite, Yahoo, Dogpile dan AskJeeves yang akhirnya berubah menjadi Ask.com.

Kemampuan Google dalam bidang teknologi yang berada jauh diatas perusahaan lainnya membuat Google mampu mengalahkan rival-rivalnya. Hingga di Indonesia pun muncul istilah Mbah Google, yang artinya mampu menjawab segala pertanyaan.

Nah menapaki usianya yang 20 tahun, ibarat perjalanan hidup seorang anak manusia, Google bertumbuh menjadi perusahaan yang matang dan juga Tangguh. Berikut merupakan 5 fakta menarik yang ada dalam Google, Yuk Simak!

1. Server pertama Google ditempatkan di Lego

Mengutip laman world economic forum, dulu pada tahun 1996 ketika Larry Page dan Sergey Brin sang penemu Google tengah berupaya menyelesaikan program PhD-nya, mereka mengembangkan algoritma Pagerank sebagai bagian dari proyek Perpustakaa digital Departemen Ilmu Komputer Stanford University.

Untuk menguji algoritma – algoritma tersebut, Page dan Brin membutuhkan kapasitas ruang penyimpanan yang cukup besar, pdahal kala itu kapasitas maksimum yang ada hanyalah 4 gigabyte (gb).

Duo jenius itu akhirnya menggabungkan 10 ruang penyimpanan berkapasitas 4 gb ke dalam lego yang dibentuk menjadi sebuah lemari. Nah dari situlah awal mula Google dilahirkan.

(Baca juga: 4 Niat Puasa yang Bahkan Tidak Diketahui Google)
2. Dulu bernama Backrub

Pada tahun 1995, Page dan Brin sebenarnya sudah memiliki mesin pencari, namun pada saat itu barang rakitan mahasiswa asal Stanford University itu dinamakan Backrub. Baru kemudian di tahun 1997 mereka berdua memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Google.

Hingga kemudian Google terus berkembang dengan mulai meluncurkan Google News di tahun 2002 dan Gmail di tahun 2004.

(Baca juga: Alasan Mempertimbangkan Google Pixel Sebagai Smartphone Baru Kamu)
3. Google doodle pertama kali adalah karakter stick-man

Doodle pertama kali yang ada di Google adalah stick-man yang berada di belakang huruf O. Bentuknya yang sederhana itu juga hanya ingin menginformasikan bahwa Google ikut berpartisipasi dalam Burning Man Festival yang diselenggarakan di Nevada, Amerika Serikat.

Selain soal informasi keterlibatan itu, Doodle kali pertama juga merupakan suatu pesan rahasia yang berarti mengajak untuk keluar kantor.

4. Berawal dari garasi

Google mulai dibentuk oleh duo Page dan Brin di sebuah garasi milik temannya, Susan Wojcicki di California. Namun seiring perjalanannya Google terus berkembang menjadi perusahaan yang sangat besar dan akhirnya menempati tempat di Mountain View, California.

Lalu bagaimana dengan Susan? Pertemanan yang baik akhirnya mengantarkan Susan menjadi Chief Executive Officer (CEO) di salah satu anak usaha Google, Youtube.

(Baca juga: Ini Alasan Mengapa Tesla dan Google Car Akan Jadi Mobil Masa Depan)
5. Lebih dari 100 miliar kata perhari di Google Translate

Ya, Google Inc selain memilki bisnis sebagai mesin pencari, perusahaan juga terus mengembangkan jejaring bisnisnya hingga akhirnya membentuk mesin penerjemah atau yang dikenal dengan Google Translate pada tahun 2006 lalu.

Nah selama 12 tahun terakhir Google Translate sudah mampu menerjemahkan 143 miliar kata untuk lebih dari 500 juta orang dari 100 bahasa

Saat ini penggunaan Google tampaknya tidak dapat lepas dari kehidupan masyarakat. Khususnya bagi generasi millennials yang memiliki gaya hidup yang serba cepat dan juga instan.

Apakah Anda ingin mengukir sejarah seperi Page dan Brin yang mampu menciptakan mesin pencari terbaik didunia? Jika iya, mulailah berpikir besar, mulailah apa yang Anda pikirkan dan rancang, jangan sampai ide yang sangat bagus hanya bersemayam rapi di balik pikiran-pikiran usil Anda.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami