Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

3 Alasan Kenapa Kamu Harus Ajukan KTA Saat jadi Karyawan

by Ariesta on 9 September, 2016

kartu kredit first jobber

Kebutuhan uang mendesak bisa muncul kapan saja. Repotnya, keuangan seseorang yang punya penghasilan tetap seperti karyawan tidak selalu siap untuk keperluan mendadak. Salah satu jalan keluar dari situasi tersebut adalah meminjam uang.

Namun, Kurangnya pengetahuan finansial masyarakat membuat mereka memilih jasa rentenir dibandingkan bank. Alasannya karena prosesnya cepat dan syaratnya mudah. Namun, pinjaman dana rentenir justru membuat masyarakat makin sengsara karena bunga yang dipatok sangatlah tinggi bahkan lebih dari 30%. Bayangkan, kalau kamu meminjam uang Rp100 juta, kamu harus mengembalikan sejumlah Rp130 juta!

Padahal saat ini ada banyak fasilitas pinjaman bunga ringan dari bank yang disebut KTA (Kredit Tanpa Agunan). Syaratnya pun tergolong mudah dan sangat cocok bagi karyawan. Bahkan, kamu bebas memilih jangka waktu pengembalian. Pemanfaatkan uangnya pun suka-suka kamu alias bebas. Kenapa jenis pinjaman ini cocok untuk karyawan? Berikut alasannya.

Punya penghasilan tetap

Meski kamu seorang karyawan yang bergaji pas-pasan, tidak perlu khawatir. Sebab, syarat utama mengajukan KTA adalah memiliki pekerjaan/penghasilan tetap minimal Rp3 juta per bulan (berbeda untuk wilayah di luar Jabodetabek). (Baca juga: 5 Tip untuk Membantu Teman yang Sedang Kesulitan Keuangan Karena Utang)

Tidak perlu agunan

Kamu karyawan yang baru bekerja di bawah tiga tahun dan belum punya aset seperti rumah atau mobil juga bisa mengajukan pinjaman. Pasalnya KTA bisa didapatkan tanpa menjaminkan apapun. Karena tidak adanya harta yang diagunkan, risiko bank sebagai pemberi pinjaman semakin tinggi. Tidak heran jika nilai KTA tidak terlalu besar.

Tapi,  kamu tetap bisa meminjam hingga ratusan juta rupiah jika mengajukan pinjaman melalui situs CekAja.com. Misalnya dengan mengajukan KTA DBS, kamu bisa mendapatkan pinjaman mulai dari Rp5 juta hingga Rp200 juta dengan bunga mulai dari 0,99% dan tenor 12, 24 hingga 36 bulan.

Kemudian ada KTA Maybank yang menawarkan dana segar hingga Rp250 juta dengan waktu pelunasan fleksibel hingga 60 Bulan, suku bunga mulai dari 0,99% equivalent flat/ bulan. Prosesnya pun cepat, hanya tiga hari langsung cair. Lalu ada KTA Permata yang tawarkan pinjaman hingga Rp300 juta. Proses bisa satu hari cair berlaku untuk pengajuan melalui PermataKTA Speed dan Nasabah PermataBank.

Bercita-cita berhenti kerja dan membuka usaha

Saat mengajukan KTA, karyawan lebih diuntungkan karena bunga yang didapatkan lebih rendah dibandingkan mereka yang berstatus wiraswasta. Misalnya KTA Permata Bank, karyawan hanya dikenai bunga 1,59%, sedangkan wiraswasta 1,79%.

Jika kamu merupakan nasabah bank Permata, bunga yang didapatkan bahkan bisa lebih rendah lagi yakni karyawan 1,49% dan wiraswasta 1.69%. Begitu juga dengan KTA dari Standard Chartered Bank. Jika kamu berstatus karyawan, kamu bisa mendapatkan bunga mulai dari 0.99%, sedangkan pengusaha dibenakan bunga 1.59%.

Cek syarat umum mengajukan KTA berikut ini:

  • Salinan identitas diri: fotokopi KTP, foto kopi kartu keluarga, foto kopi surat nikah (apabila sudah berkeluarga)
  • Salinan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) pribadi/SPT PPh 21
  • Salinan rekening tabungan tiga bulan terakhir
  • Asli surat keterangan kerja dan slip gaji (untuk karyawan dan professional)
  • Tagihan kartu kredit terakhir
  • Penghasilan kotor minimal Rp3.000.000/bulan
  • Limit kartu kredit minimal Rp6.000.000 (untuk KTA Stardard Chartered dan DBS), serta Rp5.000.000 (untuk KTA Permata dan Maybank)

KTA merupakan pinjaman segala kebutuhan yang bisa kamu gunakan untuk modal usaha, biaya sekolah hingga biaya nikah. Namun harus diingat, kamu harus punya kartu kredit dengan minimal kepemilikan satu tahun untuk mengajukan jenis pinjaman ini. (Baca juga: 8 Kebiasaan Positif yang Dilakukan Orang Kaya)

Mengapa? Karena bank akan memeriksa kredibilitas dan kemampuanmu membayar cicilan dengan melihat catatan riwayat kredit yang kamu miliki. Bank biasanya lebih mudah untuk memberikan pinjaman tanpa agunan kepada seorang nasabah jika dia memiliki kartu kredit.

Butuh pinjaman cepat untuk menikah, tambahan modal usaha atau kebutuhan lainnya? Dapatkan produk KTA dengan bunga rendah di sini

Tentang Penulis