Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

3 Bisnis Ibu Rumah Tangga Ini Tanpa Modal!

by Satrya Agung on 9 November, 2016

Ketika akan menikah di zaman sekarang ini biasanya seorang wanita akan dihadapkan pada dua pilihan, menjadi ibu rumah tangga atau tetap bekerja sebagai wanita karir.

Kedua pilihan membutuhkan konsekuensi yang tinggi. Jika pilihan pertama yang diambil, menjadi ibu rumah tangga, maka ia harus merelakan kehilangan penghasilan pribadi yang selama ini diperoleh. Pilihan kedua juga tidak kalah susahnya, menjadi wanita karir yang telah berkeluarga membutuhkan effort yang lebih berlipat-lipat.

Perlu modal bisnis pinjaman tanpa jaminan ada di sini.

Pagi kerja dan sore menjelang malam harus mengurus rumah tangga. Tak terbayang berapa banyak tenaga yang dibutuhkan, belum lagi psikologi yang harus tetap stabil. Pilihan menjadi bisnis ibu rumah tangga pun bisa jadi opsi lain.

Sebenarnya, menjadi ibu rumah bukan berarti akan kehilangan pendapatan secara keseluruhan. Jika mau lebih dicermati lagi, banyak peluang usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga.

Walau sering dibilang sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di rumah, tidak menutup kemungkinan jika pada akhirnya total pendapatan yang diterima bisa lebih besar dari yang selama ini didapat, bahkan bisa lebih besar dari penghasilan suami. Tak jarang pula yang kemudian si suami malah memutuskan untuk fokus di usaha rumahan ini.

(Baca juga: Ibu Rumah Tangga Jadi Pebisnis, Gampang Kok)

Untuk itu kami akan memberi Kamu gambaran apa saja bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan tersebut.

1. Penulis

Jika selama ini Kamu senang menulis di blog pribadi dan tak terpikir bahwa kesukaan tersebut bisa mendatangkan uang, maka ubah sudut pandang kamu dari sekarang. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulis.

Dan biasanya mereka berkerja secara remote atau dari rumah saja dengan kontrak kerja freelance. Seusai mengurus rumah dan anak-anak, Kamu bisa memanfaatkan waktu luang dengan menyelesaikan tugas dari perusahaan yang membutuhkan Kamu sebagai penulis mereka.

Selain itu Kamu juga bisa lebih serius membesarkan blog yang selama ini dijadikan ladang curhat saja. Jika blog Kamu sudah mempunyai pengunjung yang ramai, bisa saja Kamu dihubungi sebuah perusahaan untuk menulis review akan produk mereka. Belum lagi kemungkinan iklan yang akan nampang di laman blog Kamu. Bisa jadi penghasilan pasif tuh.

(Baca juga: Tanpa Harus Tinggalkan Rumah, Ibu Rumah Tangga Bisa Dapat Penghasilan Tambahan dengan Pekerjaan Ini)

Atau Kamu bisa menuliskan karya sastra seperti novel. Siapa tahu, tulisan Kamu akan disenangi orang dan Kamu jadi penulis terkenal. Bukan hanya sekedar dompet yang menebal, Kamu pun bisa jadi terkenal.

2. Bisnis kreativitas dan kerajinan tangan

Minat masyarakat akan pernak-pernik hasil kerajingan tangan tak pernah padam. Akan selalu ada model kerajinan baru yang digandrungi. Dan ini bisa jadi potensi pemasukan kalau Kamu memang suka di bidang yang satu ini. Mulai dari melukis, merajut, bahkan model DIY atau Do It Yourself yang lagi ngetren. Satu hal yang mutlak dan vital untuk bisnis ini adalah kreativitas. Tentu kalau hobi, pastinya ide akan selalu mengalir, bukan?!

(Baca juga: Bisnis modal kreativitas yang cocok untuk Ibu Rumah Tangga)

3. Bisnis Online

Media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Belanja online pun sudah hal yang biasa di tengah-tengah kita. Apakah Kamu salah satu online shopper tersebut? Kalau selama ini Kamu hanya belanja online, kenapa tidak coba untuk jualan juga? Bingung mau jual apa? Ada banyak sekali jenis dagangan yang bisa Kamu jual.

Langkah awal bisa dimulai dari menjadi Reseller. Buat akun media sosial-nya gratis, barang dagangannya bisa bantu jual punya orang, tak butuh modal. Yang perlu Kamu lakukan hanya marketing-nya saja. Begitu ada yang berminat membeli, Kamu hanya menyambungkan saja dengan si penjual dan komisi pun di tangan. Gampang kan?

Masih banyak ide lain yang bisa Kamu ambil untuk dijadikan sebagai bisnis ibu rumah tangga tanpa modal usaha. Kamu juga bisa menyimaknya di 5 Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga.

Selamat mencoba!

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.