Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

3 Bisnis Modal Kecil yang Jadi Pilihan Generasi Millennial

by lhmdi on 1 Desember, 2016

Selalu ada banyak peluang bisnis modal kecil yang bisa dicoba. Selain bisnis rumahan, bisnis yang mengandalkan perkembangan teknologi pun disebut sebagai contoh bisnis dengan modal usaha berjumlah kecil yang menguntungkan.

Salah satu penggerak bisnis modal kecil ini adalah generasi Millennial yaitu anak muda yang lahir diantara tahun 1990 hingga tahun 2000. Generasi yang kemudian dikenal memiliki perubahan gaya hidup dari konvensional dan kemudian tumbuh dalam perkembangan teknologi yang terus meningkat.

Selain faktor zaman yang berubah, generasi Millennial ini selalu menumbuhkan berbagai macam kreatifitas-kreatifitas baru yang dimunculkan oleh anak-anak muda. Selain mengembangkan ide-ide bisnis yang baru, penggunaan perkembangan teknologi pun ikut menjadi penentu.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

  1. Menjadi dropshipper

Menjadi Dropshipper merupakan jenis bisnis yang paling mudah dan tentunya paling banyak kita temukan saat ini. Dropshipper berarti seseorang biasanya berjualan sebuah produk tanpa memiliki stok. Namun, berbekal pertemanan dan perkenalan dengan beberapa pebisnis atau suplier, seseorang bisa memulai bisnis ini.

(Baca juga: Cara Mendapatkan Modal Tambahan untuk Bisnis Sampingan)

Cara memasarkannya pun mudah, hanya dengan mengandalkan teknologi seperti media sosial seperti Facebook atau Instagram serta membuat website sendiri, para dropshipper sudah bisa membuat etalase berupa produk-produk tertentu yang akan dijual secara online, meskipun tidak memiliki prduk tersebut di rumah atau gudangnya.

Namun, ketika seorang konsumen tertarik dan ingin membeli sebuah produk ,maka dropshipper biasanya mengajukan orderan tersebut ke pihak suplier. Kemudian para suplier ini mengirimkan barangnya langsung kepada si pembeli.

  1. Bisnis jasa foto

Pada tahun 1990 atau 2000, teknologi kamera tidak secanggih jaman sekarang. Namun, sangat beruntung generasi yang sudah mulai belajar fotografi dengan menggunakan kamera analog yang mereka miliki saat itu.

cekaja-daftar-kartu-kredit-belanja-online-harbolnas-CekAja.com

Untuk memulai bisnis modal kecil di bidang fotografi saat ini tidak perlu lagi mengandalkan studio besar dengan plang nama yang dibuat semenarik mungkin untuk memasarkannya. Namun, bermodalkan sebuah media sosial seperti Instagram saja seseorang sudah bisa membuka bisnis fotografi. Apalagi jika didukung dengan kamera terbaru yang memiliki fitur-fitur yang sudah canggih.

(Baca juga: 5 Keuntungan Punya Bisnis Sampingan Saat Masih Jadi Karyawan)

Peluang bisnis yang dijalankan pun semakin bertambah dan tidak hanya memotret model di sebuah studio khusus. Namun, bisnis fotografi pun merambah kepada fotografi produk-produk tertentu, mempromosikan Coffee Shop bahkan desain interior!

  1. Menjadi affiliasi

Secara umum, affiliasi tidak jauh berbeda dengan seorang dropshipper. Namun, beberapa affiliasi biasanya ikut menyimpan suatu produk atau stok barang di rumah atau gudangnya. Media nya pun hampir sama, memiliki situs yang khusus untuk menjual sebuah produk hingga mengandalkan media sosial sebagai media pemasaran mereka.

Orang-orang yang bergerak di bisnis ini pun biasanya tidak hanya mengandalkan suplier saja, namun berkreasi dengan produk-produk buatannya sendiri. Keuntungan pun semakin bertambah ketika beberapa situs belanja online menawarkan berbagai macam kerjasama dengan affiliasi sehingga pemasaran produk mereka lebih  mudah dan tepat sasaran.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.