Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

3 Cara Agar Kolesterolmu Tidak Naik Saat Idul Adha

by Tisyrin N. T on 10 September, 2016

Dalam hitungan hari, umat muslim akan merayakan Idul Adha. Di hari yang istimewa ini, aneka hidangan yang terbuat dari daging sapi maupun kambing akan meramaikan meja makan. Namun, kolesterol seakan menjadi hantu yang menakutkan saat Idul Adha tiba.

Namun, kamu tak perlu khawatir secara berlebihan. Sekedar informasi, kadar kolesterol daging kambing sebetulnya tidak lebih tinggi dari daging sapi lho. Kadar kolesterol kambing hanya 5-39 mg/100 gr, sementara sapi mencapai 42-78 mg/100 gr.

Kolesterol menakutkan karena dapat memicu penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah termasuk stroke dan penyakit jantung. Berikut beberapa tips yang ampuh mencegah kolesterol naik saat Idul Adha.

Konsumsi mentimun dan makanan berserat lainnya

Boleh saja kamu menikmati aneka hidangan daging saat Idul Adha, tetapi ingat ya untuk mengimbanginya dengan makanan berserat termasuk mentimun. Berdasarkan laporan American Journal of Clinical Nutrition, asupan serat memiliki kaitan dengan penurunan kadar kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dan juga kolesterol total, karena dapat membuang kelebihan kolesterol melalui feses. (Baca juga: 20 Makanan yang Membuat Otak Makin Cerdas Berhitung)

Mentimun pun cocok disandingkan dengan makanan berlemak. Saat ada irisan mentimun di meja makan, jangan sungkan mengambilnya ya. Kalau kamu kurang suka mentimun, makanlah sayuran-sayuran lainnya. Atau, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan yang kamu sukai.

Bawang merah

Irisan bawang merah mentah biasanya tersaji bersama sate kambing. Selain menambah rasa sedap, bawang juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Ini dibenarkan oleh penelitian ilmuwan Hongkong. Jadi, cobalah untuk mengunyahnya bersama daging kambing. Selain menurunkan kadar kolesterol jahat, rasa satemu juga bakal lebih enak.

Makan dengan porsi kecil

Kamu bingung menatap aneka hidangan di meja makan, mulai dari sate, rendang, gulai, hingga sop. Jika kamu tak sabar untuk melahap semuanya, jangan berlebihan. Ambil satu per satu dalam porsi kecil. (Baca juga: Pelajaran Karier yang Bisa Kamu Petik dari Warkop DKI)

Masih ada hari lain kok untuk menyantapnya. Apalagi masakan seperti rendang akan tetap lezat meski sudah dipanaskan berkali-kali. Jadi, tetap kontrol dirimu agar tidak kalap saat makan.

Kamu butuh perlindungan asuransi kesehatan? Dapatkan asuransi terbaik dengan biaya murah di sini.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.