Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

3 Cara Anda Layak Diberi Pinjaman Bank

by JTO on 26 Agustus, 2014

Mencari layanan kredit sekarang sangatlah mudah. Jika Anda membutuhkan pinjaman atau kredit yang cepat, cukup cari lembaga pembiayaan atau bank pilihan, dan langsung ajukan permohonan kreditnya. Namun, ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebelum melakukannya.

Taruhlah Anda telah mengajukan kredit. Bila beruntung, maka permohonan kredit kita bisa segera dikabulkan. Jika tidak, maka permohonan kredit kita bisa jadi perlu masuk daftar tunda atau malah ditolak sama sekali.

Namun demikian, penerimaan dan penolakan permohonan kredit bukan masalah untung-untungan. Bank memiliki standar sendiri dalam menentukan kelayakan seorang debitur. Namun tidak semua debitur mengerti hal-hal yang diperlukan bila ingin mengajukan kredit. Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk jadi debitur layak kredit adalah:

Jenis Kredit Tepat

Mengetahui jenis kredit yang benar-benar dibutuhkan adalah langkah yang krusial. Debitur yang mengambil kredit yang tidak tepat untuk kebutuhannya bisa menghadapi kesulitan di kemudian hari. Hal ini biasanya sudah diantisipasi oleh bank.

Bank biasanya tidak akan memberikan kredit dengan plafon yang melebihi kemampuan membayar debitur. Hal ini bisa mencegah terjadinya kredit macet jika debitur akhirnya tidak bisa menanggung pembayaran kreditnya nanti.

(Baca juga: Berapa Pinjaman Anda? Gunakan Kalkulator Simulasi Kredit Bank untuk Hitung Cicilannya)

Selain itu, debitur juga sebaiknya tidak mengambil kredit berplafon paling rendah hanya karena takut tidak bisa membayar angsuran. Debitur sebaiknya mengambil kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar. Jika masih ragu setelah membaca brosur kredit dari bank, debitur bisa langsung bertanya pada layanan pelanggan bank.

Dengan bertanya langsung, banyak hal bisa ditanyakan saat debitur tidak mengerti. Debitur perlu bertanya hingga paham benar tentang kredit yang tepat untuk diambil. Setelah yakin dengan jenis kredit yang diinginkan, debitur bisa mulai melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan untuk membuat permohonan kredit.

Cari dan bandingkan pinjaman bank yang sesuai kebutuhan bisa klik disini.

 

Legalitas Lengkap

Debitur sebaiknya pergi ke bank dengan dokumen yang lengkap. Jika tidak tahu apa saja dokumen yang diperlukan, calon debitur bisa bertanya langsung ke layanan pelanggan yang ada di bank. Kredit tanpa agunan biasanya memiliki persyaratan yang lebih ringan dari kredit lainnya. Namun, biasanya plafon yang diberikan akan lebih rendah dibanding kredit yang memerlukan agunan atau jaminan.

(Baca juga: 5 Cara Bank Setujui Pinjaman Anda)

Bank biasanya hanya meminta dokumen lengkap dan bahkan telah mencatatnya dalam daftar lengkap yang bisa dibawa pulang. Beberapa dokumen yang umum diminta adalah kartu identitas, surat keterangan penghasilan, fotokopi rekening koran, surat keterangan usaha, dan surat izin praktek. Debitur juga perlu mengisi form yang diberikan oleh bank sejujur-jujurnya. Kejujuran debitur sangat mempengaruhi keberhasilan permohonan kredit, karena bank akan mengecek isi form debitur.

Ketahui proses pengajuan permohonan kredit dan simulasi kredit yang dimililiki di beberapa bank di Indonesia di sini.

Catatan Kredit Baik

Mau Hitung KTA?
Nominal Pinjaman Rp.
Jangka Waktu
Bunga Pinjaman (FLAT) %
Estimasi Cicilan Perbulan Rp.
Estimasi Total Pinjaman Rp.
Catatan kredit ini berlaku bagi debitur yang sebelumnya sudah pernah atau malah sedang melakukan kredit, meskipun kredit yang diambil terhitung kecil seperti kredit pembelian barang rumah tangga atau mungkin kredit sepeda motor. Jika kredit yang diambil debitur sebelumnya berjalan lancar dan tanpa tunggakan, kemungkinan besar permohonan kredit debitur akan disetujui.

Bagaimana jika debitur sempat terlambat  membayar kredit? Jika keterlambatan pembayaran kredit bersifat minor dan insidental, bank tentu akan memberi review yang positif. Namun jika keterlambatan pembayaran terjadi berkali-kali, tentu bank bisa melihat kalau keuangan debitur cukup meresahkan. Bahkan, bisa saja Anda masuk dalam daftar BI Checking.

Karena itulah, jika ini kali pertama Anda menjadi pemohon kredit, maka Anda harus mulai berhati-hati saat mengangsur. Angsurlah tepat pada waktunya dengan jumlah yang sesuai!

Jika mulai dari sekarang Anda teratur membayar angsuran Anda dan benar-benar berusaha menghindari tunggakan, maka seandainya Anda ingin mengambil kredit lagi di masa depan maka catatan kredit Anda terlihat baik di mata bank.

Punya agunan dan ingin dapatkan dana tunai cepat, langsung ajukan pinjaman melalui CekAja.com

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.