Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

3 Cara Bayar Listrik Online yang Perlu Diketahui

by Riri Anggraheni Eka Rimandasari on 4 Mei, 2016

tagihan kartu kredit-CekAja.com

Seperti yang telah kita ketahui, kebutuhan listrik semakin meningkat seiring pertambahan penduduk serta frekuensi pembangunan rumah baru yang diikuti kian meningkatnya pemasangan sambungan listrik baru.

Listrik di Indonesia dikelola oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan biaya operasional yang besar. Karena itu pelanggan wajib membayar rekening listrik demi kelancaran operasional PLN. Tunggakan Rekening Listrik dapat mengakibatkan kinerja PLN menjadi buruk.

Nah, sebagai pelanggan yang baik, kamu harus berpartisipasi mendukung kinerja PLN, salah satunya mengetahui  membayar listrik terutama perihal cara bayar listrik online. Seperti apa sih? Yuk, langsung simak penjelasannya berikut ini!

Cara bayar listrik online

bayar listrik online
bayar listrik online

Sekarang bayar tagihan listrik semakin dipermudah dapat lewat internet dengan menggunakan layanan internet banking, datang langsung ke loket pembayaran listrik yang banyak tersebar, dan bisa membayar langsung lewat ATM. Cara membayar listrik lewat ATM saat ini menjadi salah satu yang paling praktis karena tidak perlu lagi ke loket pembayaran listrik yang biasanya harus antri. Cara membayar tagihan listrik dengan menggunakan ATM memang sangat efisien dan bisa menghemat waktu dan tenaga. Berikut ini beberapa cara pembayaran listrik secara online:

  1. Via SMS

sms
sms

Dalam hal ini pembayaran bisa dilakukan lewat SMS. Dalam hal ini Kamu sudah harus menggunakan layanan SMS banking dari bank yang bekerjasama dengan PLN, seperti Bank Mandiri, BNI, atau BRI. Sebagai contoh, berikut langkah-langkah membayar tagihan listrik PLN lewat SMS Banking Bank Mandiri:

  1. Pilih Message pada Menu Ponsel
  2. Pilih Compose SMS
  3. Ketik BYR PLN <kode rek> <12 digit ID pelanggan> contoh : BYR PLN 1 547300351523 , dan ketik nomor tujuan SMS (to) : 3355
  4. Konfirmasi transaksi
  5. Ketik kombinasi PIN yang diminta dan kirim kembali ke 3355, contoh : PIN 654321 dan PIN yang diminta adalah PIN ke 6 dan ke 2, maka ketik : 15
  6. Konfirmasi transaksi berhasil

Untuk cara membayar listrik PLN dari bank lain, silahkan cek di situs bank yang bersangkutan.

  1. Via Internet Banking

internet
internet

Pembayaran tagihan listrik PLN  dapat dilakukan dengan mudah secara online melalui internet banking. Syaratnya Kamu harus memiliki akun internet banking dari Bank yang kamu pilih dan yang aktif, bisa juga via bank lain yang bekerjasama dengan PLN dengan cara yang sama. Jika belum memiliki akun internet banking dari bank yang kamu pilih, silakan terlebih dahulu di Kantor bank tersebut. Bila sudah memiliki akun internet banking ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Login Ke Website Internet Banking.
  2. Buka situs Internet banking, lalu login dengan cara memasukkan user name, password dan kode verifikasi yang ada, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  3. Masuk Ke Menu Pembayaran Tagihan Listrik
  4. Klik menu utama Pembayaran & Pembelian yang terdapat di barisan atas
  5. Klik menu Pembayaran Tagihan di samping kiri
  6. Klik menu Listrik
  7. Masukan nomor IDPEL rekening PLN
  8. Pilih dari daftar jika kamu sudah pernah menyimpan IDPEL ke dalam daftar atau Pilih tujuan pembayaran dan isi IDPEL jika kamu ingin memasukkan IDPEL secara manual.
  9. Jika kamu ingin menyimpan nomor IDPEL ke daftar maka centang tanda “klik di sini untuk menyimpan IDPEL ke daftar kamu” Isi di kotak “simpan dengan sebutan/nama” misalnya rekening PLN rumah atau kantor.
  10. Tekan kirim
  11. Konfirmasi Pembayaran Tagihan Listrik
  12. Masukan password BRI internet banking kamu
  13. Masukan kode mToken
  14. Klik kirim
  15. Jika Kamu belum memiliki mToken yang aktif maka klik link permintaan mToken, tunggu sebentar sampai ada SMS dari BRI yang mengirimkan mToken, pastikan Kamu memiliki pulsa minimal 1000 rupiah, karena permintaan mToken biasanya dikenai biaya sebesar Rp 500 rupiah. 1 SMS mToken berisi 5 kode yang dapat digunakan.
  16. Transaksi Pembayaran Tagihan Listrik Berhasil (Jika pembayaran telah berhasil dibayar, maka akan di tampilkan halaman struk pembayaran tagihan listrik).
  17. Logout

Pastikan untuk klik menu logout (di pojok kanan atas) setelah Kamu melakukan transaksi internet banking untuk keamanan akun Kamu.

  1. Via ATM

atm
atm

Bagi Kamu yang ingin membayar tagihan listrik bulanan, sebelum menuju ATM untuk bayar tagihan  listrik, sebaiknya cek dahulu jumlah tagihan yang harus dibayar, dengan cara ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan kwitansi atau nomor IDPEL.
  2. Pilih menu pembayaran.
  3. Pilih Listrik/PLN.
  4. Pilih Listrik pasca bayar.
  5. Masukkan 12 digit nomor id pelanggan/IDPEL.
  6. Akan muncul semua informasi baik nama pelanggan dan jumlah yang harus kamu bayar ditambah biaya administrasi, biasanya 3 ribu.
  7. Terakhir tinggal klik bayar.

Cara Mengecek Tagihan Listrik 

tagihan listrik
tagihan listrik

Nah, selain mengetahui tentang bayar listrik online, penting juga kamu tahu tentang cara mengecek tagihan listrik. Ketika kamu membuka web PT.PLN, masukkan ID Pelanggan (Identitas pelanggan) listrik rumahmu yang terdiri dari 12 angka.

Lalu, masukkan sandi yang tertera di halaman web tersebut, pada tempat yang telah disediakan. Setelah itu klik login. Jika berhasil, maka akan muncul halaman web, yang menunjukkan informasi berapa besar tagihan listrik yang harus kamu bayar.

Tempat membayar rekening listrik online

listrik online
listrik online

Pada awalnya pembayaran listrik  membuat orang harus mengantri di kantor PLN. Namun kini seiring perkembangan zaman pembayaran rekening listrik dapat dilakukan secara online di loket-loket atau bank yang bekerjasama dengan PLN, sehingga tidak perlu lagi mengantri di kantor PLN.

Dengan fasilitas online ini pelanggan tidak lagi terikat pada satu tempat pembayaran sehingga dapat melakukan pembayaran dimanapun pada bank-bank yang telah bekerja sama dengan PLN. Berikut tempat  pembayaran rekening listrik secara online:

Melalui Kantor Pos

kantor pos
kantor pos

Pembayaran ini dilakukan di loket Kantor Pos. Jika pelanggan memilih membayar dengan cara ini, pelanggan bisa membayar di semua Kantor Pos atau Mobil Pos keliling yang sudah terdaftar sebelumnya.

Melalui loket pembayaran PPOB 

loket ppob
loket ppob

Kamu bisa membayar listrik pascabayar atau membeli voucher sendiri untuk listrik prabayar di loket-loket penyedia jasa Payment Point Online Bank atau disingkat PPOB, yaitu Perbankan yang bekerjasama dengan PLN melalui ATM, Internet Banking dan SMS Bangking  dengan demikian pembayarannya akan langsung masuk ke Kas PLN secara real time.

Nah, sudah paham bukan mengenai cara bayar listrik online serta perihal penting lainnya yang memberikan kemudahan bagi pelanggannya. Dengan memanfaatkan cara pembayaran online kamu akan semakin efisien waktu. Yuk, sebarkan dan bagikan informasi ini pada keluarga dan kerabat supaya mereka paham!

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami