Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

3 Cara Hemat Pertimbangkan Destinasi Liburan Ketika Dolar Naik

by hanna on 26 Maret, 2015

Harga tiket pesawat, penginapan, dan tiket masuk lokasi wisata naik seiring dolar AS yang menguat terhadap rupiah. Lantas, haruskah liburan Anda batal karena harga naik?

Bagi Anda yang sudah merencanakan liburan di tahun ini, tak perlu khawatir. Ada berbagai alternatif tujuan wisata yang bisa Anda pilih. Jadi, Anda bisa menyiasati liburan agar tidak menguras kantong dengan memilih 3 destinasi wisata berikut ini. (Baca juga: Travelling, Gunakan 3 Kartu Kredit Rekomendasi CekAja Ini)

 

Tidak Harus Eropa, Bisa ke Asia

Dengan nilai tukar dolar AS yang tinggi, jika Anda hendak berlibur ke kawasan Eropa atau Amerika, hal ini akan memperbesar pengeluaran Anda.

Sebagai destinasi pengganti, Anda bisa memilih negara-negara di Asia yang memiliki nilai tukar mata uang lebih rendah dibandingkan dolar AS, seperti Thailand, Kamboja, Vietnam, Nepal, dan Korea Selatan.

Anda bisa kunjungi berbagai lokasi wisata menarik di negara-negara Asia tersebut, misal Kuil Patung Emas Buddha di Thailand, Angkor Wat di Kamboja, Danau Ho Tay di Vietnam, Mount Everest di Nepal, dan Istana Changdeok di Korea Selatan.

 

Cari negara yang miliki biaya hidup murah

Tujuan wisata lain yang bisa Anda pilih saat dolar AS naik adalah negara dengan biaya hidup murah. Pada Januari 2015, Numbeo.com, situs yang mencantumkan data harga dari berbagai kota dan negara, merilis 10 negara dengan biaya hidup termurah:

  1. India
  2. Nepal
  3. Pakistan
  4. Tunisia
  5. Aljazair
  6. Moldova
  7. Mesir
  8. Makedonia
  9. Suriah
  10. Kolombia

Hasil riset ini berdasarkan enam indikator yang menunjukan tingkat belanja penduduk sebuah negara, yakni harga barang, biaya sewa, ritel, restoran, harga barang ditambah biaya sewa, dan kemampuan daya beli masyarakat. (Baca juga: Kurang dari 10 Dolar, Liburan ke Luar Negeri Dilakukan Tanpa Khawatir)

 

Keliling di negeri sendiri

Tak jauh dari 10 negara dalam daftar keluaran Numbeo.com di atas, ternyata Indonesia menduduki peringkat 12 dalam daftar negara dengan biaya hidup termurah. Ini menjadi solusi lain bagi Anda yang ingin berlibur tanpa menguras kantong. Dengan berlibur di dalam negeri, anggaran pengeluaran bisa diperkecil.

Anda pun tak perlu menukar mata uang untuk menikmati liburan domestik. Ragam jenis wisata bisa Anda lakukan di Indonesia, mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, wisata alam, wisata religi, hingga wisata kuliner.

 

Sudah siap berlibur tahun ini? Jangan lupa, ke manapun tujuan wisata Anda, lindungi dengan asuransi perjalanan yang tepat di sini.

 

Tentang Penulis

Social media writer, coffee lover, twenty-something.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami