Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

3 Cara Memaksimalkan Kredit Tanpa Agunan Bank Mega

by lhmdi on 13 Juni, 2016

fakta kesehatan - CekAja.com

Mencari pinjaman menggunakan produk kredit tanpa agunan Bank Mega (KTA Bank Mega) dapat memberikan keuntungan berlipat ganda bagi calon debitur atau masyarakat yang mengajukan pinjaman.

Sebelumnya, Bank Mega yang dulunya bernama PT. Bank Karman dan berpusat di Surabaya menawarkan beragam produk-produk perbankan yang umum digunakan masyarakat seperti tabungan. Namun, seiring perkembangannya Bank Mega secara perlahan mulai masuk ke dalam layanan pemberian kredit.

Mulai dari peluncuran produk kartu kredit hingga pemberian pinjaman tanpa agunan. Untuk menarik minat masyarakat, Bank Mega memberikan berbagai macam layanan yang menarik seperti proses pencairan dana yang cepat, cicilan ringan, plafon atau besaran pinjaman yang maksimal dan lain-lainnya.

Program perbankan ini sendiri tidak jauh berbeda dengan kredit tanpa agunan bank permata, KTA bank mandiri atau produk KTA lainnya. Tujuannya pun bervariasi dan lebih kepada pemenuhan kebutuhan konsumtif bagi masyarakat.

Nah! Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan kredit tanpa agunan Bank Mega, kamu bisa memaksimalkannya  untuk tujuan berikut ini.

  1. Pertimbangan untuk dana darurat

kta ditolak_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Seringkali masyarakat atau calon debitur, tidak memiliki persiapan untuk dana darurat, jika terjadi musibah. Bahkan lebih buruknya lagi, dana darurat sering diambil dengan menggunakan kartu kredit.

Untuk menghindari penggunaan kartu kredit sebagai dana darurat, kamu bisa mempertimbangkan penggunaan pinjaman atau kredit tanpa agunan. Plafon atau jumlahnya bisa kamu tentukan sendiri, baik besar atau kecilnya. Selain itu nilai bunga serta itu rentang waktunya pun bisa dipilih kamu sesuaikan sendiri dengan kemampuan keuangan kamu.

Oleh karena itu, sangat bijak rasanya untuk mempertimbangkan memilih menggunakan dana dari kredit tanpa agunan ketimbang penggunaan kartu kredit jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan dana darurat.

  1. Persiapan renovasi rumah

kredit rumah - CekAja.com

Biasanya menjelang lebaran atau musim penghujan, masyarakat Indonesia akan bersiap-bersiap untuk renovasi rumah. Secara umum, renovasi rumah baik dengan skala besar atau kecil membutuhkan dana yang tidak cukup kecil dan juga tidak terlalu besar.

Jika kamu berada dalam situasi seperti ini, maka tidak salah rasanya mengajukan pinjaman atau kredit tanpa agunan bank Mega. Nilai minimal pinjaman bisa berkisar di angka Rp200.000.000. Nominal ini rasanya pas jika kamu berencana untuk merenovasi rumah.

  1. Modal jangka pendek untuk usaha

tips karir_kredit rumah - CekAja.com

Bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis atau usaha dan membutuhkan tambahan modal, maka pinjaman tanpa agunan bisa menjadi solusi. Apalagi jika kamu belum beruntung untuk mendapatkan pinjaman dana khusus usaha dari pihak bank, maka KTA pun bisa dijadikan alternatif.

Melalui KTA, kamu setidaknya bisa mendapatkan modal untuk memulai bisnis atau bahkan menambah modal demi mengembangkan bisnis yang lain.

Pilihan KTA dari Bank Mega

KTA untuk karyawan - CekAja.com

Sebagai salah satu layanan perbankan swasta terbesar di Indonesia, Bank Mega memiliki dua jenis bank yang menawarkan kredit tanpa agunan. Melalui layanan konvensional, terdapat KTA Bank Mega Guna. Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin mencoba layanan lainnya terdapat juga KTA khusus Bank Mega Syariah.

Bagi kamu yang penasaran seperti apa dua layanan ini, CekAja akan berbagi tentang pinjaman konvensional serta Syariah Bank Mega

  1. Mega GUNA

Mega Guna merupakan jenis pembiayaan yang berasal dari bank Mega pertama yang bisa kamu coba. Layanan ini merupakan kredit ritel untuk perorangan dan pengembalian pembiayaan bisa dilakukan dengan cara dicicil.

Manfaat dari KTA bank Mega ini ditujukan untuk kebutuhan konsumsi, seperti persiapan biaya pendidikan, perkawinan, liburan dan lain-lainnya. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa produk Mega Guna bisa digunakan untuk kebutuhan seperti renovasi rumah hingga persiapan untuk dana darurat.

Plafon yang ditawarkan pun cukup besar, berkisar di angka Rp 500.000.000 hingga Rp 2 Milyar Rupiah. Jika kamu tertarik mengajukan pinjaman Mega Guna, maka syarat-syarat berikut harus dipenuhi terlebih dahulu.

  1. Kamu adalah warga negara Indonesia, yang paham tentang perjanjian hukum pinjaman.
  2. Memiliki usia minimal 21 tahun atau sudah pernah menikah.
  3. Memiliki status sebagai pegawai atau karyawan tetap dengan masa kerja minimal dua tahun. Sementara itu bagi yang profesional seperti dokter atau pengacara harus sudah memiliki ijin praktek minimal dua tahun. Terakhir, bagi seseorang yang berprofesi sebagai wiraswasta sudah memiliki usaha yang berjalan selama dua tahun.
  4. Wajib melampirkan dokumen pendukung seperti kartu tanda penduduk, kartu keluarga, mengisi formulir permohonan kredit. Selain itu siapkan juga slip gaji, bukti NPWP, akte pendirian usaha bagi wiraswasta, dan untuk profesional menyertakan surat keterangan praktek.

Sementara itu, biaya-biaya yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah biaya provisi kredit, biaya administrasi, biaya premi asuransi kerugian dan asuransi jiwa, biaya notaris, biaya apraisal, hingga biaya materai.

  1. KTA Bank Mega Syariah

bisnis di bulan Ramadhan_KTA syariah - CekAja.com

Gambaran umum dari KTA atau pembiayaan Syariah di Bank Mega ini sendiri dibagi dua. Pertama pembiayaan investasi dan pembiayaan modal usaha kerja. Lalu, seperti apa bentuk pembiayaan melalui hukum dalam ekonomi Islam ini? Berikut penjelasannya

Pertama, pembiayaan jenis investasi merupakan fasilitas pembiayaan yang digunakan untuk pengadaan barang modal, renovasi, hingga perluasan usaha. Kelebihan yang ditawarkan diantaranya adalah pembiayaan dengan menggunakan mata uang rupiah, menggunakan akad Murabahah atau Musyarakah.

Jangka waktu pembiayaan yang cukup panjang yaitu hingga lima tahun, realisasi pembiayaan yang dapat dibagi dua, baik langsung dan bertahap, hingga margin yang tetap sesuai dengan akad Murabahah.

Kedua, untuk modal kerja yang bertujuan untuk memberikan tambahan dana untuk modal kerja usaha baik persediaan usaha dalam menutup piutang. Beberapa fitur andalannya pun tidak jauh berbeda dengan pembiayaan investasi.

Namun, terdapat beberapa perbedaan seperti struktur pembiayaan yang bersifat

revolving dan non-revolving, angsuran yang dapat dibayarkan secara fleksibel, serta margin yang tetap sepanjang waktu sesuai dengan akad Murabahah.

Sekarang, kredit tanpa jaminan bank Mega apa yang jadi pilihan kamu?

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami