Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

3 Cara Membuat Konten Slide Instagram Nyambung, Gampang Banget!

by Ayunindya Annistri on 23 Maret, 2020

Pengguna Instagram pasti sudah paham betul akan berbagai fitur yang dimiliki sosial media tersebut. Salah satunya adalah Multiple Panoramic atau yang disebut konten slide Instagram nyambung. Konten ini bakal memudahkan kamu untuk mengupload beberapa foto terbaru menjadi cerita dalam satu feed. Lalu, bagaimana cara membuat konten slide Instagram nyambung sebenarnya?

cara membuat konten slide instagram nyambung

Berkat fitur Multiple Panoramic, kamu dapat membagikan beberapa momen hanya dalam satu feed saja. Sehingga enggak perlu lagi upload banyak foto dengan latar tempat yang sama. Fitur ini juga memungkinkan penggunanya untuk langsung upload 10 foto, jadi ketika orang lain melihat dan slide foto tersebut, akan terlihat menyambung.

Nah, kalau kamu masih belum mencoba fitur Multiple Panoramic, mungkin ini saatnya kamu menerapkan fitur tersebut. Apalagi bila foto-foto yang dimiliki dalam satu momen, jumlahnya banyak dan kamu bingung ingin mengupload yang mana terlebih dulu. Dan berikut CekAja berbagi tips menarik seputar cara membuat konten slide Instagram nyambung. Yuk, kepoin!

Cara Membuat Konten Slide Instagram Nyambung
1. Pilih foto dengan latar tempat sama atau color grading senada

Cara ini penting banget loh buat kamu ketahui, karena bila kamu menggabungkan beberapa foto dengan latar tempat yang jauh berbeda atau color grading (pewarnaan) tidak senada, kemungkinan postinganmu untuk disukai banyak orang sangat kecil.

Makanya, sebelum berbagi postingan di Instagram, pastikan foto-foto yang akan di upload memiliki kesamaan baik dari segi latar tempat maupun warna foto. Tujuannya sendiri tak hanya untuk menambah banyak like, namun juga membuat feed Instagram tetap menarik dan estetik.

2. Gunakan aplikasi editing gambar

Cara membuat konten slide Instagram nyambung berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi editing gambar, seperti Panora dan Unsquared. Fungsinya agar foto yang diupload sesuai dengan resolusi dan format panorama yang diinginkan.

Kamu bisa mengubah ukuran gambar terlebih dulu dengan format paling tidak 1000 piksel agar resolusi gambar tetap nampak bagus.

Biasanya format multiple post akan secara otomatis terpotong dan membentuk ke dalam ukuran square. Jadi, ubah dulu ukuran gambar yang akan diupload atau beri efek bingkai pada bagian atas maupun bawah frame foto.

3. Manfaatkan fitur cropping dan sesuaikan filter

Beralih dari aplikasi editing, cara membuat konten slide Instagram nyambung yang terakhir adalah dengan memanfaatkan fitur cropping. Fitur ini dapat digunakan sesuai dengan foto yang bakal kamu upload menjadi beberapa bagian.

Setelah itu, tambahkan sedikit filter pada tiap hasil foto agar lebih estetis. Kamu bisa mengaplikasikan filter tersebut sesuai dengan feed yang sebelumnya kamu upload.

Jika ingin warna berbeda, bisa menggunakan filter yang lebih terang atau bahkan gelap dengan mengubah exposure, contras, maupun brightness nya.

(Baca Juga: Cara Meningkatkan Followers Instagram dengan Cepat)
Aplikasi untuk Foto Multiple Panoramic Instagram

Setelah membahas cara membuat konten slide Instagram nyambung, sekarang saatnya CekAja memberikan rekomendasi seputar aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan foto Multiple Panoramic.

  • Panora Slicer, khusus iPhone

Aplikasi untuk menghasilkan foto panorama ini cukup populer dengan rating sebesar 3,9. Panorama Slicer bakal memudahkan kamu untuk memotong foto menjadi beberapa bagian untuk nantinya dibagikan dalam satu feed di akun Instagram. Enggak perlu bayar, karena aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di AppStore.

  • Swipeable, khusus Android dan iPhone

Serupa dengan Panora Slicer, aplikasi Swipeable juga dapat kamu gunakan untuk membagi foto menjadi beberapa bagian agar nantinya bisa diupload satu feed di Instagram. Sayangnya, aplikasi untuk memudahkan saat menerapkan cara membuat konten slide Instagram ini masih memiliki banyak iklan, yang membuat penggunanya terganggu selama proses editing.

  • Panols, khusus iPhone

Selanjutnya ada aplikasi Panols untuk memudahkan penggunanya dalam membuat foto Multiple Panoramic di Instagram. Aplikasi ini bisa diunduh melalui AppStore dengan harga Rp29 ribu.

Meski berbayar, Panols sangat worth it untuk dicoba loh. Apalagi rating dari aplikasi ini mencapai angka sempurna, yaitu 5,0. Selain bisa membagi foto panorama menjadi tiga foto dengan format persegi, aplikasi ini juga dilengkapi fitur duplikat foto dan edit informasi foto termasuk deskripsi serta lokasi.

Bagaimana mudah bukan cara membuat konten slide Instagram nyambung? 

Belanja di Tokopedia atau Shopee sekarang enggak perlu bingung lagi akan pembayarannya. Karena kamu bisa menggunakan Kredivo, dengan fitur kredit belanjaan tanpa kartu kredit. Melalui platform ini, kamu bisa belanja sepuasnya dan dapatkan masa tenor yang fleksibel bahkan sampai 12 bulan. Yuk, tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Kredivo dan aktivasi akun kreditmu.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau