Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

3 Cara Mudah Bedakan Keuntungan Kartu Kredit yang Cocok untuk Kamu

by Ariesta on 13 April, 2016

Masing-masing kartu kredit punya keunggulan berupa reward. Penting untuk mengetahui bahwa keuntungan yang ada pada kartu kredit tidaklah sama. Lantas bagaimana cara untuk memilih kartu kredit yang tepat?

Langkah pertama adalah memastikan kalau kartu kreditmu diterima di seluruh dunia. Dari segi keuntungan yang kedua, kamu bisa memilih yang memiliki fitur bebas iuran tahunan. Langkah berikutnya memilih yang memiliki cicilan terendah, bahkan 0%. Nah kalau kamu sudah mendapatkan semua keuntungan ini dalam beberapa kartu kredit tapi masih tetap bingung. Manakah yang harus dipilih, kartu kredit yang menawarkan reward berupa cash back? Poin? Atau airmiles? Simak ulasan berikut.

Kartu kredit yang menawarkan airmiles

shutterstock_159271142

Fitur airmiles bisa membuat pemegang kartu kredit bisa mengakumulasi miles (poin yang didapatkan dari jarak tempuh) berdasarkan penerbangan yang kamu beli menggunakan kartu kredit tersebut. Jika miles sudah terakumulasi, kamu bisa menukarkannya dengan voucher diskon, barang elektronik, dan yang paling tinggi bisa berupa tiket pesawat ke negara yang telah ditentukan atau paket liburan.

Kartu kredit ini cocok untukmu jika: Kamu seorang traveler, orang yang sering dinas ke luar daerah atau ke luar negeri menggunakan pesawat terbang. Beberapa kartu kredit dengan keuntungan airmiles juga menyediakan akses lounge bandara (yang artinya kamu bisa bersantai sebelum boarding sambil makan enak gratis), asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan, reservasi penerbangan dan hotel.

(Baca juga: Jika Punya 5 Ciri Ini, Artinya Kamu Sangat Butuh Kartu Kredit)

Kartu kredit ini tidak cocok untukmu jika: Kamu hanya terbang sekali atau dua kali dalam setahun. Karena untuk mendapatkan penerbangan gratis, kamu harus sering pula bepergian dengan pesawat terbang. Misalnya adalah kartu kredit Maybank Visa Gold. Kamu akan mendapatkan minimum 1 poin per Rp12.500 penerbangan domestik maupun luar negeri. Misalnya jika kamu terbang ke Singapura dari Jakarta dengan harga tiket Rp1.250.000 pp, berarti miles yang kamu dapatkan adalah 100. Sedangkan untuk mendapatkan penerbangan gratis Jakarta-Singapura pp menggunakan Garuda, kamu harus menukarkan 25.000 miles belum termasuk pajak. Jelas kalau kartu kredit ini tidak cocok untuk kamu yang hobi belanja, kecuali kalau belanjanya di luar negeri setiap sebulan sekali.

Kartu kredit yang menawarkan cashback BBM

Isi Bensin

Perusahaan kartu kredit sebenarnya banyak menawarkan keuntungan-keuntungan kalau kamu jeli dan tidak malas mencari tahu. Tak hanya cashback belanja yang sudah umum tapi juga cashback saat membeli bensin.

Kartu kredit ini cocok untukmu jika: Kamu setiap hari bepergian dengan kendaraan pribadi atau memanfaatkan mobil pribadi sebagai taksi online. Kalau kamu menjalankan gaya hidup yang mengharuskanmu sering mengisi bensin, cashback BBM sangat membuatmu untung. Salah satunya adalah Cashback SPBU sebesar 2% dari total transaksi dengan maksimal Rp50.000,-/bulan dari Maybank White Card.

Kartu kredit ini tidak cocok untukmu jika: Kamu bekerja dari rumah, selalu naik angkutan umum, atau tidak punya kendaraan pribadi.

Kartu kredit yang menawarkan reward belanja

belanja sepatu - CekAja.com

Salah satu keuntungan yang paling disukai pengguna dari kartu kredit adalah reward belanja. Apalagi jika kartu kredit memiliki fitur cicilan 0% dan untuk membeli gadget terbaru dan bisa juga dinikmati di merchant-merchant online.

(Baca juga: Rewards Kartu Kredit yang Kasih Sebuah Kapal Pesiar dan Tur Luar Angkasa, Itu Ada Lho!)

Kartu kredit ini cocok untukmu jika: Kalau kamu senang menggunakan kartu kredit setiap bertransaski dan senang mencari tahu reward-reward yang ditawarkan kartu kredit. Misalnya jika kamu memiliki kartu kredit Maybank Visa Gold, kamu bisa menukar dengan berbagai macam barang dari katalog program reward, iuran tahunan, voucher Ace Hardware, voucher MAP, voucher Gramedia, voucher Mother Care, dan lain-lain.

Kartu kredit ini tidak cocok untukmu jika: Kamu tidak suka menggesek kartu kredit setiap bertransaksi atau kamu memang tidak senang belanja.

Nah, sudahkah kamu tentukan kartu kredit seperti apa yang pas untukmu? Kalau belum, layanan costumer service CekAja siap membantumu. Atau kamu juga bisa bandingkan sendiri hanya di CekAja!

Tentang Penulis