Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

3 Keputusan Seputar Pernikahan yang Bisa Bikin Kamu Telat Kaya

by Tisyrin N. T on 16 September, 2016

anti bangkrut pasca Lebaran _ kartu kredit - CekAja.com

Tak sedikit orang yang mampu menjadi kaya raya di usia muda. Sudah memiliki mobil bahkan membeli rumah di umur yang belia. Di sisi lain, ada yang baru mencapai masa jaya di usia yang tak lagi muda. Semua tergantung bagaimana perjuangan mereka dan bagaimana mereka memanfaatkan kesempatan yang ada.

Tapi, tahukah kamu, keputusan terkait pernikahan juga mempengaruhi kesuksesan seseorang. Jika kamu ingin lebih cepat sukses, hindari 3 keputusan seputar pernikahan yang dapat menghambat cepat kaya berikut ini.

Menikah terlalu tua

Bayangkan jika kamu telat menikah. Akibatnya, di usia 30-an kamu akan sibuk dengan anak-anakmu yang masih kecil dan membutuhkan perhatian lebih banyak. Andaikan kamu menikah lebih cepat, di usia 30-an anak-anakmu sudah cukup besar. Dengan begitu kamu punya lebih banyak waktu untuk fokus dan serius pada pekerjaan atau bisnismu.

Memang, jodoh itu di tangan Tuhan. Namun, kamu juga tidak bisa tinggal diam menanti jodohmu datang. Kamu harus berusaha sambil terus berdoa agar Tuhan segera mengirim jodoh terbaik untukmu.

(Baca juga: Empat Kesalahan yang Bisa Bikin Bisnismu Gagal)

Terlalu banyak anak

Memiliki banyak anak kelihatannya menyenangkan, tetapi itu semua harus diimbangi dengan pemasukan yang memadai. Jangan sampai kamu hanya merasa senang saat anak-anak masih kecil, sedangkan saat mereka tumbuh lebih besar dan membutuhkan lebih banyak lagi biaya, kamu dan pasangan  kelabakan.

Intinya, rencana memiliki anak harus disesuaikan dengan kemampuan. Jangan memaksakan diri. Begitupun dengan hewan peliharaan yang kerap dianggap seperti anak, memaksakan diri memelihara hewan yang membutuhkan perawatan mahal justru akan menguras pengeluaran. Kecuali, kamu punya cukup penghasilan untuk urusan yang satu ini.

(Baca juga: 6 Tanda Kalau Kamu Layak Jadi Pebisnis Sukses)

Hanya punya satu sumber penghasilan

Rumah tangga yang memiliki lebih dari satu sumber penghasilan tentu saja berpotensi lebih cepat mengumpulkan pundi-pundi kekayaan. Jika hanya ada satu sumber penghasilan, maka pasangan harus betul-betul pandai mengatur keuangan agar tidak jatuh miskin.

Saat pendapatan terasa masih kurang, cobalah mencari peluang untuk bisnis atau pekerjaan sampingan. Banyak kesempatan terbuka apalagi di era seperti sekarang ini, hanya dengan bermodalkan ponsel pintar dan kuota internet misalnya, kamu sudah bisa membuat toko online sendiri.

Butuh dana cepat namun tidak punya barang yang bisa dijaminkan? Ajukan pinjaman tunai untuk segala kebutuhan di CekAja!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.