Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

3 Produk Asuransi yang Miliki Perlindungan Khusus untuk Wanita

by JTO on 22 Oktober, 2014

Wanita perlu perlindungan khusus dalam asuransi kesehatan. Setidaknya, itu dibuktikan beberapa perusahaan asuransi untuk memiliki produk khusus bagi kaum hawa. Apa saja produknya?

Wanita saat ini memiliki banyak peranan dalam masyarakat. Dalam menjalankan peran-peran tersebut, wanita tidak terhindar dari risiko penyakit, kecelakaan sampai risiko meninggal. Faktanya, saat ini perempuan Indonesia pun rentan terserang 44 penyakit kritis seperti kanker serviks, kanker payudara, jantung dan stroke.

(Baca juga: 3 Risiko Khusus pada Asuransi untuk Wanita

Data Yayasan Kanker Indonesia (YKI) pada tahun 2013 lalu malah mengeluarkan data yang mengkhawatirkan, yaitu kanker serviks menjadi penyakit pembunuh nomor satu perempuan di Indonesia. Tiap tahun, dari sekitar 15.000 kasus kanker serviks terjadi di Indonesia. Ironisnya, dari 40 yang terdiagnosa, setengah jumlahnya meninggal dunia.

Itu alasannya jika beberapa perusahaan asuransi akhirnya membidik memberikan perlindungan khusus bagi kaum hawa ini. Berikut adalah 3 produk yang berhsil dirangkum oleh CekAja, yang memiliki perlindungan khusus bagi wanita.

 

  1. Wellwoman – ACA
Asuransi Well Woman Aca
Sumber foto: www.infobanknews.com

Baru diluncurkan pada awal Oktober 2014 lalu, produk dari PT Asuransi Central Asia (ACA) ini merupakan produk asuransi perlindungan kanker. Wellwoman adalah produk asuransi khusus wanita terdiagnosa kanker spesifik pada wanita, termasuk perlindungan tahap awal kanker payudara.

Wellwoman akan menyediakan bantuan keuangan (santunan) bagi tertanggung dengan harapan dapat membantu mengurangi kekhawatiran terhadap masalah keuangan. Tujuannya, tertanggung dapat tetap fokus pada proses penyembuhan dan tidak memikirkan masalah finansial. Produk ini akan memberikan cakupan perlindungan bagi wanita umur 18-64 tahun. Tidak hanya itu, jumlah pertanggungannya pun mencapai Rp 100 juta jika terdiagnosa kanker.

Dikutip dari beritasatu.com, ACA menargetkan perolehan premi dari produk ini sebesar Rp 3 miliar. Dalam peluncurannya, Kepala Direktorat Motor Car Accident, and Health ACA Eduardus Agus SD mengatakan, pada tahap awal Wellwoman akan dijual melalui agen ACA baik secara konvensional maupun agen-agen yang bernaung dengan Mitraca.

Ditambahkan, asuransi tersebut juga akan dipaket dengan produk asuransi kesehatan Medi+ yang merupakan asuransi kesehatan kumpulan ACA. Perusahaan asuransi ini juga membidik hampir seluruh lapisan masyarakat dengan premi bervariasi sesuai kemampuan dan kebutuhan. Karena itulah, harga premi Wellwoman mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 2 juta per tahun.

 

  1. SMiLe LADIES – Asuransi Sinarmas MSIG
Sumber foto: www.sinarmasmsiglife.co.id

Produk ini merupakan rangkaian SMiLE series dari Sinarmas MSIG yang terdiri dari SMiLe Ladies, SMiLe Education, SMiLe Pension dan SMiLe Health dan SMiLe Life. Untuk SMiLe Ladies, produk ini ditujukan khusus untuk perempuan dan dapat membantu menanggung beberapa penyakit yang sering dihadapi oleh wanita, seperti kanker serviks dan kanker payudara.

Ketentuan usia masuk untuk produk ini dimulai dari umur 17 hingga 60 tahun. Produk yang telah diluncurkan sejak Februari 2014 ini, juga memiliki perlindungan selama masa asuransi hingga tertanggung hingga berusia 80 tahun.

Ada beberapa manfaat yang dimiliki produk ini, diantaranya; mendapatkan fasilitas provider untuk perawatan dan pengobatan medis akibat kanker serviks/kanker rahim/ kanker ovarium/kanker payudara, tabungan dengan manfaat investasi, fleksibilitas penambahan dana investasi (top up) setiap saat, serta fleksibilitas penarikan dana investasi (withdrawal) yang bisa dilakukan setiap saat. Bahkan, sang ahli waris mendapat 100% uang pertanggungan dan nilai dana investasi bila tertanggung meninggal.

 

  1. Srikandi Protection – Zurich Insurance
Sumber foto: assinews.com

Melihat kebutuhan kesehatan bagi kaum wanita, Zurich Insurance pun akhirnya membidik kaum perempuan untuk mengenalkan produk khusus untuk kaum hawa. Produk ini memiliki tujuan untuk lebih melindungi risiko perempuan Indonesia yang rentan terserang 44 penyakit kritis.

Asuransi Kesehatan


Produk yang dinamakan Srikandi Protection ini merupakan program penjualan produk Prestigio Unit Link yang menawarkan perlindungan penyakit kritis bagi kaum wanita. Dan, kanker serviks salah satu penyakit yang termasuk dalam pertanggungan. Sebab, sejumlah ancaman yang dihadapi wanita adalah kanker serviks, kanker payudara, jantung, dan sejumlah penyakit mematikan lainnya. Jenis-jenis penyakit itu kerap menghantui kaum perempuan yang menyebabkan angka kematian tinggi.

Srikandi Protection adalah nama yang dipilih perusahaan asal Swiss ini karena merupakan tokoh wayang wanita yang berjiwa prajurit. Sasaran produk ini adalah perempuan usia produktif berumur 25 – 49 tahun. Sedangkan, produk yang disertakan investasi ini memiliki premi Rp450.000 – Rp 5,6 juta per bulan.

Setelah tahu perlindungan dan perbandingan beberapa produk tersebut, ajukan sekarang juga asuransi kesehatan yang Anda butuhkan di halaman tersebut, anda bisa langsung mengontak customer support CekAja untuk konsultasi gratis masalah asuransi kesehatan terbaik apa yang sebaiknya anda pilih.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami