Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

3 Syarat Wajib Agar Kredit Tanpa Agunan Disetujui

by lhmdi on 16 Juli, 2017

persiapan pensiun _ investasi - CekAja.com

Mengajukan kredit atau pinjaman tanpa agunan yang sering dikenal juga dengan singkatan KTA memang mudah untuk dilakukan.

Namun, beberapa masyarakat sering mengajukannya tanpa mengikuti persyaratan kredit tanpa agunan yang disiapkan oleh bank atau lembaga keuangan.

Persyaratan ini sering kita temukan di kredit tanpa agunan yang dikelola oleh bank Mandiri, BNI, bank swasta hingga lembaga keuangan resmi yang menawarkan pinjaman. Syarat -syarat umum seperti warga negara Indonesia atau masyarakat yang berdomisili di Indonesia usia minimum serta maksimum, memiliki pekerjaan atau penghasilan merupakan syarat-syarat yang mudah untuk dipenuhi ketika akan mengajukan kredit tanpa agunan atau KTA.

Namun, jika bicara persyaratan kredit tanpa agunan yang terkait dengan kelengkapan dokumen? Ini yang masih sulit dipenuhi. Berbicara tentang dokumen seperti kartu tanda penduduk, kartu keluarga, fotokopi rekening tabungan tentu masih bisa dipenuhi.

Namun, dokumen-dokumen ini tidak cukup untuk meyakinkan pihak bank atau lembaga keuangan untuk memberikan pinjaman atau kredit tanpa agunan yang diajukan.

Hal ini terjadi karena bank biasanya akan memeriksa kredibilitas calon nasabah atau debitur dengan melihat secara detil catatan riwayat perbankan mereka. Jika kamu ingin mengajukan pinjaman dan ingin memenuhi semua persyaratannya maka, pastikan dokumen-dokumennya memang benar-benar lengkap.

Nah! Agar pinjaman yang kamu ajukan dapat diterima, CekAja akan berbagi dokumen-dokumen apa saja yang memastikan pinjaman kamu disetujui oleh pihak bank.

  1. Kartu kredit

tips liburan _ kartu kredit - CekAja.com

Pihak bank atau lembaga keuangan biasanya akan lebih menyetujui pinjaman yang diajukan oleh seorang calon nasabah atau debitur yang memiliki kartu kredit dengan masa penggunaan sudah satu tahun.

Melalui kartu kredit, pihak bank biasanya akan mudah memeriksa kemampuan bayar pinjaman atau riwayat kredit yang sudah dilakukan sebelumnya. Jika catatan kartu kredit seorang calon debitur atau nasabah yang mengajukan pinjaman memiliki penilaian positif maka, pihak bank akan lebih cepat dan mudah menyetujui kredit tanpa agunan yang diajukan.

  1. Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP

takut miliki kartu kredit _ kartu kredit - CekAja.com

Satu lagi kendala yang sering terjadi ketika seorang nasabah atau calon debitur akan mengajukan kredit tanpa agunan adalah tidak melengkapi persyaratan kredit tanpa agunan mereka dengan Nomor Pokok Wajib Pajak.

Seperti yang kita ketahui, masih banyak masyarakat yang berstatus karyawan, pengusaha atau profesional yang masih belum melengkapi data keuangan mereka dengan membuat NPWP. Buktinya pemerintah Indonesia masih sering menyerukan bahwa masyarakat untuk terlibat aktif dalam pembayaran pajak dengan cara memiliki NPWP sendiri.

Nah! Bagi yang akan mengajukan kredit tanpa agunan, pun memiliki nilai yang sama. NPWP ini penting karena pihak bank atau lembaga keuangan akan melihat apakah kamu punya catatan yang baik dan patuh terhadap nilai uang yang wajib dibayarkan setiap tahunnya.

  1. Catatan kredit lainnya

atur keuangan _ kartu kredit - CekAja.com

Tidak jarang beberapa bank biasanya akan meminta kamu untuk melampirkan catatan kredit lainnya. Salah satunya adalah bukti kredit kendaraan bermotor jika kamu ingin membeli motor atau mobil dan kredit pemilikan rumah jika kamu ingin membeli rumah dengan cara mencicil.

Catatan ini diminta pihak bank jika seorang nasabah tidak memiliki catatan kartu kredit sebagai transaksi keuangannya.

Persyaratan Pinjaman Online Tanpa Bank

tips atur uang _ investasi - CekAja.com

Selain pinjaman atau kredit tanpa agunan yang melibatkan pihak bank atau lembaga keuangan lainnya, saat ini semakin banyak bermunculan layanan pinjaman online tanpa bank. Berbagai kemudahan layanan pun dikenalkan agar masyarakat tertarik menggunakan jasa pinjaman uang ini.

Bahkan beberapa diantaranya menawarkan kredit tanpa agunan dengan bunga rendah atau pinjaman KTA yang tidak mengunakan kartu kredit sebagai persyaratannya. Namun, apakah ini menguntungkan bagi masyarakat yang akan mengajukan pinjaman.

Jika ingin meminjam di bank seorang calon debitur biasa saja mendapatkan dana maksimal hingga Rp 200.000.000. Namun, jika ingin mengajukan kredit atau pinjaman tanpa agunan online jumlah dana yang akan didapatkan pun terbatas, meskipun persyaratannya mudah.

Sebagai contoh, sebut saja layanan pinjaman uang  dengan inisial UT yang hanya memberikan pinjaman uang maksimal sebesar Rp 3.000.000. Begitu pula dengan durasi pinjaman yang sangat singkat yaitu, hanya 30 hari.

Jika pinjaman tersebut tidak dibayarkan, maka bisa saja akan menimbulkan utang yang sangat besar.

Bijak Sebelum Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

Sebelum kamu mengajukan kredit tanpa agunan, alangkah baiknya untuk cermat dan bijak dalam memilih, mana yang sesuai dengan keuntungan kamu.

Penghitungan cicilan ini bisa dilakukan dengan mudah, karena bank, lembaga keuangan atau jasa pinjaman tanpa agunan online sekarang ini sudah menyediakan simulasi atau kalkulator kredit yang dapat digunakan oleh para calon debitur.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.