Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

30 Bank dengan KPR Bunga Rendah, Cek dan Bandingkan

by JTO on 1 November, 2014

Bagi Anda yang sedang mencari Kredit Pemilikan Rumah, satu pertanyaan yang sering muncul adalah; “Bank mana ya… yang saat ini memiliki bunga kpr murah atau rendah?” Di artikel ini, CekAja mencoba memberikan jawabannya.

Akhir Agustus lalu, beberapa pemberitaan menulis bahwa dua bank yaitu BCA dan CIMB menurunkan suku bunga KPR yang dimilikinya hingga 1 digit. Penurunan dilakukan dari semula bunganya lebih dari 10% menjadi 9,5%. Sayangnya, penurunan suku bunga KPR hingga 1 digit pada kedua bank tersebut hanya diberlakukan bagi KPR yang memiliki tenor 1-2 tahun saja. Lebih dari itu, suku bunga pun masih ada pada kisaran angka lebih dari 10%. (Baca: BCA & CIMB Turunkan Suku Bunga KPR)

Lalu, bank mana sebenarnya yang memiliki suku bunga KPR paling rendah?

Mengacu pada publikasi Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) yang dikeluarkan Bank Indonesia pada September 2014, setidaknya ada 11 bank yang memberikan tingkat SBDK KPR di bawah 10%. Sedangkan sisanya, masih memberikan SBDK di atas 10% atau double digit. Kami mencoba mengurutkannya hanya 30 bank yang memiliki suku bunga KPR terendah. (Lihat tabel – red)

Suku Bunga Dasar Kredit KPR -CekAja.com

 

Sebagai catatan, informasi SBDK tersebut bisa saja berbeda dengan informasi yang dipublikasikan langsung oleh bank yang bersangkutan. Sebab, informasi SBDK tersebut didasarkan atas laporan yang disampaikan oleh bank kepada BI untuk posisi akhir bulan laporan. Selain itu tingkat SBDK yang diberikan juga belum memperhitungkan komponen premi risiko yang besarnya tergantung dari penilaian bank terhadap risiko masing-masing debitur.

Untuk itulah, kami coba melakukan survei langsung untuk melihat berapa suku bunga yang sebenarnya berlaku saat ini dengan mengunjungi situs web dari beberapa bank. Hasilnya memang tidak memuaskan, karena sangat jarang bank yang memberikan informasi terbaru di situs web-nya tentang suku bunga KPR yang dimiliki. Di sinilah kami hanya mengambil 5 bank yang dapat diambil informasinya. (Lihat tabel – red)

Tabel Suku BUnga KPR - CekAja.com

 

Kesimpulan: Pada tabel SDBK Bank Indonesia, CekAja mencoba mengurutkan data SBDK untuk suku bunga KPR dari yang terkecil hingga yang besar. (Ingin lihat tabel lengkap, baca artikel 4 Rambu Sebelum Ajukan KPR Pertama Kali) . Dari tabel yang ditampilkan, terlihat bahwa bank yang memiliki SBDK dibawah 2 digit masih didominasi oleh bank daerah.

Sedangkan untuk bank-bank besar seperti Bank Mandiri, BCA, BTN, CIMB, dan lainnya; ternyata masih ada dalam daftar bank yang memiliki SBDK di kisaran 10% – 11%. Hal itu dibuktikan dengan tabel kedua hasil survei langsung ke beberapa bank. Bank-bank tersebut memang menerapkan suku bunga KPR dibawah 10%. Namun, suku bunga tersebut hanya berlaku untuk bunga fix (tetap) yang berlaku 1-3 tahun saja.

 

Hitung Cicilan KPR Anda
Jumlah Pinjaman Rp.
Jumlah Angsuran
Bunga Efektif (per tahun) % per tahun
Estimasi Cicilan per Bulan Rp. per bulan
Estimasi Total Pinjaman Rp. per bulan
Kabar baiknya, keputusan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membatasi bunga deposito per awal Oktober 2014 kemarin, membuat suku bunga kredit perumahan rakyat di berbagai bank ikut turun. Bank-bank besar mulai menggunting suku bunga kredit, termasuk bunga KPR yang dimilikinya lantaran biaya dana turun.

Sebagai informasi, pada aturan terbarunya OJK menetapkan pemberian maksimum suku bunga simpanan sebesar suku bunga penjaminan LPS yang saat ini sebesar 7,75 persen untuk nominal simpanan sampai dengan Rp 2 miliar.

Bagaimana, sudah bisa membandingkan suku bunga KPR terbaru yang berlaku di beberapa bank? Inilah saatnya Anda mengajukan KPR. Sebelum mengajukan, hitung dahulu jumlah cicilannya dengan kalkulator KPR CekAja. Kemudian, Anda dapat mewujudkan rumah idaman anda dengan mengajukan KPR dari puluhan bank yang sesuai sekarang juga dengan mengontak kami melalui online chat atau telpon.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.