Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

4 Alasan Anda Perlu Asuransi Mobil

by JTO on 16 Juni, 2014

Bagi Anda pemilik mobil, asuransi bisa menjadi hal yang wajib. Pertanyaannya, apakah Anda benar-benar memerlukannya? Nah, berikut adalah beberapa alasan bagaimana asuransi mobil bisa melindungi perjalanan, kehidupan, dan juga menghemat uang Anda.

  1. Lebih hemat

Menurut data Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia, pada tahun 2013 jumlah kecelakaan mobil penumpang tercatat 21.304 unit, sedangkan mobil barang tercatat 21.335 unit. Data itu sebagian mungkin kecelakaan yang tercatat dan beberapa diantaranya adalah kecelakaan fatal yang menimbulkan korban jiwa. Lalu, bagaimana dengan kecelakaan-kecelakaan kecil seperti mobil yang hanya terserempet, menabrak pagar, atau lainnya.

Nah, dengan memiliki asuransi mobil, maka hal kejadian-kejadian kecil seperti itupun akan bisa dilindungi oleh asuransi Anda. Bayangkan bila Anda tidak memiliki asuransi dan harus menanggung biaya itu sendiri? Jadi, lebih baik bayar di awal dengan jumlah tertentu, dibanding Anda harus menanggung sendiri tanpa bisa diprediksi berapa besar biayanya.

  1. Hemat waktu dan dibantu ahlinya

Bayangkan, jika mobil Anda mengalami kecelakaan, dan di waktu yang sama Anda tidak memiliki asuransi mobil. Satu hal yang pasti Anda harus mengurus segala sesuatunya sendiri? Kejadian itu akan berbeda cerita jika Anda memiliki asuransi mobil. Sebab, Anda hanya angkat telepon, hubungi broker atau agen asuransi yang Anda miliki, dan semuanya akan segera diurus. Mudah bukan? Mulai dari proses klaim hingga masalah menemukan bengkel yang tepat, akan diselesaikan dengan cepat dan mudah.

  1. Mengemudi lebih tenang

Seberapa pun handalnya Anda mengemudi, jalan raya tidak bisa diprediksi. Sebab, sangat dimungkinkan bila kecelakaan yang terjadi akibat dari kesalahan mengemudi orang lain. Atau, bisa saja mobil Anda terkena musibah karena bencana alam. Saat ini, banyak perluasan pertanggungan yang dimiliki oleh asuransi mobil di Indonesia, termasuk karena bencana alam. Ada pula pertanggungan huru-hara, yaitu apabila kendaraan Anda dirugikan akibat adanya kerusuhan, sabotase, penghalangan kerja, terorisme dan penjarahan. Kerugian karena masalah itu, akan ditanggung asuransi bila Anda ikut pertanggungan ini. Anda tidak pernah tahu kapan kecelakaan tidak dapat dihindari. Karena itu, asuransi mobil ada untuk melindungi Anda dari berbagai skenario yang mungkin terjadi.

  1. Lindungi pengendara lain

Ingat, dalam asuransi mobil juga terdapat pertanggungan untuk pihak ketiga. Maksudnya, jika Anda menabrak kendaraan lain, maka kendaraan yang Anda tabrak pun akan dilindungi oleh asuransi Anda. Namun, ada limit tertentu, dan penyebab kecelakaan harus bebas dari kondisi pengecualian yang dapat membatalkan klaim.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami