Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

4 Alasan Kenapa Anda Harus Pindah Penyedia Asuransi Mobil

by JTO on 30 Januari, 2015

asuransi kendaraan - CekAja.com

Mengapa Anda harus pindah penyedia asuransi mobil selain yang dimiliki saat ini? Berikut adalah beberapa alasan yang bisa menguatkan Anda.

Dulu, masalah harga premi mungkin menjadi poin utama yang menjadi pertimbangan Anda untuk berpindah penyedia asuransi mobil. Tidak salah bila saat membeli mobil, Anda akan langsung mencari asuransi yang memiliki premi murah namun memiliki perlindungan yang tepat. Sebagai konsumen, memang wajar bila poin menjadi alasan nomor satu untuk secara sukarela berpindah ke penyedia asuransi kendaraan lain.

Namun, setelah diberlakukannya penyesuaian tarif premi asuransi kendaraan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), maka alasan inipun hilang. Pasalnya saat ini persaingan para penyedia asuransi kendaraan bukan terletak pada harga, namun pada pelayanan dan tambahan perlindungan yang diberikan. Langkah mudahnya adalah dengan melakukan perbandingan online di portal yang cukup lengkap dan terpercaya.

Berapa premi yang harus Anda bayarkan dan layanan apa saja yang akan didapatkan selanjutnya? Dua pertanyaan itu yang harus Anda bisa jawab. Sebab itu, Anda harus melakukan perbandingan dahulu sebelum memutuskan untuk berpindah perusahaan asuransi untuk melindungi kendaraan Anda.

Untuk membantu Anda memiliki pertimbangan tentang mengapa Anda wajib berpindah penyedia asuransi kendaraan dari yang Anda miliki saat ini, berikut adalah beberapa alasan yang bisa dipakai.

Kurangnya Perlindungan

Pertanyaan yang harus dijawab untuk poin ini adalah; apakah asuransi yang Anda miliki saat ini pertanggungannya memiliki banyak celah? Maksudnya ada perlindungan-perlindungan yang Anda anggap penting, namun Anda tidak mendapatkannya.

Atau, perusahaan asuransi yang Anda miliki saat ini tidak memiliki jenis pertanggungan terbaik untuk kebutuhan spesifik yang Anda inginkan? Jika memang pertanyaan-pertanyaan itu yang Anda rasakan, maka inilah saatnya untuk menemukan perusahaan asuransi baru.

(Baca juga5 Alasan untuk Pilih Asuransi Kendaraan Terbaik)

Pengalaman Buruk dengan Klaim

Saat lakukan klaim, layanan yang dimiliki responnya lambat. Atau, pernah di suatu saat penyedia asuransi Anda melempar tanggung jawab, hingga Anda memerlukan perjuangan saat melakukan klaim.

Bila memang semua itu terjadi, tanpa pikir panjang lagi, maka inilah saatnya Anda untuk pindah mencari penyedia asuransi kendaraan yang lain. Lakukan riset kecil dengan mencari sumber lengkap untuk perbandingannya. Caranya bisa dengan mengkuti forum asuransi online,  atau bertanya pada orang terdekat, seperti teman, keluarga, dan sahabat. (Baca juga: Bingung Ajukan Klaim Asuransi Kendaraan? Ikuti Cara Ini)

Layanan Pelanggan Sulit Dihubungi

Saat terjadi risiko, Anda sulit untuk menghubungi layanan pelanggan penyedia asuransi yang Anda miliki, baik melalui telepon atau email. Apalagi, walau Anda sudah menjadi pelanggan setia selama sekian tahun, Anda tidak dilayani dengan cara tidak profesional?

Layanan pelanggan yang buruk bisa menjadi penyebab utama banyak orang melarikan diri ke penyedia asuransi lain. Bila ingin mencari penyedia asuransi lain, cobalah untuk meminta rekomendasi dari teman terdekat atau keluarga Anda. Atau bila dibutuhkan, Anda bisa melakukan konsultasi gratis dengan penyedia asuransi lain.

Pilihan Bengkel Rekanan Tidak Banyak dan Layanannya Tidak Memuaskan

CekAja.com Kartu Kredit

Asuransi kendaraan kini hemat waktu dan uang

Dapatkan asuransi dengan premi tetap sesuai regulasi dan tarif terbaru

Secara mendasar, asuransi kendaraan adalah sebuah perlindungan. Contohnya asuransi mobil, setiap perusahaan asuransi mobil selalu memiliki hubungan kerja dengan bengkel yang sudah bekerjasama atau yang disebut sebagai bengkel rekanan.

Pilihan bengkel yang beragam dan dekat dengan lokasi terjangkau pun diperlukan. Pasalnya, saat risiko terjadi Anda dapat langsung melakukan klaim dan layanan servis. Sayangnya, tidak semua bengkel yang ada bisa memberikan pelayanan memuaskan.

Karena itu, pertanyaannya adalah apakah Anda selalu mendapatkan layanan yang kurang memuaskan terhadap bengkel yang bekerjasama dengan layanan asuransi Anda saat ini? Bila jawabannya Ya, maka hal itu bisa menjadi alasan Anda untuk pindah mencari perusahaan penyedia yang lain. (Baca juga5 Langkah Pilih Bengkel Klaim Asuransi Mobil)

Anda dapat berpindah perusahaan asuransi setiap saat. Namun, sebaiknya tunggulah sampai menjelang akhir periode premi berakhir. Karena Anda bisa direpotkan untuk urusan mendapatkan pengembalian dana premi yang tidak terpakai.

Ingin lakukan perbandingan layanan dari puluhan asuransi mobil, coba di sini.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.