Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

4 Alasan Kenapa Milenial Lebih Untung Pakai Kartu Kredit

by Anes Saputra on 14 Februari, 2020

Saat ini ada banyak layanan dompet digital yang bisa diandalkan untuk membeli atau membayar berbagai kebutuhan. Meski begitu ternyata ada 4 alasan mengapa penggunaan kartu kredit masih lebih menguntungkan bagi milenial. Kita simak bareng yuk:

Manfaat Promo Kartu Kredit Awal Tahun

1. Sesuai dengan gaya hidup

Milenial cocok menggunakan kartu kredit karena sesuai dengan gaya hidup mereka yang sering berbelanja barang elektronik, makanan dan minuman, traveling, fesyen, dan terbiasa berlangganan layanan entertainment video dan musik streaming.

Konon, jalanan Jakarta yang macet membuat milenial lebih memilih berlangganan layanan entertainment seperti YouTube, Netflix, Spotify, dan lain sebagainya yang biasanya hanya menerima pembayaran menggunakan kartu kredit.

2. Promo berjibun

Meski banyak alat pembayaran dompet digital yang menyediakan beragam promo dan diskon, ternyata jumlahnya masih kalah dibandingkan promo dan diskon yang disediakan bank penerbit kartu kredit.

Ditambah lagi pemilik kartu kredit bisa mengangsur pembayaran tagihannya berkat program cicilan yang disediakan bank. Bunganya bervariasi, mulai dari 0 sampai 5 persen tergantung jenis kartu yang digunakan, serta merchant tempat kamu bertransaksi.

3. Terhindar dari boros

Setiap kartu kredit memiliki limit atau batas pemakaian yang disesuaikan bank dengan penilaian kemampuan bayar nasabahnya. Selain itu dengan menggunakan kartu kredit, kamu jadi memiliki jurnal untuk transaksi keuangan sendiri dan secara mendetail yang dikirimkan setiap bulan oleh bank.

(Baca juga: Cara dan Syarat Memiliki Kartu Kredit Citibank Indonesia 2020)

Dengan demikian, pengeluaran kamu semakin terlacak karena dalam tagihan kartu kredit tersebut terekam apa saja yang kamu beli. Dari setiap laporan itu, kamu jadi bisa menilai bagaimana kondisi keuangan pribadi.

4. Dana cadangan

Selama ini banyak orang yang beranggapan kalau kartu kredit adalah produk yang akan membuat orang lupa diri dan membeli tanpa batas. Namun siapa sangka alat yang tepat untuk lebih meyehatkan keuangan pribadi bahkan bisa dimanfaatkan sebagai dana cadangan.

Apalagi saat ini banyak milenial yang sangat sulit menabung dan tidak memiliki dana cadangan, sehingga kartu kredit bisa dijadikan cadangan di saat yang tidak terduga.

Meski begitu jangan pula kebablasan dalam menggunakan kartu kredit, gunakan sesuai manfaat dengan cerdas dan bijak.

Seperti usahakan untuk tidak menarik tunai dari kartu kredit. Pasalnya kebanyakan bank akan mengenakan biaya sebesar 4 persen atau minimal Rp50 ribu untuk setiap transaksi tarik tunai yang dilakukan.

Selain itu, usahakan untuk mengunakan satu kartu saja untuk setiap transaksi, agar kamu bisa mengontrol pengeluaran dan tidak keteteran saat membayar tagihan bulanan.

Ditambah lagi bayarlah cicilan dan tagihan sesuai jumlah yang ditagihkan bank, agar kamu tidak perlu menanggung beban bunga yang akan terus membengkak dan mengganggu pengeluaran rutin lainnya.

Pilih kartu kredit yang tepat

Milenial juga menjadi target banyak bank yang menawarkan kartu kredit, akan tetapi jangan asal menerima tawaran tersebut. Carilah bank yang memiliki produk kartu kredit pertama apalagi kalau gaji kamu masih pas-pasan.

Ditambah lagi, periksa dengan detail dokumen yang diminta dan pastikan riwayat keuangan kamu baik. Walaupun sebelumnya tidak memiliki kartu kredit, kredit lain yang pernah dimiliki penting untuk dicek.

Mulai dari kredit kendaraan bermotor, gadget, hingga beragam jenis kredit yang masih harus kamu lunasi. Idealnya, jumlah utang yang kamu tanggung tidak lebih dari 30 persen penghasilan bulanan kamu.

Citi Simplicity+ Card

Citibank misalnya juga menyediakan beragam kartu kredit yang cocok bagi setiap penggunanya, misalnya Citi Simplicity+ Card. Dengan menggunakan kartu kredit Citi Simplicity +Card bisa memberikan potongan potongan 10% biaya bunga setiap membayar tepat waktu.  Apalagi tidak ada batas maksimum dari potongan bunga yang dapat dihemat.

(Baca juga: Lebih Baik Kartu Debit atau Kartu Kredit untuk Belanja)

Apalagi meski keuangan kamu lagi pas-pasan Citi Simplicity+ Card memberikan bebas biata keterlambatan pembayaran dan kalaupun pemakaian diluat batas kredit, kamu bisa terbebas dari biaya pemakaian tersebut.

Selain itu, Citi Simplicity+ Card memiliki banyak promo merchant dan juga diskon ekslusif di lebih dari 95 negara. Apalagi pemilik kartu ini juga sangat mudah dalam mengubah transaksi menjadi cicilan.

Syarat memiliki Citi Simplicity+ Card

Dokumen-dokumen yang perlu dilampirkan nasabah yang ingin mendapatkan kartu kredit dari Citibank  perlu melampirkan beberapa dokumen antara lain: fotocopy KTP/Paspor, fotocopy NPWP, surat keterangan penghasilan atau slip gaji dari tempat kerja, dan KIMS/ KITAS (berlaku hingga 6 bulan ke depan) untuk WNA.

Jadi tunggu apalagi? Buruan miliki Citi Simplicity+ Card dengan mudah dan cepat lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke