Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

4 Alasan Logis Kenapa Kartu Kredit Diperlukan Saat Mudik Lebaran

by Tisyrin N. T on 15 Juni, 2017

kartu kredit untuk mudik - CekAja.com

Kartu kredit bisa memudahkan kita untuk urusan pembayaran segala kebutuhan dan biaya perjalanan mudik lebaran. Salah satunya promo dan diskon pengisian bahan bakar (BBM).

Kartu kredit terkenal sebagai kartu sakti karena kemudahan penggunaannya. Tinggal gesek, transaksi di mana pun dan kapan pun terasa sangat mudah. Tanpa membawa uang tunai, sudah bisa membawa pulang barang incaran.

Karenanya, tak sedikit orang yang terlena dengan keberadaan kartu kredit. Alhasil, tagihan membengkak tak terbayarkan. Ujung-ujungnya, dia akan berhenti menggunakan kartu kredit.

Padahal, asalkan mampu menggunakannya dengan bijak, kartu sakti tersebut akan bermanfaat, termasuk jika membawanya saat mudik lebaran.  Berikut ini beberapa alasan logis mengapa kartu kredit sebaiknya dibawa saat mudik.

Beli bahan bakar saat kehabisan uang tunai

Bahan bakar sangat penting untuk menunjang perjalanan mudik tetap lancar. Kemacetan panjang yang menghadang membuat penggunaan bahan bakar menjadi boros. Oleh karena itu, manfaatkan kartu kredit untuk membeli bahan bakar khususnya ketika kehabisan uang tunai. Keuntungannya, lebih praktis karena tak perlu repot mencari uang tunai.

Selain itu, penerbit kartu kredit kerap menawarkan promo pembelian BBM. Kartu Kredit Danamon Gold misalnya, memberikan cashback 5% untuk transaksi pembelian bahan bakar.

THR - Daftar Kartu Kredit di CekAja.com Gratis Voucher Matahari Mall

Mendapatkan diskon restoran dan hotel

Saat mudik ke kampung halaman, mungkin saja rumah sanak saudara tidak cukup lagi menampung tamu di rumahnya karena kondisi rumah yang sempit. Tentu saja, menginap di hotel bisa jadi pilihan. Penerbit kartu kredit kerap memberikan potongan harga untuk menginap di hotel, manfaatkan saja tawaran tersebut.

Tak hanya hotel, penerbit kartu kredit juga kerap menawarkan diskon makan di restoran. Lagi-lagi, kartu kredit dapat digunakan untuk menghemat pengeluaran. Menghabiskan waktu bersama keluarga di kampung halaman dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk makan bersama di restoran bukan?

Membeli oleh-oleh

Pengeluaran selama mudik terbilang banyak, termasuk untuk urusan membeli oleh-oleh. Kartu kredit bisa menalangi pembelian oleh-oleh untuk dibawa ke kampung halaman maupun membeli oleh-oleh dari kampung halaman untuk dibawa ke rantau.

Mengapa menggunakan kartu kredit? Karena pengeluaran ketika mudik yang terbilang banyak, tentu uang tunai yang dibutuhkan harus cukup. Apabila membeli oleh-oleh menggunakan uang tunai, biasanya akan ada kekhawatiran uang tak cukup membiayai keperluan mudik lebaran lainnya. Jadilah memanfaatkan kartu kredit agar oleh-oleh tetap terbeli. Namun, ingat ya, saat tagihannya datang, pastikan membayarnya tepat waktu.

Menggunakan kartu kredit untuk membeli oleh-oleh juga berkesempatan mendapatkan potongan harga apabila kebetulan outlet tempatmu belanja menawarkan promo tertentu dari penggunaan kartu kredit.

Mengumpulkan poin 

Setiap transaksi kartu kredit ketika mencapai nominal tertentu biasanya akan mendapatkan poin. Jadi, semakin sering menggunakan kartu kredit, semakin banyak pula poinnya. Tak ada salahnya bukan membawa kartu kredit ketika mudik untuk mengumpulkan poin?

Poin ini akan berguna di kemudian hari karena bisa ditukarkan dengan voucher belanja atau keuntungan lainnya.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami