Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

4 Alternatif Beli Tiket Kereta Api Online untuk Persiapan Mudik

by Kyla Damasha on 3 Maret, 2020

Mencari tahu tentang alternatif beli tiket kereta api online sepertinya sudah mulai digandrungi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, melihat bahwa bulan puasa sudah tinggal hitungan minggu.

Alternatif Beli Tiket Kereta Api Online

Demi kelancaran persiapan mudik, memang banyak orang yang sudah banyak mencari alternatif beli tiket kereta api online guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kehabisan tiket.

Hanya saja, banyaknya alternatif-alternatif yang tersedia, terkadang hal tersebut justru membuat orang bingung untuk memilih manakah yang terbaik.

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa alternatif beli tiket kereta api online yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan demi kelancaran persiapan mudik. Apa sajakah itu?

Alternatif Beli Tiket Kereta Api Online
1. KAI.id

KAI - 4 Alternatif Beli Tiket Kereta Api Online untuk Persiapan Mudik

Alternatif beli tiket kereta api online yang pertama adalah dengan melalui situs resmi PT. Kereta Api Indonesia (KAI). Cara ini bisa kamu lakukan karena proses nya yang sangat mudah dan cepat.

Tidak hanya dapat digunakan untuk membeli tiket kereta, melalui situs ini kamu juga bisa memilih kelas yang dapat disesuaikan dengan budget serta memilih posisi kursi yang diinginkan. Dengan membeli tiket melalui situs resmi PT. KAI, risiko kehabisan tiket akan bisa dihindari.

2. Traveloka

Traveloka - 4 Alternatif Beli Tiket Kereta Api Online untuk Persiapan Mudik

Selain melalui kai.id, alternatif beli tiket kereta api online juga bisa kamu lakukan melalui situs resmi Traveloka.com. Selain kamu bisa membeli tiket kereta api pulang-pergi sekaligus dalam satu kali transaksi ke seluruh stasiun yang terdapat di Indonesia, traveloka juga menyediakan fasilitas untuk membeli tiket kereta bandara lho.

Jadi, bagi kamu yang berencana untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat tapi ingin meminimalisir waktu dengan menaiki kereta bandara, kamu tidak hanya bisa membelinya melalui aplikasi Railink, melainkan juga melalui aplikasi yang didominasi dengan warna biru ini.

Selain itu, salah satu kelebihan traveloka yang belum tentu dimiliki oleh aplikasi alternatif beli tiket kereta api online lainnya adalah banyaknya metode pembayaran yang bisa kamu pilih, mulai dari pay later, dompet digital UANGKU, kartu debit, hingga kartu kredit.

3. Tiket.com

Tiket - 4 Alternatif Beli Tiket Kereta Api Online untuk Persiapan Mudik

Alternatif beli tiket kereta api online selanjutnya adalah dengan melalui tiket.com. Tidak jauh berbeda dengan traveloka yang memungkinkan pengunjung untuk membeli tiket kereta api pulang-pergi sekaligus dalam satu kali transaksi, tiket.com juga memberikan kebebasan para pelanggan setianya untuk memilih kelas-kelas yang dapat disesuaikan dengan budget dan kenyamanan, mulai dari ekonomi, bisnis, hingga eksekutif.

Tidak hanya itu, tiket.com juga memiliki kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh alternatif beli tiket kereta api online lainnya, yaitu hadirnya fitur Tix Point, yang mana setiap pengunjung akan mendapatkan sejumlah poin di setiap transaksi yang mereka lakukan.

Nah, apabila poin tersebut sudah terkumpul, maka kamu bisa menukarnya dengan beberapa produk yang tersedia di aplikasi tiket.com itu sendiri

4. E-Commerce

E-Commerce yang pada awalnya digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan dalam bentuk fisik, seperti peralatan rumah tangga, furnitur, hingga perlengkapan fashion, saat ini nyatanya sudah dapat digunakan sebagai salah satu tempat membeli tiket kereta secara online yang bisa kamu jadikan pilihan.

Tidak jauh berbeda dengan melakukan pembelian melalui aplikasi pembelian tiket seperti traveloka dan tiket.com, di e-commerce kamu juga bisa membeli tiket yang dapat disesuaikan dengan waktu, kelas, hingga posisi kursi yang diinginkan.

(Baca Juga: 6 Tips dari Bos KAI Biar Gak Kehabisan Tiket Kereta Lebaran)

Metode pembayaran yang disediakan pun juga cukup bervariatif yang pastinya akan memberikanmu kemudahan serta pengalaman menyenangkan dalam membeli tiket kereta api.

Tips Membeli Tiket Kereta Api Online

Setelah mengetahui tentang beberapa alternatif beli tiket kereta api online, maka perlu diketahui pula bahwa terdapat beberapa tips dalam membeli tiket kereta api yang layak untuk kamu pahami, agar membeli tiket kereta api online menjadi salah satu pengalaman yang menyenangkan.

·         Membeli Tiket Jauh Hari

Meskipun terdapat berbagai alternatif dalam membeli tiket kereta secara online yang bisa kamu jadikan pilihan, tetap saja membeli tiket dari jauh-jauh hari perlu dilakukan guna menghindari terjadinya kehabisan tiket.

Tentu akan jauh lebih menyenangkan apabila kamu bisa membeli tiket yang sesuai dengan tanggal, kelas, waktu, serta posisi kursi yang diinginkan, bukan? Biasanya, pembelian tiket kereta api online sudah dibuka sejak H-90 sebelum waktu keberangkatan.

Selain kamu bisa membeli tiket sesuai dengan apa yang diinginkan, melakukan reservasi jauh-jauh hari juga lebih disarankan agar kamu bisa melakukan persiapan dengan lebih leluasa dan terorganisir.

Jika kamu berencana membeli tiket untuk perjalanan mudik ketika lebaran nanti, sangat dianjurkan apabila kamu memesannya dari sekarang guna menghindari terjadinya kehabisan tiket.

·         Memesan Tiket dengan Perhitungan Waktu yang Tepat

Biasanya, penjualan tiket kereta api secara online sudah dibuka untuk umum mulai pukul 00.00 WIB setiap harinya, dimana waktu tersebut juga merupakan waktu puncak dimana ratusan bahkan ribuan pembeli akan berebut untuk membeli tiket kereta api.

Perebutan tiket kereta tersebut bisa menjadi lebih ketat apabila sudah memasuki peak season, seperti pada saat liburan panjang dan mudik lebaran. Tetapi, jika kamu tidak kebagian tiket pada saat percobaan pertama, maka kamu bisa menunggu 1 – 3 jam sebelum mencobanya kembali.

Sebab, lalu lintas data di situs pemesanan tiket pada waktu tersebut tidak terlalu begitu ramai dibandingkan pada waktu perilisan pertama. Selain itu, PT. KAI biasanya juga hanya memberikan waktu selama 3 jam untuk para calon pembeli melunasi pembayaran tiket.

Apabila kamu tidak segera membayarnya di kurun waktu yang telah ditentukan, maka kamu diharuskan untuk mengulang proses pembelian kembali.

·         Memilih Metode Pembayaran Termudah

Biasanya, di beberapa tempat pembelian tiket kereta api online, kamu akan diberikan pilihan dalam menentukan metode pembayaran yang paling sesuai, seperti dalam bentuk transfer, kartu kredit, mobile banking, dan masih banyak lagi.

Dari sekian metode pembayaran yang disediakan, pilihlah salah satu cara yang kamu anggap paling mudah. Dengan begitu, tiket akan bisa cepat sampai di tangan secara cepat dan tanpa terjadinya masalah.

Untuk mempermudah pembayaran tiket kereta api onliine yang sudah kamu pesan, gunakan kartu kredit yang sesuai untuk kebutuhan mu. Jika belum memilikinya, ajukan permintaan kartu kredit melalui CekAja.com. Kamu akan mendapatkan informasi lengkap serta perbandingan dari berbagai jenis kartu kredit. Tunggu apa lagi, yuk cek hanya di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda