Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

4 Asuransi yang Dibutuhkan Saat Musim Hujan Tiba

by Rafly Aditia on 19 November, 2015

tips hindari banjir - CekAja.com

Cek asuransi yang dimiliki sekarang. Bukan himbauan, tapi ada beberapa jenis perlindungan yang dibutuhkan untuk antisipasi risiko saat musim hujan.

Akhir-akhir ini, curah hujan di wilayah Indonesia sudah mulai meningkat secara merata. Bahkan, dalam beberapa hari terakhir di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya hujan selalu mengguyur.

Nah, berhubung musim hujan sering kali mendatangkan peristiwa-peristiwa atau kejadian yang tidak diinginkan ada baiknya kita segera menggunakan jasa asuransi. Lalu apa saja asuransi yang kita butuhkan di musim penghujan seperti saat ini? Berikut adalah daftar yang bisa dicatat.

Asuransi Kesehatan

Pada saat musim hujan, kita akan familiar dengan beberapa penyakit seperti diare, muntaber, dan sebagainya. Tetapi, ada beberapa penyakit serius yang bisa membuatmu mengeluarkan biaya banyak apabila kamu terserang penyakit tersebut.

Penyakit tersebut adalah DBD atau demam berdarah. Ya, penyakit ini biasanya hadir pada saat musim hujan karena banyaknya air yang menggenang membuat nyamuk-nyamuk demam berdarah mudah berkembang biak.

Untuk itu, ada baiknya kamu segera memiliki asuransi kesehatan untuk mengantisipasi pengeluaran besar-besaran apabila kamu terkena penyakit serius seperti ini di musim hujan yang akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan.

Asuransi Banjir

Beberapa dekade lalu, asuransi kendaraan dan properti memang sudah secara dilengkapi dengan perlindungan banjir. Tetapi, berhubung saat ini banyak wilayah di kota-kota besar seperti Jakarta sudah menjadi langganan banjir maka perlindungan banjir tidak diberikan oleh beberapa perusahaan asuransi.

(Baca juga: Bandingkan Asuransi Khusus Banjir)

Kita harus menggunakan asuransi tambahan untuk perlindungan banjir. Selain itu, ada persyaratan dan kondisi yang berlaku untuk asuransi banjir. Misalnya, dalam asuransi kendaraan ketika mobil terendam di garasi rumah maka perusahaan akan mengganti kerugian tetapi apabila mobil terendam banjir di jalan raya maka perusahaan tidak akan memberikan ganti rugi.

Asuransi Kecelakaan Diri

Biasanya pada saat musim penghujan, tingkat kecelakaan di jalan tol maupun jalan raya akan meningkat cukup signifikan. Untuk itu, ada baiknya bagi kamu berjaga-jaga dengan menggunakan jasa asuransi kecelakaan diri.

Karena apabila kamu terlibat dalam sebuah kecelakaan dan kamu mendapatkan cedera yang cukup serius kamu pastinya membutuhkan banyak uang untuk membayar pengobatanmu di rumah sakit dan perawatan menuju kesembuhan.

Dengan asuransi kecelakaan diri, biaya-biaya tersebut akan dicover oleh perusahaan asuransi sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kamu sudah tidak perlu pusing memikirkan biaya rawat inap dan pengobatanmu.

Asuransi Kendaraan

Pastikan kendaraan sudah memiliki asuransi. Ya, asuransi kendaraan merupakan hal yang tidak bisa kita tinggalkan saat musim penghujan tiba. Mengapa? Karena seperti apa yang dijelaskan sebelumnya, pada saat musim hujan tingkat kecelakaan di jalan raya maupun jalan tol mengalami peningkatan yang signifikan.

Maka dari itu, milikilah asuransi kendaraan agar kita tidak perlu repot dan dipusingkan dengan biaya-biaya kerusakan saat kendaraan terlibat dalam sebuah kecelakaan di jalan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.