Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

4 Bisnis Modal Minim yang Cocok untuk Orang Tertutup

by Rafly Aditia on 18 April, 2017

pebisnis wanita sukses _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Bagi orang introvert atau cenderung tertutup, berbaur dengan lingkungan sektiar memang sedikit sulit.

Mungkin kamu salah satunya? Tetapi bukan berarti orang introvert tidak bisa melakukan apa saja, termasuk memulai bisnis sendiri. Karena nyatanya ada beberapa bisnis yang cocok digeluti kaum introvert.

Bahkan, beberapa pebisnis kelas dunia seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, hingga Warren Buffet ternyata seorang introvert. Nah, untuk kamu para introvert yang ingin berbisnis namun terkendala modal usaha yang pas-pasan, kamu bisa jalani 4  ide bisnis berikut ini:

Buka jasa freelance di bidang digital

Kebanyakan orang introvert lebih suka berlama-lama sendirian. Nah, apabila kamu memiliki keahlian tertentu di bidang komputer dan teknologi digital, maka kamu bisa membuka bisnis berdasarkan keahlian tersebut.

Misalnya dengan cara membuka bisnis jasa desain web, desain grafis, atau bahkan jasa menulis konten yang kini sangat dibutuhkan untuk keperluan industri digital.

Jadi fotografer oke juga!

Banyak fotografer berbakat yang ternyata memiliki sifat introvert. Biasanya seorang fotografer handal memiliki tingkat fokus dan kemampuan mengamati yang tinggi dan kelebihan tersebut kerap kali dimiliki para introvert.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, bermodalkan kamera yang kamu miliki dan kemampuan photo editing, maka kamu bisa menjalankan bisnis jasa fotografer profesional. Misalnya kamu bisa menjadi fotografer untuk wedding, acara tertentu, bahkan menjual foto hasil kamu hunting saat liburan.

(Baca juga: 4 Alasan Kenapa Kita Harus Selalu Cek Pajak Kendaraan)

Tutor online

Untuk para introvert yang baru menyandang gelar sarjana atau bahkan masih kuliah, kamu bisa memanfaatkan pendidikanmu sebagai peluang bisnis. Salah satunya adalah dengan menjadi tutor online.

Ya, kini dengan koneksi internet serta webcam kamu sudah bisa menjadi tutor atau pengajar lepas secara online. Tanpa harus bertemu langsung dengan para murid, kamu sudah bisa jadi tutor atau pengajar terkait materi-materi pembelajaran yang kamu kuasai.

Guru musik

Kamu suka menyendiri sambil memainkan alat musik? Bukan hal yang aneh memang apabila seorang introvert pandai dalam memainkan alat musik. Keahlian dalam bermusik juga bisa dijadikan mata pencaharian loh!

Caranya mudah, kamu bisa menjadi guru musik di berbagai lembaga pendidikan seni musik atau justru membuka les privat khusus. Selama kamu memang ahli dalam memainkan alat musik, kamu bisa menjadikannya sebagai sumber pendapatan dengan cara menjadi guru musik.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami