Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

4 Bisnis yang Bisa Kamu Tekuni Saat Musim Hujan

by Gito on 4 Maret, 2020

Tidak banyak orang yang berani untuk berjibaku menekuni dunia bisnis. Kebanyakan orang memilih untuk berada di zona aman dengan menerima upah bulanan sebagai karyawan. Namun memasuki musim hujan seperti sekarang, banyak orang yang mendadak melakukan bisnis. Manisnya keuntungan yang bisa diambil seakan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan ketimbang sekedar duduk-duduk menikmati kopi panas sambil mendengar bunyi hujan.

Jadikan momentum ini sebagai pembelajaran untuk bisnis kamu yang lebih besar kelak.

Kamu akan merasakan kebebasan yang sebenarnya. Karena dengan berbisnis, kamu menjadi bos untuk apapun bisnis yang kamu tekuni.

Sekecil apapun skalanya, kamu tetap adalah pemilik, dan kamu bertanggung jawab penuh atas usaha yang sedang berjalan.

Tidak perlu berpikir rumit menentukan bisnis apa yang akan dijalani. Mulailah dari hal sederhana yang memilki modal mini. Berikut merupakan 4 bisnis yang bisa kamu jadikan sebagai sumber pendapatan tambahan.

Siapa tahu dari sekedar sampingan, kamu bisa terus menekuninya hingga akhirnya malah menjadi pendapatan utama hidup kamu.

(Baca juga: 5 Tips Mengeringkan Helm Biar Gak Bau Apek Kehujanan)

1. Perlengkapan hujan

Perlengkapan hujan - 4 Bisnis yang Bisa Kamu Tekuni Saat Musim Hujan

Banyak orang yang berpikir siapa yang membutuhkan perlengkapan hujan setiap saat. Tetapi percaya atau tidak, banyak orang saat hujan tiba justru kesulitan untuk menemukan peralatan hujan yang dibutuhkan.

Perlengkapan seperti jas hujan bagi para pengendara motor, atau jas hujan modis yang biasa digunakan para pejalan kaki, merupakan salah satu barang perlengkapan hujan yang jika tidak dipakai disimpan di tempat yang tidak tahu dimana.

Kecuali pemiliknya adalah seorang yang apik, jas hujan tentunya akan disimpan di tempat yang semestinya.

Selain jas hujan, kamu juga bisa berbisnis payung. Kamu bisa memodifikasi sistem bisnisnya, dari sekedar menjual, kamu bisa juga menyewakan payung secara online.

Manfaatkan gaya hidup digital yang saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari proses kehidupan masyarakat.

2. Laundry

Laundry - 4 Bisnis yang Bisa Kamu Tekuni Saat Musim Hujan

Membincang hujan, stok pakaian kering biasanya menipis. Maklum, saat hujan, matahari bersembunyi di gelapnya awan. Alhasil banyak pakaian sulit untuk dikeringkan.

Saat itulah kamu bisa masuk dan menjajakan bisnis laundry kamu. Terpenting adalah komitmen waktu pengerjaan dan juga hasil yang maksimal.

Jika dua hal itu sudah bisa kamu jaga, pelanggan akan bolak-balik datang dan puas akan pelayanan yang kamu berikan.

Untuk peralatannya, kamu membutuhkan paling tidak 2 mesin cuci beserta pengering dan juga setrika uap. Kamu juga bisa mempertimbangkan mempekerjakan karyawan untuk membantu operasionalisasi bisnis kamu.

3. Mi instan

Mi instan - 4 Bisnis yang Bisa Kamu Tekuni Saat Musim Hujan

Saat musim hujan, mi instan pun sering kali difavoritkan banyak orang. Apalagi jika dicampur dengan telur dan kornet. Selain tambah enak, rasanya juga lebih mengenyangkan.

Dari segi bisnis, membuka warung mie instan amat menguntungkan. Modal awal yang dimiliki cukup digunakan untuk membeli beberapa kardus mi instan, telur, dan sayuran.

Meski tampak sederhana, namun rata-rata pendapatan bersih dari warung mie instan tersebut mampu menembus angka Rp 12 juta per bulan.

4. Pisang goreng

Pisang goreng - 4 Bisnis yang Bisa Kamu Tekuni Saat Musim Hujan

Di Indonesia, pisang goreng bisa tampil dengan banyak rupa. Orang-orang di Jawa umumnya menyantap pisang goreng begitu saja, ditemani kopi atau teh hangat.

Tapi di Manado dan di Makassar, pisang goreng dinikmati bersama dabu-dabu dan sambal roa. Dalam dekade terakhir, pisang goreng kipas ala Kalimantan juga populer jadi camilan.

Rasa pisang yang manis ditambah kehangatannya memang sangat menggoda untuk disantap selagi musim hujan. Harganya juga tergolong murah, sekitar Rp 3 ribu sampai Rp 5 ribu per buahnya. Jadi tak heran kalau bisnis kuliner musim hujan ini akan selalu laris manis

(Baca juga: 7 Tips Bisnis Dealer Mobil Bekas, Gak Perlu Takut Rugi!)

Butuh Modal? Akses Kredivo

Tidak perlu takut soal modal. Jangan juga dengan terjun ke dunia bisnis kamu mengorbankan semua tabungan kamu. Ajukan di Kredivo untuk mendapatkan kredit secara online dengan mudah.

Jika kamu hanya membutuhkan peralatan untuk memulai bisnis, kamu juga bisa mengakses Kredivo untuk kemudahannya.

Belanjanya juga tidak perlu menggunakan kartu kredit, cukup menggunakan platform pinjaman online tersebut.

Soal bunga, tidak perlu khawatir, suku bunga yang ditawarkan merupakan suku bunga terendah yang bisa kamu dapatkan.

Keuntungan lainnya adalah kamu bisa mengatur tenor kredit kamu, jadi arus uang dalam bisnis kamu bisa dikendalikan dengan baik.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit