Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

4 Cara Belanja Ini Sebenarnya Salah dan Merugikan

by Tisyrin N. T on 7 Februari, 2017

anggaran belanja - CekAja.com

Seringkali kamu bertekad untuk hemat selama berbelanja, tetapi yang terjadi justru sebaliknya, yaitu boros. Agar tidak terulang, nampaknya kamu perlu strategi baru dalam berbelanja.

Berikut ini kesalahan-kesalahan yang sering kamu lakukan saat belanja. Dengan mempelajarinya, kamu bisa mencegah terulangnya kesalahan di kemudian hari.

Membeli lebih banyak untuk berhemat

Pernahkah kamu tergiur membeli lebih banyak barang demi mendapatkan diskon yang lebih besar? Hati-hati dengan promosi yang meminta konsumen mencapai nominal belanja tertentu untuk menerima diskon besar.

Kalau kamu hanya mengejar diskon belanja sedangkan barang tambahan yang kamu beli ternyata tidak terlalu kamu butuhkan, bukankah itu termasuk buang-buang uang?

hoki seru - CekAja.com

Hal ini juga berlaku ketika kamu belanja online. Seringkali kamu memaksakan diri membeli barang lebih banyak demi mendapatkan fasilitas gratis ongkos kirim. Coba renungkan lagi pengalaman belanjamu, hilangkan kebiasaan semacam itu demi penghematan.

Mendaftar newsletter

Mendaftar newsletter memang banyak manfaatnya, kamu akan lebih update dengan diskon yang sedang ditawarkan toko online langgananmu. Dengan begitu, ketika tiba saatnya kamu sedang benar-benar membutuhkan suatu barang, kamu bisa memanfaatkan diskon tersebut. Ini berlaku untuk kamu yang pandai menahan keinginan berbelanja, karena lebih mengedepankan kebutuhan.

Nah, untuk kamu si shopaholic, mendaftar newsletter baru akan membuatmu semakin gila berbelanja. Mengapa? Seringkali pendaftar newsletter baru mendapatkan diskon untuk pembelian pertama. Kamu akan merasa harus sesegera mungkin memanfaatkan diskon tersebut meskipun belum memiliki kebutuhan mendesak. Jadi, segera berhenti berlangganan kalau kamu merasa tak tahan godaan.

Tidak punya catatan belanja

Belanja tanpa rencana baik itu tercatat atau tidak, bisa membuatmu membeli sesuatu yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Dengan rencana yang sudah kamu susun, kamu akan berbelanja lebih cepat dan hemat.

(Baca juga: Ini Cara Mendidik yang Bikin Anak Sukses di Masa Depan)

Menyepelekan struk belanja

Setiap menerima struk belanja, kamu tak pernah mengeceknya secara teliti. Boro-boro mengecek, melirik pun tidak. Tak lama setelah berbelanja, struk itu bahkan sudah teronggok di tempat sampah. Lain kali, cek dulu struk belanja sebelum meninggalkan minimarket atau supermarket.

Siapa tahu ada kesalahan dari kasir, sehingga kamu bisa segera minta koreksi. Lalu jangan buru-buru membuang struk belanja, karena itu bisa membantumu mengatur anggaran bulanan.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami