Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

6 menit waktu bacaan

4 Cara Belanja Menguntungkan Manfaatkan Promo Akhir Tahun

by lhmdi on 5 Desember, 2017

kode promo belanja _ kartu kredit - CekAja.com

Berbagai macam promo di akhir tahun memang selalu menggoda. Di Indonesia sendiri beberapa layanan toko online atau daring memberikan diskon besar-besaran jelang akhir tahun.

Apalagi bagi kita yang sudah menabung begitu lama untuk menunggu untuk memanfaatkan momen promo akhir tahun untuk berbelanja. Karena keuntungan yang ditawarkan biasanya cukup menggiurkan, bisa-bisa setiap penawaran dari berbagai macam promo biasanya akan langsung dibeli tanpa pikir panjang.

Kabar baiknya, biasanya ada beberapa produk yang menawarkan keuntungan menarik di saat akhir tahun, didukung dengan momen-momen spesial yang mengiringinya. Mulai dari diskon besar-besaran, bonus belanja, dan penawaran menarik lain.

Nah, apa saja produk yang bisa menjadi bidikan kita untuk berbelanja memanfaatkan promo akhir tahun, berikut adalah daftarnya.

1. Diskon kendaraan

Keinginan untuk membeli kendaraan, khususnya membeli mobil dengan harga yang murah atau terjangkau bisa dicoba menjelang akhir tahun. Pasalnya, terkadang beberapa layanan penjualan mobil baru hingga mobil bekas akan dituntut menghabiskan persedian mobil atau “stok” yang tersimpan di showroom hingga dealer.

Sebagai informasi tambahan, data dari Wholesales milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo menyebutkan pada bulan Oktober di tahun 2017 saja, pembelian mobil mengalami peningkatan hingga 7.8%.

Hal ini dipicu banyaknya gelaran otomotif yang diselenggarakan menjelang akhir tahun 2017 ini. Gaikindo bahkan memprediksi penjualan mobil bisa saja akan bertambah di akhir tahun 2017, karena banyaknya dealer yang akan memberikan potongan harga.

Salah satunya adalah dealer yang menjual mobil di Toyota di Jakarta Timur. Dikutip dari kompas.com menyebutkan beberapa dealer memberikan potongan haga hingga Rp30 juta untuk pembelian mobil seperti Toyota Rush hingga akhir tahun ini.

Tidak hanya mobil baru, mobil bekas pun akan menjadi salah satu jenis mobil yang bisa kita beli di akhir tahun. Carsome, salah satu layanan penjualan mobil secara online bahkan menyebutkan sudah terdapat sekitar 5000 masyarakat yang akan menjual mobil di layanan mereka.

Bahkan tidak jarang pula para dealer atau layanan penjualan mobil bekas akan menawarkan aksesori dan kelengkapan mobil lainnya dengan “harga miring.”

Jadi, bagi yang ingin membeli mobil dengan harga terjangkau atau sekadar mempercantik interior hingga eksterior mobil, maka jangan siakan-siakan promo harga miring beli mobil lebih murah di penghujung tahun ini.

2. Tiket pesawat untuk perjalanan di tahun 2018

Penawaran menarik berikutnya yang sering muncul menjelang akhir tahun adalah promo tiket pesawat murah atau penerbangan dengan harga murah.

Salah satu maskapai penerbangan di Indonesia, Citilink misalnya, yang memberikan promo cicilan 0% melalui kerjasamanya dengan kartu kredit HSBCNamun, promo penerbangan ini disesuaikan dengan beberapa ketentuan. Beli tiket menjelang akhir tahun dan terbang di tahun 2018. Tentunya bagi yang hobi traveling, membeli tiket promo merupakan salah satu kewajiban penting yang dilakukan minimal satu kali dalam setahun.

Jika tidak sedang berlibur, kita juga bisa memesan tiket pesawat murah ini untuk mudik lebaran tahun 2018. Jadi bagi yang ingin menikmati liburan dengan tiket pesawat yang murah, memesan berbagai macam promo penerbangan menjelang akhir tahun ini adalah pilihan yang tepat.

3. Barang kebutuhan rumah tangga

Promo berikutnya yang perlu diikuti menjelang akhir tahun adalah promo-promo yang menawarkan alat-alat atau keperluan untuk rumah tangga. Biasanya, promo ini digabungkan dengan momen Natal yang akan jatuh di bulan Desember, dan perayaan tahun baru 2018.

Berbagai gerai atau supermarket menawarkan diskon menarik untuk barang-barang seperti kursi, lemari, peralatan dapu. Salah satunya adalah Ace Hardware yang dikenal sebagai tempat untuk beberapa perlengkapan rumah tangga.

Pada bulan Desember 2017 atau menjelang akhir tahun, Ace Hardware memberikan potongan harga sebesar 50% untuk semua produk serta bagi pengguna kartu kredit BCA punya kesempatan mendapatkan harga spesial yang dijamin lebih hemat.

Setidaknya ini bisa menjadi pertimbangkan kita berbelanja memanfaatkan promo saat akhir tahun 2017. Alangkah bijaknya jika kita membelinya  sekarang sebelum kelewat mahal atau saat masa promo telah berakhir.

4. Aksesoris pelengkap kebutuhan hidup

Terakhir, tentukan juga apakah kita hanya akan membeli aksesoris atau pelengkap berbagai macam kebutuhan hidup. Misalnya, kita ingin membeli tas, sepatu, baju hingga aksesoris seperti pelindung smartphone dan lain-lainnya.

Stok barang-barang aksesoris yang biasanya sangat banyak baik di toko atau melalui layanan online terkadang membuat beberapa penyedia barang-barang ini memberikan potongan harga yang tidak akan membuat uang di dompet kita terkuras banyak. Jadi, jangan sia-siakan promo-promo menarik untuk melengkapai kebutuhan kita akan aksesosoris pelengkap sehari-hari.

5. Paket wisata akhir tahun dan tahun 2018

Selain persiapan untuk membeli tiket berlibur di tahun 2018 nanti, promo lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah paket wisata perjalanan akhir tahun. Contohnya saja salah satu layanan travel Aviata. Dikutip dari situs web-nya, layanan ini memberikan potongan-potongan harga yang menarik untuk liburan keluar negeri.

Misalnya saja, berlibur lima hari di Tokyo hanya senilai Rp15 juta untuk keberangkatan di akhir tahun 2017 hingga persiapan liburan untuk tahun 2018 nanti. Sementara itu bagi yang ingin menikmati paket wisata di dalam negeri, situs travel online seperti Traveloka menawarkan potongan harga senilai Rp100.000 bagi kita yang akan berkunjung ke Trans Studio Bandung, Waterboom di Bali hingga Jungleland di Bogor ketika liburan akhir tahun.

Cara manfaatkan promo di akhir tahun dan momen diskon yang ada

Dari sekian banyak toko offline hingga layanan online yang menyediakan berbagai macam promo-promo menarik tentunya kerap membuat kita binggung layanan mana yang paling menguntungkan. Protongan harga apa yang menarik, bonus apa saja yang bisa kita dapat dan berbagai macam hal-hal lainnya yang perlu dipertimbangkan.

Agar tidak salah langkah mendapatkan promo yang menarik di akhir tahun ini, beberapa tip berikut ini setidaknya akan membantu kita bagaimana memilih layanan yang tepat.

1. Cari informasi melalui media sosial

Berbagai macam toko baik offline hingga online biasanya akan menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter hingga Instagram untuk memberikan informasi terkait promo-promo di akhir tahun.

Oleh karena itu, langkah pertama yang bisa kita coba adalah dengan mengikuti berbagai macam media sosial dari pemberi promo.

Misalnya, jika ingin membeli mobil kita bisa memilih layanan penjualan mobil. Begitu pula jika ingin membeli tiket pesawat, kita bisa mengikuti akun media sosial maskapai penerbangan atau layanan penjualan tiket online.

Melalui akses berita dan informasi yang semakin cepat dan mudah, tentunya akan semakin mudah bagi kita untuk memilih promo mana yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Ikuti perkembangan Harbolnas

Dalam beberapa tahun terakhir, perkumpulan E-Commerce di Indonesia secara rutin menggelar Hari Belanja Nasional atau Harbolnas.

Kgiatan yang biasanya bertepatan dengan tanggal 12 di bulan 12 ini melibatkan berbagai macam toko online untuk berpartisipasi dalam memberikan layanan penjualan kepada masyarakat.

Hampir setiap toko online biasanya akan memiliki program-program menarik termasuk promo untuk menarik minat masyarakat belanja di layanan yang sudah mereka sediakan.

Kita bis amemanfaatkan momen ini untuk mendapatkan berbagai macam kebutuhan yang sudah lama diinginkan.

3. Manfaatkan promo dari karu kredit

Punya kartu kredit? Jangan sia-siakan kesempatan promo menjelang akhir tahun ini. Beberapa bank penerbit kartu biasanya akan memberikan berbagai macam penawaran menarik bagi masyarakat yang akan belanja di beberapa toko online menjelang akhir tahun.

Bahkan tidak jarang transkasi menggunakan kartu kredit ini nantinya diikuti dengan penawaran menarik seperti cashback, promo, hingga berbagai macam layanan menarik lainnya yang membuat kita puas berbelanja.

 

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.