Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

4 Cara Cek Tagihan Listrik, Bayarnya? Pakai Kartu Kredit Aja

by Sindhi Aderianti on 27 Maret, 2019

Listrik adalah komponen krusial dalam hidup. Tanpa listrik, produktivitas sehari-hari akan terhambat bahkan mungkin bisa terhenti.

tips hemat listrik _ kartu kredit - CekAja.com

Kebutuhan pokok ini juga harus benar-benar diperhatikan pemakaiannya agar tidak menguras pengeluaran rumah tangga. Tagihan listrik sebenarnya bukan hanya dipengaruhi oleh tarif dasar listrik (TDL).

Ada kebiasaan lain yang turut mempengaruhi kecil atau besarnya tagihan listrik tersebut. Upaya penghematan yang efektif dapat dimulai dengan melakukan hal-hal sepele.

Misalnya dengan menghindari penggunaan lampu pada siang hari.

Kenali Jenis Pemasangan Listrik

Sebelumnya, kamu juga perlu mengenali jenis pemasangan listrik di rumah terlebih dahulu. Ada dua jenis, yakni listrik prabayar dan pascabayar. Konsepnya tidak jauh berbeda dengan pulsa handphone.

Listrik prabayar memilik sistem pembayaran dengan pulsa atau token. Ada nominal pulsa yang tertera pada meteran listrik. Sistem ini terbilang baru, karena baru diperkenalkan oleh PLN di tahun 2010.

Sedangkan listrik pascabayar merupakan sistem lama yang pembayarannya hanya bisa dilakukan setelah dipakai selama 1 bulan. Sistem listrik pascabaya inilah yang bisa dilihat tagihannya, kalau prabayar tidak.

Ingin menghemat listrik? Rutin mengecek tagihan listrik pun bisa menjadi langkah pertama yang paling efektif.

Dengan memantaunya, kamu jadi tahu seberapa besar pengeluaran sehingga langsung bisa mengontrolnya sesegera mungkin. Tak harus datang ke kantor PLN langsung, berikut 4 cara mengecek tagihan listrik yang kini lebih memudahkanmu:

(Baca juga: Meneropong Masa Depan Kendaraan Listrik)
  • Via Telepon

Pilihan yang pertama, kamu bisa mengecek tagihan listrik via telepon. Cara ini tergolong mudah, kamu tinggal menghubungi customer service PLN di nomor 123 saja

Jangan lupa mencantumkan kode areamu ya. Misalnya untuk wilayah DKI Jakarta, berarti telepon ke (021)-123. Kemudian ikuti petunjuk dari operator dan tanyakan perihal tagihan listrik.

Untuk melakukan panggilan ke call centre PLN, dikenakan tarif telepon normal. Cara ini bisa kamu lakukan kapanpun, mengingat layanannya terbuka selama 24 jam.

  • Via SMS

Selain lewat telepon, kamu juga bisa cek tagihan listrik via SMS. Kirim sms dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. Format ini digunakan kalau hanya ingin mengeceknya sesekali.

Jika ingin berlangganan agar daftar tagihan terkirim secara kontinu, cukup kirim sms dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Perlu diingat untuk menikmati fasilitas cek tagihan listrik lewat sms ini, dikenakan biaya sebesar Rp500 (belum termasuk ppn 10%) per sms.

(Baca juga: Cara Unik Turunkan Tarif Pembayaran Listrik Hingga 50 Persen)
  • Via Email

Alternatif cek tagihan listrik pun kini dapat kamu lakukan melalui email. Untuk mendapatkan email berupa e-billing yang berisikan tagihan listrik, datamu harus terdaftar di e-billing PLN.

Dulu caranya bisa langsung daftar pada website, namun karena ada perubahan antarmuka laman resmi PLN tersebut, kamu bisa menanyakan info terbarunya via email di pln123@pln.co.id atau lewat akun media sosial resmi PLN, Twitter @pln_123 dan Facebook PLN 1.

  • Via Website PLN Online

Opsi terakhir adalah via PLN Online. Melalui situs www.pln.co.id/info-rekening/tagihan.php, kamu akan lebih dimudahkan lagi dalam mengecek tagihan listrik.

Caranya tinggal akses website PLN Online tersebut, lalu masukkan ID pelangganmu yang terdiri dari 12 angka. Masukkan password, setelah itu klik login. Jika berhasil, maka akan muncul halaman web yang menunjukkan informasi berapa besar tagihan listrik yang harus kamu bayar.

(Baca juga: Siasati Penggunaan Peralatan Ini Agar Tagihan Listrik Murah!)
Bayar Listrik Pakai Kartu Kredit

Anggapan membayar tagihan listrik dengan kartu kredit bisa membuat pengeluaran lebih irit, mungkin saja benar. Pada prinsipnya, pihak bank akan membayarkan lebih dulu, baru setelah itu ditagih ke pemilik kartu kredit.

Sekilas memang tidak ada yang membedakan antara membayar listrik secara tunai ataupun dengan kartu kredit. Ditambah lagi, besaran tagihan rutin itu tidak murni alias ada biaya administrasi.

Tapi perhatikan lagi berbagai promonya, ini yang akan menguntungkanmu kelak. Perlu kejelian dalam memilih kartu kredit bila sejak awal memang digunakan untuk membantu membayar tagihan rutin.

Sebaiknya cari kartu kredit yang dilengkapi fitur konsolidasi tagihan dengan benefit cashback, poin, sampai bebas biaya administrasi. Temukan kartu kredit yang menguntungkanmu dalam membayar tagihan listrik ini hanya di CekAja.com!

Dari sekarang, hemat pemakaian listrik di rumahmu semaksimal mungkin. Ingatlah bahwa ketersediaan  listrik cukup terbatas, sementara kebutuhan kita dalam menggunakan energi tersebut hampir tidak ada habisnya.

Demi menekan pengeluaran setiap bulan, jangan lupa untuk mengontrol penggunaannya juga dengan selalu cek tagihan secara rutin melalui 4 cara di atas.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.