Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

4 Cara Gunakan Kartu Kredit Bebas Bunga

by JTO on 10 Juni, 2014

kartu kredit - CekAja.com

Kartu kredit memang memudahkan kita dalam setiap transaksi pembayaran. Namun ingat, ada bunga di setiap tagihan yang tidak bisa dibayarkan. Jangan karena terlena karena kemudahannya, pada akhirnya membuat tagihan membengkak, tidak bisa membayar secara penuh, dan bunga pun menghampiri.

Lalu, bagaimana sih cara menggunakan kartu kredit yang tepat dan bebas bunga? Berikut adalah caranya:

Membayar = Meminjam

Saat menggunakan kartu kredit, penerbit kartu kredit atau bank sebenarnya memberikan pinjaman sejumlah nilai pembelanjaan. Pastinya, pinjaman itu harus dibayar. Sebab, banyak orang pada praktiknya menggunakan kartu kredit hingga melebihi kemampuan membayarnya. Kemudian, saat datang tagihan yang besar mereka pun bingung untuk mengatur keuangan untuk membayarnya.

Bukan Uang Tambahan

Senada dengan poin sebelumnya, kamu pun harus selalu ingat akan hal ini. Kartu kredit adalah alat bantu pembayaran agar setiap transaksi mudah dilakukan tanpa membawa uang tunai. Jadi, cobalah untuk tidak menganggap bahwa kartu kredit yang dimiliki adalah sejumlah uang tambahan yang bisa dipakai, tanpa adanya tagihan di bulan selanjutnya.

Lunasi Sebelum Jatuh Tempo

Tanggal jatuh tempo itu penting dalam sebuah kartu kredit. Mengapa? Karena tanggal tersebut merupakan batas akhir waktu pembayaran yang wajib dilakukan bila tidak ingin terkena biaya keterlambatan yang akan dikenakan pada tagihan selanjutnya. Yang harus dipastikan adalah, selalu lunasi tagihan kartu kredit sesuai jumlah yang tertagih. Sebab, bagian yang tidak terbayar akan mulai dikenakan bunga per bulan yang berlaku pada jatuh tempo setelahnya. Keterlambatan pembayaran juga dapat mempengaruhi kredibilitas dan bisa mempersulitmu mendapatkan pinjaman di masa yang akan datang.

Manfaatkan Promo dan Cicilan

Demi memanjakan kosumennya, saat ini banyak penawaran promo kartu kredit. Mulai dari potongan harga (diskon), poin reward, cash back, sampai cicilan dengan bunga 0%. Untuk potongan harga, manfaatkan promo tersebut selama harga yang ditawarkan sesuai, menguntungkan, dan terjangkau dengan kemampuan membayar kamu nantinya. Misalnya promo potongan harga untuk makan sampai dengan 50%. Promo itu malah bisa membuatmumenghemat bila bisa digunakan sesuai dengan porsinya.

Apalagi promo cicilan pembelian sampai dengan 12 bulan dengan bunga 0%. Promo itu akan membantu ketika ingin membeli sebuah barang yang cukup tinggi harganya, namun tidak harus dibayar dengan tunai secara penuh. Yang paling menguntungkan, karena 0% artinya cicilan yang dilakukan adalah bebas bunga. Namun, walau cicilan yang ditawarkan 0%, hitunglah berapa jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Sesuaikan cicilan tersebut dengan kemampuan membayar dan ditambah kewajiban lain yang dimiliki.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.