Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

4 Cara Kurangi Kegemukan dengan Latihan Ringan, Hindari Risiko Obesitas

by JTO on 15 Januari, 2015

Anda mengalami kegemukan dan ingin tahu cara mengecilkan perut agar terhindar dari obesitas dan berbagai macam penyakit? Ingin menurunkan berat badan Anda? Tak ada alasan dan cara apapun yang lebih baik dari mengatur pola makan dan berolahraga.

Agar efektif, olahraga yang Anda harus lakukan pun tak bisa sembarangan memilih. Olahraga harus diatur sedemikian rupa dan dilakukan secara konsisten. Jadi, tidak hanya dilakukan hanya sekali atau dua kali saja.

Pola makan dan berolahraga ini menjadi dua hal yang saling terkait satu sama lain. Melakukan olahraga tanpa pola makan yang teratur hasilnya juga tidak akan baik. Begitu pula sebaliknya.

Ada beberapa olahraga atau latihan yang bisa dilakukan oleh Anda yang ingin mencegah kegemukan. Olahraga ini cukup murah meriah, dan bisa dilakukan oleh semua orang tanpa menyita aktivitas Anda sebenarnya.

Olahraga sejatinya bisa membakar kalori dan membangun otot dimana keduanya sangat penting meningkatkan metabolisme tubuh. Karena itu dengan olahraga upaya menurunkan berat badan atau mencegah kegemukan bisa efektif dilakukan. Ada banyak olahraga yang bisa dilakukan. Namun, berikut kami sajikan beberapa olahraga murah meriah yang kami sadur dari berbagai sumber.

  1. Jalan Kaki

Jalan kaki adalah bentuk latihan yang paling ringan yang bisa kita lakukan. Dan ini sangat ideal dalam menurunkan berat badan. Jalan kaki tak memerlukan perlengkapan khusus untuk melaksanakannya. Yang dibutuhkan hanyalah sepatu sebagai media untuk membuat nyaman kaki Anda dalam berjalan. Anda pun tak perlu meluangkan waktu khusus, seperti ke tempat fitness misalnya.

Semakin sering Anda berjalan kaki, semakin bagus dan baik dalam upaya menurunkan dan mencegah berat badan. Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes atau jantung juga tak perlu khawatir. Jalan kaki adalah latihan olahraga yang memiliki intensitas rendah namun bisa meningkatkan aktifitas fisik.

  1. Berenang

Sarana untuk melakukan renang saat ini dengan mudah dijumpai dimana saja. Tak perlu khawatir kekurangan, karena sekarang di berbagai kota besar tersedia kolam renang mulai dari berbagai harga. Dengan berenang, Anda bisa membakar kalori kira-kira 400 hingga 700 kalori per jam.

Segala jenis gaya dalam renang dianggap efektif membakar lemak, sekaligus bagus untuk pengencangan otot. Berenang adalah olahraga berat tapi memiliki intensitas rendah. Dengan berenang, Anda melibatkan semua jenis otot, mulai dari otot perut hingga punggung, lengan, kaki, pinggang.

(Baca juga: Bagian Tubuh yang Mudah Menimbun Lemak)

Jika Anda tak bisa berenang dengan baik, hal itu pun tidak masalah. Cukup bergerak dari ujung kolam ke kolam lainnya, Anda telah cukup baik melakukan upaya penurunan berat badan.

  1. Bersepeda

Bersepeda kini sudah menjadi gaya hidup di kota besar. Banyak bermunculan klub-klub sepeda. Dengan bersepeda, Anda sudah melakukan pencegahan menurunkan berat badan. Sebab, dengan bersepeda Anda telah membakar kalori sebanyak 372 hingga 1100 kalori per jam tergantung kecepatan, medan dan berat badan.

Bersepeda di luar memang lebih bagus karena dengan kondisi medan yang berbeda-beda akan memberikan latihan yang menyeluruh antara lain penguatan bagian bawah dan bagian kardiovaskular.

Jika tempat tinggal dan tempat kerja Anda berada di dalam jarak yang ideal, lebih baik Anda bersepeda karena dampaknya bisa menstimulasi metabolisme tubuh Anda. Namun jika memang Anda tidak bisa bersepeda di luar, maka Anda bisa bersepeda di dalam ruangan atau biasa disebut spinning. Namun, jika Anda melakukan di dalam ruangan lebih baik Anda ditemani seorang pelatih agar bisa mengarahkan dan mendapatkan hasil yang sesuai yang diharapkan. (Baca juga: 3 Cara Mengecilkan Perut Agar Terhindar Penyakit Serius)

  1. Berlari untuk orang yang gendut

Asuransi Kesehatan


Selain bersepeda, berlari merupakan aktivitas yang sekarang menjadi kebiasan dan gaya hidup di kota besar. Sering kita jumpai kegiatan berlari yang dilakukan di mal ataupun di tempat terbuka. Berlari merupakan olahraga yang murah meriah dan bisa dilakukan oleh siapapun.

Anda dapat membakar 600 kalori per jam, membantu membangun dan menguatkan tulang, meningkatkan denyut jantung, serta mencegah serangan jantung dan stroke. Yang Anda butuhkan hanyalah sepatu untuk melindungi sendi Anda.

Latihan berlari dengan kecepatan dapat membakar kalori lebih besar. Serta latihan lari dengan jenis ini bisa membakar kalori dalam waktu singkat, meningkatkan kerja metabolisme. Selain itu, bagi Anda yang berperut buncit, dengan berlari kecil dapat mengurangi bahkan menghilangkan perut buncit.

Simak beberapa tips cara mengecilkan perut buncit dengan beberapa latihan ringan dan makanan yang sehat. Yang Anda butuhkan hanyalah sepatu untuk melindungi sendi Anda. Latihan berlari dengan kecepatan dapat membakar kalori lebih besar. Latihan lari dengan jenis ini bisa membakar kalori dalam waktu singkat, meningkatkan kerja metabolisme.

Bagi anda yang ingin sudah menerapkan salah satu program diet yang sehat di atas, tetapi ingin mempunyai body sixpack ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan, yaitu :

1. Olahraga barbel 5 kg di pagi hari. Waktunya setelah bangun tidur atau sesudah sholat shubuh bagi muslim, dan di malam hari sebelum tidur, selama 1-2 menit.

2. Kurangi asupan makanan, yang biasanya satu porsi menjadi setengah porsi

3. Tambah kuantitas konsumsi air mineral antara 5 liter sampai 8 liter sehari

4. Konsumsi lebih banyak sayur mayur dan kurangi karbohidrat seperti nasi

5. Cobalah untuk membiasakan tidak makan nasi di pagi hari dan ganti dengan buah. Untuk siang harinya Anda bisa mengonsumsi nasi dengan porsi setengah

Dalam 2 minggu jika Anda melakukan dengan niat, memiliki frekuensi yang konsisten, maka berat badan Anda akan turun minimal 1kg.

Selamat mencoba!

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.