Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

4 Cara Membuat Hari Senin Serasa Jumat

by JTO on 4 Mei, 2015

Padatnya jadwal rapat, banyaknya daftar pekerjaan yang harus dilakukan, target yang lebih tinggi, semua campur aduk dan sering membuat hari Senin menjadi menyeramkan. Seakan, libur panjang akhir pekan dan menyenangkan kemarin, tidak bisa menjadi obat terulangnya hari Senin yang suram. 

Banyak orang yang masih saja mengalami hal itu. Awal minggu menjadi kelabu karena hari Senin diawali dengan pikiran tidak menentu. Stop semuanya! Karena sebenarnya Anda bisa merubahnya dengan hanya melakukan 4 langkah ini.  

1. Tetap semangat dan persiapkan ketika Jumat

Semangat libur, lesu kerja. Itulah kebiasaan yang sering kita lakukan saat Jumat tiba. Anggapannya, hanya Senin – Kamis saja yang merupakan hari semangat untuk bekerja. Mulai sekarang, tinggalkan kebiasaan tersebut. Buatlah diri lebih bersemangat walau Jumat tiba. Bila perlu dan miliki sedikit waktu senggang, lakukan beberapa pekerjaan kecil yang sebenarnya harus dilakukan saat Senin.

Atau, lakukan beberapa persiapan kecil dan membuat daftar prioritas pekerjaan yang harus dilakukan di hari Senin. Jadi, ketika Senin tiba, beban akan banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan tidak akan jadi masalah. Sebab kita sudah mengerjakan beberapa pekerjaan kecil sebelumnya atau sudah memiliki daftar prioritas yang harus dilakukan.

Usaha menyusun daftar pekerjaan dan persiapan kecil tersebut bisa juga dilakukan saat Minggu malam. Tujuannya, kita bisa menghindari rencana tersebut dibuat mendadak dan mendorong kita frustasi di Senin pagi.

2. Konsentrasikan akhir pekan

Jika memungkinkan, coba untuk hindari untuk memeriksa email atau pesan pekerjaan selama akhir pekan. Bila dapat ditanggapi saat Senin, lakukan saja. Saat meninggalkan kantor di hari Jumat, tinggalkan segala masalah kantor di sana dan fokus atau konsentrasi untuk istirahat atau libur di akhir pekan.

Tindakan itu adalah usaha untuk membuat batas yang jelas antara waktu kerja dan pribadi. Mengapa kita harus melakukannya?  Pasalnya, banyak orang yang merasa frustasi ketika Senin tiba dan merasa tidak pernah memiliki akhir pekan sama sekali karena masih mengurus atau menanggapi pekerjaan walau akhir pekan.

(Baca juga: 3 Cara Agar Liburan Akhir Tahun Lebih Menguntungkan)
3. Lupakan Senin yang serius

Bagi banyak orang, Senin menjadi hari untuk memulai, mengatur, dan membuat tujuan-tujuan baru. Sayangnya, semua itu harus diselingi dengan banyaknya agenda rapat yang padat. Cobalah untuk merubah kebiasaan tersebut. Buatlah rapat-rapat padat tersebut ada di saat Kamis atau Jumat di minggu sebelumnya. Jadi, ketika Senin tiba, kita dapat lebih fokus dan konsentrasi untuk mengevaluasi hasilnya dan menciptakan tujuan baru yang lebih segar.

(Baca juga: 8 Hal Sepele yang Bisa Bikin Uang Terkuras)
4. Mulai dengan yang menyenangkan

Kegiatan ini wajib dimulai sebelum mulai bekerja. Untuk mendorong semangat, cobalah mendengarkan lagu favorit. Buatlah sebuah daftar lagu yang menurut Anda bisa membangkitkan semangat, rasa optimis, dan energi.

Jaga produktivitas dan semangat itu untuk memulainya dengan hal positif. Misalnya membuat pujian ke rekan kerja, melakukan sesuatu yang baik untuk pelanggan, atau membantu orang lain dalam perjalanan atau mendorong orang lain juga memiliki hari yang sedikit lebih baik. Membuat sumber positif tidak hanya membuat hari Anda lebih menyenangkan, tetapi juga akan membuat lingkungan kerja yang lebih baik bagi orang di sekitar.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.