Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

4 Cara Memilih Asuransi Rumah Terbaik

by JTO on 2 Desember, 2014

Kebakaran, kebanjiran, hingga kemalingan, adalah risiko yang bisa saja terjadi pada rumah Anda. Apakah Anda sudah tahu kalau risiko-risiko tersebut bisa ditanggung oleh asuransi rumah?

Banyak jenis asuransi properti yang saat ini ditawarkan, khususnya untuk asuransi rumah. Akhirnya, Anda pun dituntut untuk membandingkan dan memilih produk yang memiliki perlindungan sesuai kebutuhan.

Aneka variasi produk ditawarkan. Mulai dari yang hanya menawarkan perlindungan kebakaran saja, hingga perlindungan menyeluruh untuk segala risiko yang terjadi pada seluruh harta benda yang Anda miliki di rumah.

Dengan beragamnya risiko yang bisa saja terjadi dengan rumah Anda, pilihan pun akan mengarah pada produk yang memiliki perlindungan menyeluruh. Di sinilah perlunya teknik tersendiri untuk memilih perusahaan dan juga jenis asuransi yang bisa memberikan perlindungan atau proteksi dari segala jenis risiko pada hunian Anda secara total. Bagaimana caranya? (Baca juga: 10 Cara yang Bisa Bikin Kamu Untung Besar Ketika Bisnis Sewa Properti)

Lakukan Perbandingan

Inilah langkah pertama yang wajib Anda lakukan. Cobalah untuk sebanyak mungkin untuk memiliki pilihan. Dengan begitu Anda akan mudah untuk melakukan perbandingan tentang perusahaan penyedia produk asuransi rumah.

Jangan bingung dahulu, sebab tujuan Anda disini adalah dapat membuat keputusan terbaik dengan membandingkan biaya dan manfaat dari bermacam perusahaan asuransi rumah tersebut.

Agar menghemat waktu dan biaya dalam melakukan perbandingan, cobalah untuk melakukan perbandingan online. Anda juga dapat langsung mengajukan asuransi rumah atau melakukan konsultasi gratis melalui cara online ini.

Ketahui Jaminan

Sebagai konsumen Anda memang diuntungkan dengan banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan aneka produk asuransi rumah. Karena dengan begitu Anda dapat memiliki banyak pilihan dalam melakukan perbandingan. Hal yang perlu dilakukan disini adalah cari tahu dan perhatikan perlindungan apa saja yang dimiliki oleh masing-masing produk. (Baca juga: Ternyata, Tidak Hanya Kebakaran yang Dilindungi Asuransi Properti)

Apa saja yang terlindungi oleh perusahaan asuransi yang akan Anda daftar nantinya. Misalnya saja risiko kebakaran. Risiko kebakaran ini bisa terjadi karena berbagai hal; seperti konsleting, arus pendek, sambaran petir, kejatuhan pesawat, ledakan, atau karena terjadinya kerusuhan.

Tanyakan bagaimana perusahaan asuransi yang akan Anda daftar tersebut memandang terjadinya risiko ini. Dengan begitu Anda pun akan lebih jelas mengetahui risiko mana yang memang dijamin oleh perusahaan asuransi tersebut, karena sebab apa risiko tersebut bisa dijamin, dan risiko apa yang tidak dijamin. Dengan memiliki kejelasan tentang hal ini pada awal perjanjian, Anda pun tidak akan ragu untuk mengambil keputusan.

Ketahui Proses Klaim

Tentunya Anda tidak ingin risiko yang dimungkinkan akhirnya terjadi. Namun bila memang terjadi, selanjutnya Anda wajib melakukan klaim kerugian kepada perusahaan asuransi yang telah Anda daftar. Pertanyaannya, sulit atau tidak klaim yang akan Anda lakukan nantinya?

Karena itulah, dalam proses perbandingan yang Anda lakukan cobalah untuk bertanya secara detail tentang prosedur klaim yang berlaku di tiap perusahaan yang menyediakan asuransi rumah. Pastikan bila nantinya Anda tidak merasa kesulitan dalam pengurusan klaim ketika risiko yang tidak diinginkan telah terjadi. (Baca juga: Bisakah Rumah Anda Dilindungi Asuransi Banjir? Kenali Dulu Zonanya)

Untuk menambah informasi, Anda juga dapat menanyakan hal ini kepada para ahli asuransi yang mengasuh forum finansial. Agar mudah dan mendapatkan jawaban cepat, lakukan dalam forum online.  Dalam forum tersebut, tanyakan juga pendapat orang lain yang telah menggunakan jasa perusahaan asuransi rumah.

Biaya dan Nilai Pertanggungan

Hal inilah yang biasanya menjadi faktor penentu keputusan Anda. Sebab, pastinya Anda akan berhitung, berapa biaya yang harus Anda bayarkan dan keluarkan, dan berapa nilai pertanggungan yang akan didapatkan. Nilai pertanggungan ini adalah penggantian yang akan diterima saat klaim.

Lagi-lagi Anda tentu tidak ingin risiko yang dimungkinkan akan terjadi pada Anda. Catatannya adalah jangan sampai terjadi saat Anda menerima uang pertanggungan, dana tersebut malah tidak cukup untuk membangun rumah Anda kembali. Disinilah perlunya Anda melakukan perhitungan cermat dan membandingkan dengan lamanya kontrak asuransi.

Ajukan sekarang juga asuransi kebakaran, asuransi rumah, atau asuransi properti Anda di sini.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami