Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

6 menit waktu bacaan

4 Cara Memutihkan Badan Dan Kulit Secara Alami

by lhmdi on 8 July, 2017

tidur berkualitas saat puasa _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Kulit tubuh atau badan yang sehat dan putih adalah impian banyak umat manusia, khususnya wanita. Salah satu cara paling cepat atau instan yang sering dilakukan adalah dengan menggunakan produk atau perawatan-perawatan yang kini banyak ditawarkan.

Bahkan tidak jarang pula banyak para wanita menggunakan cara memutihkan badan atau kulit dengan cara menyuntikkan cairan khusus menuju pembuluh darah. Cara suntik putih ini sendiri sudah mulai di jalankan oleh beberapa wanita.

Harganya pun tidak murah, bisa mencapai jutaan rupiah, dan bahkan lebih karena akan membutuhkan perawatan-perawatan lanjutan untuk menjaga putihnya. Namun, sebelum melakukannya pastikan untuk memilih seorang profesional atau dokter yang benar-benar paham tentang melakukan suntik putih ini.

Dengan profesional atau dokter yang tepat maka proses suntik putih pun bisa berjalan dengan tepat, karena akan dilakukan tes kesehatan terlebih dahulu. Tes kesehatan ini pastinya penting untuk mengetahui daftar riwayat kesehatan sebelumnya.

Selain itu, tes kulit juga akan dilakukan mengingat penting untuk mengetahui reaksi kulit ketika harus berhadapan dengan zat-zat kimia yang akan disuntikkan untuk memutihkan kulit.

Berikutnya, penting bagi kamu untuk mengetahui apakah produk-produk yang akan digunakan memang sudah sesuai dan terdaftar di BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Makanan ). Selain menggunakan suntik putih, cara memutihkan badan berikutnya bisa dilakukan dengan perawatan khusus.

Nah! Beberapa wanita modern rata-rata menggunakan cara ini untuk memutihkan kulit mereka. Bagi kamu yang ingin mencoba apa saja cara-cara yang sering dilakukan untuk memutihkan kulit, berikut beberapa pilihan yang bisa dicoba:

  1. Skin bleaching

Skin bleaching merupakan cara memutihkan badan dengan menggunakan krim khusus. Krim ini digunakan untuk mengurangi bagian-bagian kulit putih yang memiliki warna yang berbeda.

Krim ini rata-rata sudah bisa didapatkan di beberapa tempat toko kecantikkan atau perawatan wanita, tanpa menggunakan resep dokter. Meskipun bisa didapatkan tanpa menggunakan resep dokter, ada baiknya kamu tetap berkonsultasi dengan konsultasi dokter tentang penggunaan teknik skin bleaching ini terlebih dahulu.

  1. Laser surgery

Teknik berikutnya cukup berbeda dari sebelumnya. Kali ini dengan menggunakan teknologi laser, sel-sel mati yang dapat menghambat perbaikan kulit bisa diatasi pada bagian permukaan kulit.

Namun, cara ini memiliki efek samping yang bisa saja membuat kamu tidak nyaman. Karena akan menimbulkan efek samping seperti munculnya warna kemerahan, kulit yang bengkak hingga terlihat memar pada kulit.

  1. Chemical peeling

Selain menggunakan cara laser surgery untuk mematikan sel-sel mati pada kulit, trik Chemical Peeling juga menjadi bagian dari cara memutihkan kulit badan.

Menggunakan asam seperti alpha hydroxy acids, trichloroacetic acid, atau phenol nantinya akan membuat lapisan luar kulit sengaja dilepaskan dan diganti dengan cara memunculkan kulit baru dengan tekstur dan warna yang lebih baru.

  1. Micro-dermabrasion

Pilihan berikutnya adalah dengan menggunakan Micro-dermabrasion yang tidak jauh berbeda dengan Chemical Peeling, yaitu mengikis lapisan luar kulit dan menggantinya dengan kulit baru yang lebih baik dari kulit sebelumnya.

Jika Chemical peeling menggunakan zat asam, maka dengan menggunakan Micro-dermabrasion dilakukan dengan menyemprotkan kristal kecil pada kulit. Setelah disemprot dengan kristal maka warna kulit akan mengalami perubahan dengan menjadi merah muda.

Namun, jangan khawatir, waktu penyembuhan sehingga membuat kulit menjadi putih dan tampak baru bisa didapatkan dalam waktu 1 X 24 Jam setelah Micro-dermabrasion.

Semua cara memutihkan kulit badan ini tentunya membutuhkan biaya yang sangat banyak. Bahkan angkanya bisa mencapai puluhan juta rupiah, karena setelah diproses menggunakan berbagai cara akan tetap membutuhkan perawatan lanjutan.

Biaya yang besar tentunya akan membuat pengeluaran kamu bertambah. Oleh karena itu disarankan untuk bijak memilih perawatan kulit yang akan kamu lakukan agar tidak mengeluarkan uang yang sepadan dengan hasilnya.

Perawatan Alami Agar Kulit Badan  Menjadi Putih

Jika kamu tidak ingin mengeluarkan uang yang terlalu banyak untuk membuat kulit menjadi putih atau sehat, sebenarnya banyak cara-cara yang lebih alami atau natural yang bisa dilakukan. Apa saja ya pilihan dan cara untuk memutihkan kulit secara alami?

  1. Mengonsumsi air putih

sehat dengan terapi air putih _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Konsumsi air putih yang tepat sekitar 20 kali dalam waktu satu hari memiliki banyak keuntungan. Tidak hanya membantu kamu terhindar dari dehidrasi, namun minum air putih juga dapat membantu kulit menjadi lebih sehat dan terjaga putihnya.

Melalui air putih, sirkulasi darah serta metabolisme tubuh akan terjaga seimbang dan membuat kulit terhindar dari kusam.

  1. Menghindari makanan yang tidak sehat

makanan buka puasa

Sah-sah saja mengonsumsi siap saji atau makanan yang tidak sehat. Namun, jangan mengonsumsinya terlalu berlebihan atau rutin setiap hari. Sebagai contoh, makanan dengan kandungan minyak, lemak, gula yang berlebihan akan membuat kulit bisa menjadi rusak.

Hal ini karena metabolisme tercampur dengan zat-zat yang tidak baik bagi kulit itu sendiri. Oleh karena itu, menyeimbangkan pola makan dengan banyak mengonsumsi buah-buahan serta sayur-sayuran untuk menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tetap cantik.

Jika pola seperti ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bahkan dapat menciptakan kulit yang awalnya kusam menjadi putih. Nutrisi yang terjaga akan membuat sirkulasi darah mengalir dengan lancar.

Selain itu, hindari juga konsumsi rokok, kafein hingga alkohol yang berlebihan jika ingin membuat kulit tubuh kamu tetap sehat.

  1. Rutin berolahraga

olahraga murah_asuransi kesehatan- CekAja.com

Olahraga yang rutin seperti renang, lari atau aerobik secara tidak langsung akan membantu kesehatan kulit kamu. Keringat yang keluar dari pori-pori kulit saat olahraga akan ikut mendorong kotoran serta lemak yang terperangkap di dalam tubuh keluar secara perlahan.

Selain itu, olahraga akan membuat jantung bekerja lebih sehat dan mampu memompa sirkulasi darah menjadi lebih baik. Efeknya, oksigen pun akan bekerja dengan optimal sehingga kulit semakin bersih dan putih.

Olahraga membuat jantung sehat, sirkulasi darah jadi semakin lancar. Efeknya, suplai nutrisi dan oksigen pada kulit jadi terpenuhi. Bila kebutuhan oksigen dan nutrisi terpenuhi, kulit semakin bersih dan cerah bersinar.

  1. Siapkan pola hidup yang tepat

Pola hidup yang tepat tidak hanya tentang aktifitas fisik saja. Namun tidur yang cukup, mengurangi kadar stres juga akan berpengaruh pada struktur tubuh yang sehat termasuk pada kulit kamu.

Stres yang berlebihan misalnya dapat memicu tumbuhnya jerawat hingga kulit sensitif. Jika ini terjadi maka kesehatan kulit kamu mulai terganggu dan usaha untuk memutihkan kulit bisa menjadi terancam gagal.

Oleh karena itu, pastikan kamu tidak mengalami stres yang berlebihan ketika menjalani aktifitas sehari-hari.

Selain itu, pola tidur yang tepat juga akan memicu kulit kamu untuk sehat dan membantunya menjadi lebih putih. Jika kamu kurang tidur, maka proses regenerasi pada kulit akan terganggu, sehingga kulit terlihat kusam dan tidak lagi segar.

Jadi, hindari begadang terlalu sering, dan gunakan waktu kamu untuk istirahat yang cukup dengan tidur 5 hingga 6 jam dalam satu hari.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami