Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

4 Cara Menghilangkan Bau Rokok dari Kabin Mobil Bekas

by Anes Saputra on 9 Maret, 2020

Membeli mobil bekas dengan kondisi baik dan nyaman dikemudikan memang gampang-gampang susah. Terkadang sudah cocok dengan kondisi body dan interior mobil yang terawat bin kinclong, namun ternyata mesin atau kaki-kakinya bermasalah.

Atau saat semuanya sudah dicek tampak oke atas bawah luar dan dalam, namun dari dalam kabin mobil tersebut tercium aroma rokok yang menyengat. Mungkin saja, pemilik sebelumnya adalah perokok berat yang tidak bisa mengendarai mobil tanpa menghisap rokok.

Kalau sudah begini, kamu tentu tidak ingin menebus mobil tersebut agar bau rokok dalam mobil tidak terpapar ke anak-anak yang masih kecil. Namun, jangan urungkan dulu niat tersebut karena perkara menghilangkan bau rokok dari kabin mobil bekas, bisa dengan mudah dilakukan tanpa harus membawa mobil tersebut ke salon.

Berikut 4 cara mudah menghilangkan bau rokok dari kabin mobil bekas yang bisa kamu terapkan:

  1. Semprotkan pengharum ruangan berbahan enzim

Menyemprotkan pengharum ruangan biasa untuk menghilangkan bau rokok di kabin mobil sifatnya hanya sementara. Karena setelah pengharum ruangan tersebut menguap, bau rokok akan kembali lagi menyengat.

(Baca juga: 5 Cara Membersihkan Jok Mobil yang Berjamur di Musim Hujan)

Kamu bisa mencari pengharum ruangan atau penghilang bau berbahan enzim yang sangat manjur menghilangkan bau tak sedap. Memang sih, harganya cukup mahal. Tetapi sangat efektif menghilangkan bau asap rokok di mobil.

  1. Lap semua permukaan kabin mobil dengan all purpose cleaner

Asap rokok biasanya menempel di jok, karpet, dashboard sampai langit-langit mobil kamu. Tidak heran sulit untuk menghilangkannya jika hanya mengandalkan pengharum ruangan biasa.

Kamu bisa menghilangkan bau rokok tersebut dengan mengelap seluruh permukaan di dalam kabin mobil dengan all purpose cleaner. Jangan lupa gunakan kain microfiber yang akan membantu mengangkat partikel asap rokok yang menempel.

Sebelumnya, bersihkan semua sampah dan kotoran-kotoran kecil lainnya di jok dan karpet mobil dengan vacuum cleaner.

  1. Buka semua pintu mobil sambil nyalakan pendingin udara

Partikel asap rokok seringkali juga mengendap di sirkulasi udara mobil kesayangan. Untuk menghilangkannya, parkirkan mobil di tempat terbuka dan buka semua pintunya. Setelah itu nyalakan mesin dan pendingin udara selama minimal 15 menit. Niscaya bau rokok akan keluar dari dalam kabin dengan dorongan pendingin udara.

  1. Gunakan pewangi dari bahan alami

Setelah melakukan ketiga hal tersebut di atas, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami sebagai pewangi mobil. Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa kamu pilih:

  • Bubuk kopi, vanilla atau kayu manis

Tempatkan bubuk kopi, vanilla, atau kayu manis dalam wadah kecil yang terbuka bagian atasnya di bagian depan, tengah dan belakang mobil. Wangi ketiga bahan alami tersebut bisa menghilangkan bau rokok di dalam kabin mobil.

(Baca juga: 5 Tips Mengganti Aki Mobil yang Benar, Gak Perlu Bawa ke Bengkel!)
  • Kulit jeruk

Kalau jeruk adalah buah favorit keluarga, jangan buang kulitnya setelah kamu makan. Kulit jeruk yang berbau segar menyengat ini sangat efektif menggantikan bau asap rokok. Kamu cukup menyebar beberapa lembar kulit jeruk di dalam kabin mobil dan biarkan sampai mengering. Mudah bukan?

  • Cuka dan baking soda

Sama seperti kulit jeruk, dengan menuangkan sedikit cuka ke wadah dan membiarkannya di dalam mobil selama 3 jam maka bau rokok akan hilang. Kalau tidak suka bau cuka yang menyengat, kamu juga bisa menggunakan baking soda. Caranya sama, tempatkan di wadah terbuka dan biarkan di dalam mobil dengan kondisi kaca jendela terbuka selama 3 jam. Maka bau mobil akan kembali normal.

Itu tadi 4 cara menghilangkan bau rokok dalam kabin mobil yang bisa kamu lakukan. Setelah itu, jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan mobil usai dipakai bepergian ya.

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke