Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

4 Cara Pilih Asuransi Kesehatan Sesuai Bujet

by JTO on 6 Desember, 2014

Sedang pilih-pilih asuransi kesehatan tapi bingung mau pilih yang mana? Catat 4 hal di bawah ini, maka perlindungan yang Anda dapatkan bisa maksimal dan sesuai bujet yang Anda miliki.

Semua orang pasti ingin selalu hidup sehat. Termasuk mungkin Anda. Tapi, sudah menjadi kodratnya bahwa risiko kesehatan tidaklah bisa diprediksi. Solusinya adalah Anda memiliki perlindungan kesehatan yang lengkap.

Selanjutnya, Anda butuh pertimbangan dan perbandingan saat ingin mendaftar asuransi kesehatan sebagai perlindungan Anda dan keluarga. Khususnya yang bisa di sesuaikan dengan uang atau bujet yang dimiliki. Tentu Anda ingin mendapatkan asuransi kesehatan premi murah, tapi bukan artinya Anda mendapatkan produk yang “murahan”. (Baca juga: Sakit Dulu, Asuransi Dulu: 2 Alasan Anda Masih Malas Ikut Asuransi Kesehatan)

Cek Rawat Inap

Anda boleh cek sendiri, lebih mahal mana biaya untuk rawat inap dibandingkan rawat jalan? Saat memilih asuransi, akan ada pilihan fasilitas pertanggungan fasilitas pertanggungan untuk rawat inap serta rawat jalan. Lebih baik memang memilih yang memiliki keduanya. Namun, jika pertimbangannya adalah premi yang harus dibayarkan, maka kita perlu memberi proritas pada pertanggungan rawat inap.

Sudah tentu adalah biaya rawat inap. Karena banyak biaya yang akan dibebankan untuk hal ini, misalnya biaya kamar, makan, obat-obatan, serta konsultasi dokter.

Apalagi, saat menjalani perawatan di rumah sakit, pastinya Anda menginginkan kenyamanan yang lebih baik. Otomatis kamar yang dipilih pun harus merupakan kamar dengan kelas lumayan. Alasannya Anda akan lebih nyaman untuk menggunakan kamar eksklusif dengan kapasitas 1 orang dibanding kamar dengan fasilitas 5 orang. (Baca juga: Sudah Ikut Asuransi Swasta, Apa Harus Daftar BPJS)

Saat ingin memilih asuransi kesehatan, disinilah pentingnya Anda untuk membandingkan dan memilih asuransi kesehatan yang memiliki pertanggungan rawat inap yang cukup. Memang, saat sedang sakit pastinya Anda tidak ingin sampai di rawat. Dengan memiliki perlindungan untuk biaya yang mungkin Anda keluarkan jika terkena risiko tersebut, maka Anda akan lebih tenang.

Murni atau Paket

Beberapa asuransi kesehatan biasanya menawarkan sistem paket dengan asuransi lain seperti asuransi jiwa atau bahkan investasi seperti asuransi unit-link. Dengan sistem ini, biasanya premi yang dibayarkan akan lebih tinggi karena harus dibagi dengan pertanggungan atau fitur lain.

Karena itu, cobalah untuk memilih asuransi kesehatan murni. Maksudnya, premi asuransi yang nantinya dibayarkan benar-benar digunakan untuk pertanggungan biaya kesehatan. Dengan begitu, biaya yang harus Anda keluarkan pun tidak begitu besar.

Cashless dengan Pilihan Rumah Sakit Lengkap

Saat menjalani perawatan di rumah sakit, Anda harus membayar uang tunai dahulu untuk setiap tindakan yang Anda jalani. Setelah itu, barulah Anda melakukan klaim kepada perusahaan asuransi yang Anda miliki untuk mendapatkan penggantian. Cukup repot bukan? Ya, itulah sistem reimburse.

Untuk itulah, bila Anda mencari kemudahan dalam asuransi kesehatan yang ingin Anda daftar, maka cobalah untuk mencari asuransi dengan sistem cashless. Sistem cashless sendiri merujuk pada cara pembayaran tanpa mengeluarkan uang tunai sama sekali.Jadi, Anda tidak perlu menalangi dahulu biaya rumah sakit ketika terjadi perawatan. Bahkan, tidak perlu menyetor deposit untuk melakukan rawat inap.

Pada sistem ini Anda hanya perlu membawa kartu khusus yang dikeluarkan oleh pihak asuransi. Anda tidak perlu mengingat nomor telepon untuk klaim ke pihak asuransi dan membawa uang tunai dalam jumlah banyak untuk membayar uang muka perawatan. Anda butuh menggesek kartu di rumah sakit yang bekerja sama kemudian semua biaya perawatan pun ditanggung.

Tidak hanya kemudahan sistem pembayaran saja yang Anda wajib dapatkan. Pilihlah asuransi kesehatan yang memiliki jumlah jaringan rumah sakit banyak dan bisa menerima sistem cashless yang dimiliki oleh penyedia asuransi yang ingin Anda daftar. Dengan begitu, kemudahan yang Anda dapatkan akan semakin lengkap.

Pilih Premi yang Tepat

Semua orang tentu ingin asuransi kesehatan premi murah, namun pertanggungan lengkap. Asuransi dengan jaminan fasilitas ruang rawat inap VIP, sudah tentu beda dengan asuransi dengan jaminan ruang rawat inap kelas 3. Asuransi yang memiliki pertanggungan semua penyakit kritis, juga beda dengan yang memiliki beberapa pertanggungan untuk beberapa penyakit. Semuanya tergantung dengan premi yang Anda bayarkan. Semakin lengkap pertanggungan yang diberikan, maka semakin tinggi premi yang akan Anda bayarkan. (Baca juga: Anda Wanita? Pastikan 3 Risiko Ini Masuk dalam Perlindungan Asuransi Kesehatan Anda)

Asuransi Kesehatan


Jadi, mana yang harus kita ambil? Hal terbaik adalah memilih asuransi terbaik dengan premi tepat. Jika karena ingin mengejar premi murah namun pertanggungan saat terjadi risiko yang Anda terima adalah minimal tentu tidak akan membantu. Alih-alih ingin premi murah, namun karena risiko yang terjadi harus ditangani diluar pertanggungan asuransi yang Anda miliki, Anda pun harus mengeluarkan biaya lagi.

Disinilah gunanya sebelum mendaftar Anda membandingkan asuransi yang memang dibutuhkan. Banyak cara mudah membandingkan asuransi kesehatan online yang saat ini sudah tersedia. Mulai dari layanan yang bisa Anda terima, premi yang harus dibayarkan, hingga keuntungan-keuntungan tambahan lainnya yang didapatkan, bisa Anda ketahui hanya dengan satu kali klik.

Langsung bandingkan asuransi kesehatan Anda dengan premi tepat. Silahkan menuju halaman asuransi BPJS untuk apply online melalui CekAja.com

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami