Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

4 Cara Sisihkan Gaji untuk Ditabung

by JTO on 29 August, 2014

tips hemat menabung - CekAja.com

Gaji yang tidak cukup, banyak cicilan, pengeluaran yang besar, seringkali membuat Anda tidak terpikir untuk menabung, dan justru mengajukan pinjaman. Bagaimana cara mengaturnya?

Orang tua selalu memberi pesan untuk menyisihkan uang untuk ditabung. Menabung adalah kebiasaan dari orang zaman dahulu untuk mengumpulkan duit. Uang yang terkumpul biasanya digunakan untuk membeli rumah atau barang dengan harga yang cukup mahal.

Tetapi pada zaman sekarang, banyak orang yang memiliki alasan untuk tidak menabung seperti gaji yang tidak cukup, banyak cicilan, pengeluaran yang besar. Oleh karena itu,berikut adalah tips untuk menabung agar Anda tetap bisa menabung dengan berbagai tantangan yang dihadapi.

  1. Tentukan komitmen dan tujuan dalam menabung

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mulai menabung adalah menentukan tujuan dari tabungan ini. Misalnya Anda bisa menentukan tujuan tabungan ini adalah untuk menjadi modal usaha, modal nikah atau modal untuk membeli rumah. Anda bisa menentukan tujuan sendiri sesuai dengan keinginan Anda masing – masing.

Tujuan ini sangat penting untuk mengingatkan Anda tujuan awal yang sudah ditetapkan agar Anda lebih tahan terhadap berbagai godaan seperti cicilan dan tambahan pengeluaran. Setelah menentukan tujuan, Anda perlu berkomitmen unuk menabung setiap tanggal berapa setiap bulannya. Komitmen ini menjadi dasar agar tabungan Anda akan semakin meningkat. (Baca: Gaji Selalu Habis Sebelum Akhir Bulan, Pakai Trik Menabung Ini)

  1. Tetapkan jumlah dalam menabung

Tentukan dari awal berapa besar tabungan Anda setiap bulannya. Untuk menentukan besarnya tabungan, Anda perlu untuk menghitung biaya pengeluaran Anda terlebih dahulu. Apabila ada bagian yang masih bisa dihemat maka Anda bisa memotong biaya pengeluaran untuk digunakan menabung.

Anda bisa perlahan – lahan menaikkan besaran tabungan secara rutin setiap bulannya. Misalnya bulan pertama Anda menabung Rp 50 ribu kemudian bulan selanjutnya Rp 75 ribu dan begitu seterusnya. Para ahli menyarankan tabungan setiap bulannya sebesar 10 persen dari pendapatan per bulan. (Baca juga: Untung Rugi Menabung di Bank)

  1. Pisahkan rekening yang digunakan untuk belanja

Anda perlu membuka rekening baru yang terpisah dari rekening pengeluaran sehari – hari Anda. Tujuannya agar tabungan ini bisa terpisah dan tidak tercampur dengan pengeluaran sehari – hari sehingga meminimalkan resiko uang tersebut terpakai. Pilihlah tabungan dengan biaya administrasi yang rendah. Simpan kartu ATM Anda di rumah agar Anda tidak dengan mudah mengeluarkan uang dari tabungan tetap Anda.

  1. Coba disiplin dalam pengeluaran

Hal terpenting dalam keuangan adalah kedisplinan dalam diri. Disiplin menjadi kunci penting Anda untuk terus menabung dan selalu ingatlah tujuan dan komitmen yang Anda buat di awal untuk menahan dari berbagai godaan untuk menghabiskan tabungan. (Baca juga: Berapa Gaji Anda? Ini Rasio Kredit yang Bisa Diajukan)

Menabung sama seperti berolahraga apabila Anda disiplin dan rutin melakukannya maka Anda akan segera mendapatkan manfaatnya. Apabila tabungan Anda semakin membesar nilainya, Anda akan semakin bersemangat untuk terus menambah tabungan Anda. Anda akan berusaha menghemat pengeluaran-pengeluaran tidak penting untuk terus menambah tabungan agar tujuan Anda bisa segera terwujud.

Mau pinjaman tanpa jaminan, bandingkan KTA atau Kredit Tanpa Agunan Bunga Rendah hanya di CekAja.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami