Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

4 Hal Soal Keuangan Ini Bisa Bikin Repot Jika Tak Diperhatikan Selagi Muda

by Miftahul Khoer on 24 Oktober, 2018

Masa muda identik dengan hidup penuh hura-hura, foya-foya hingga melakukan pemborosan lain. Meski tidak semuanya melakukan hal tersebut, namun tak bisa dibantah bawah banyak kalangan muda yang belum bisa mengelola keuangan dengan baik. Nah, empat hal soal keuangan ini bisa bikin repot jika tak diperhatikan selagi muda.

bangkrut - CekAja.com

Nah, dari pada menyesal di hari tua, sebaiknya mulai dari sekarang Anda selagi muda harus memperhatikan beberapa masalah keuangan yang bermanfaat untuk masa kini dan masa mendatang. Empat hal penting ini wajib dilakukan agar masa muda Anda dan Tua dijalani tanpa beban. Yuk cek!

Siapkan dana pensiun

Bagi para pegawai negeri sipil alias PNS mungkin bisa bernafas lega karena sudah ada jaminan pensiun dari pemerintah. Namun bagi pegawai swasta sebisa mungkin harus pintar-pintar menyiapkan dana pensiun selagi muda.

Memang saat ini sudah ada program pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan layanan jaminan hari tua. Namun, masih banyak pegawai atau pekerja nonformal lain yang tidak mendapat fasilitas tersebut.

Oleh karena itu dana pensiun harus disiapkan mulai dari sekarang. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan berinvestasi. Kenapa investasi menjadi pilihan tepat bagi seseorang untuk menyiapkan dana pensiun?

(Baca juga: Kiat-kiat Investasi Reksa Dana untuk Pemula)

Investasi ini sifatnya bisa dilakukan secara jangka panjang. Taruhlah Anda berencana menyiapkan dana pensiun Anda yang bisa dimanfaatkan untuk 20 tahun lagi. Investasi yang Anda pilih adalah saham.

Nah, tren investasi saham ini harganya cenderung terus naik. Sebagai contoh harga saham emiten ABCD tahun 2018 seharga Rp1.000 per lembar. Kemudian Anda konsisten untuk investasi selama 20 tahun pada saham tersebut.

Pada tahun 2038 ketika Anda sudah beranjak tua, harga saham tersebut naik menjadi Rp10.000 per lembar. Jika Anda konsisten setiap bulan menyisihkan untuk beli saham ABCD tersebut, hitung saja kentungan yang didapat selama 20 tahun berapa.

Bayar tagihan tepat waktu

Anak muda yang memiliki penghasilan bulanan tentu banyak yang memiliki cicilan untuk rumah, kendaraan, barang elektronik atau kartu kredit. Agar tidak terjadi permasalahan dengan pihak kreditur, sebaiknya Anda jangan pernah telat membayar tagihan.

Telat bayar tagihan satu hingga tiga bulan mungkin masih bisa ditolelir, asalkan memang berniat untuk dibayar. Yang jadi permasalahan adalah sering telat bayar tagihan atau bahkan menunggak dan tidak bisa membayar sehingga menyebabkan Anda berurusan dengan pihak kreditur atau bahkan debt collector.

Ingat, masa muda Anda masih panjang. Jangan sampai Anda terkena blacklist oleh bank atau lembaga keuangan lainnya karena punya riwayat buruk gara-gara soal tagihan.

(Baca juga: Kiat Atur Keuangan dengan Gaji Rp5 Juta)
Catatan kredit bagus

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan agar bisa terhindar dari blacklist bank. Pertama, jangan pernah berutang melebihi kemampuan. Sederhananya, jika penghasilan Anda per bulan mencapai Rp10 juta, jangan pernah memiliki tagihan di atas Rp3 juta.

Idealnya, utang memang harus di bawah 30 persen dari penghasilan Anda tiap bulannya. Dengan demikian, jika tagihan melibihi angka 30 persen maka dikhawatirkan Anda akan bermasalah dengan utang Anda.

Kedua, jika Anda sebagai pengguna kartu kredit, sebaiknya Anda bijak menggunakan kartu sakti tersebut. Jangan mentang-mentang punya pegangan kartu kredit, Anda merasa bebas belanja dan konsumtif secara belebihan.

Pikir matang sebelum berutang

Anda masih muda dan merasa mampu untuk beli ini dan itu dengan cara kredit? Boleh-boleh saja selama Anda mampu mengukur tagihannya.

Namun, setiap rencana kredit yang akan Anda lakukan harus dipertimbangkan secara matang. Jangan mentang-mentang Anda masih muda, belum berumah tangga, atau sudah menikah tapi belum punya banyak tanggungan lantas bisa seenaknya ngutang.

Berutang bukanlah perkara seseorang mampu atau tidak membayar tagihan, tetapi harus dipertimbangkan manfaat dan kegunaan objek apa yang dijadikan sebagai utang.

Baiknya, Anda boleh berutang untuk kebutuhan-kebutuhan primer seperti salah satunya rumah. Bukan hanya bermanfaat, membeli rumah dengan cara kredit juga sama dengan berinvestasi untuk masa depan.

Nah, itulah beberapa hal yang harus menjadi perhatian selagi Anda masih muda. Dengan memperhatikan empat hal di atas, dijamin deh masa depan Anda tidak akan suram.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami