Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

4 Hal yang Disembunyikan Sales Mobil dari Pembeli

by Ariesta on 8 March, 2017

kredit mobil _ CekAja.com

Daya beli masyarakat kelas menengah ke atas salah satunya bisa terlihat dari meningkatnya penjualan kendaraan roda empat dari tahun ke tahun.

Walaupun tipis, penjualan kendaraan roda empat di Indonesia mengalami peningkatan pada 2016. Sepanjang tahun tersebut, angka penjualan wholesale (dari pabrik ke dealer) mencapai 1.061.015 unit, naik 4,7 persen dari 1.013.291 unit pada 2015.

Membeli mobil pertama menjadi momen penuh pertimbangan bagi banyak orang. Sebelum melangkahkan kaki ke dealer terdekat, ketahui dulu empat hal yang suka disembunyikan sales mobil dari pembeli berikut ini.

Makin kecil cicilan, sebenarnya semakin besar yang dibayarkan

Cara terbaik membeli kendaraan adalah membayarnya secara tunai. Tapi tidak semua orang mampu melakukannya. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan sales untuk menawarkan skema cicilan: cicilan per bulan ringan.

Semakin panjang tenor yang diambil (katakanlah lima tahun), semakin besar sebenarnya jumlah total yang dibayarkan. Dan ini bukan hanya karena bunga, melainkan juga setelah lima tahun nilai mobil tersebut mengalami depresiasi.

Tidak perlu menerima tawaran perlindungan yang tidak perlu

Saat membeli mobil, kamu juga mungkin akan ditawarkan perlindungan seperti rustproofing dan paint protection. Tawaran ini menjadi menarik karena siapa sih yang ingin mobil barunya mengalami kejadian tidak mengenakkan? Namun tawaran perlindungan ini tidak harus semua diambil.

Pengertian rustproofing (anti karat) adalah menambahkan lapisan anti karat untuk mencegah korosi pada mobil. Sedangkan paint protection (perlindungan cat) bertujuan agar cat mobil lebih awet dan tidak mudah terkelupas. Kecuali kamu tinggal di daerah pantai dan mobil sering terkena percikan air laut, kedua fitur yang tadi disebutkan tidak terlalu diperlukan.

Kuncinya adalah telaten merawat mobil. Yakni dengan cara mencucinya dengan shampoo khusus mobil, melakukan wax kalau mobil sering terkena sinar matahari menyengat, menggunakan microfiber untuk membersihkan debu, dan menghindari jalan di mana aspalnya belum kering benar.

Bisa negosiasi

Jangan terima bulat-bulat harga yang disodorkan dealer. Pada kenyataannya kamu bisa melakukan negosiasi dan mendapatkan mobil harga murah.

Ya, negosiasi mungkin dilakukan tergantung waktu membeli mobil (misalnya akhir bulan di mana dealer sedang mengejar target penjualan) dan kemampuan negosiasi itu sendiri. Seorang sales mungkin saja rela menurunkannya komisinya asalnya bisa mencapai target penjualan.

Diskon bisa datang dari segala bentuk

Jika sales tidak bisa menawarkan harga kamu inginkan, minta mereka untuk memberikan keuntungan dalam bentuk lain. Misalnya berupa aksesoris atau perpanjangan garansi.

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami