Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

4 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Banjir Tahunan Menerjang

by Rafly Aditia on 13 Januari, 2016

Saat ini kita telah memasuki minggu kedua bulan Januari 2016. Hal ini pertanda bahwa hujan dengan intensitas yang tinggi akan segera mengguyur seluruh wilayah Indonesia.

Masalahnya, pada saat puncak musim hujan di bulan Februari,  beberapa kota besar akan dilanda banjir. Untuk itu, kamu harus mempersiapkan diri dan melakukan beberapa hal berikut agar tidak mengalami kerugian finansial saat banjir menerjang. Berikut 4 hal yang harus kamu lakukan saat banjir tahunan menerjang:

 

Parkir mobil kamu di dataran tinggi

Bagi kamu yang tinggal di wilayah berlangganan banjir dan memiliki mobil pribadi, salah satu hal wajib yang kamu lakukan ketika siklus banjir tahunan menerjang adalah memindahkan mobil kamu ke dataran tinggi.

Cari tempat yang lebih tinggi dibandingkan volume air banjir yang biasa menerjang wilayah rumahmu. Mungkin kamu bisa memarkir mobil di lapangan atau di tanjakan dekat rumah. Tenang saja, biasanya apabila sedang terjadi banjir akan banyak orang yang melakukan hal ini sehingga pihak keamanan setempat juga akan membantu untuk melakukan penjagaan agar aman dari banjir dan juga hal-hal lain yang tidak diinginkan.

(Baca juga: Rumah Kamu Jadi Langganan Banjir? Catat 4 Tips Berikut)

 

 

Pastikan mobil kamu sudah terdaftar asuransi

Bukan hanya memarkir mobil di dataran tinggi, ketika siklus banjir tahunan mengancam wilayah perumahan kamu, sebaiknya pastikan mobil kesayangan sudah terdaftar dalam layanan asuransi kendaraan.

Mengapa demikian? Asuransi kendaraan sangat berguna apabila mobil kamu mengalami kerusakan. Apalagi saat banjir yang membuat risiko kerusakan makin besar. Jangan sampai keluar uang hingga simpanan ludes hanya karena mobil rusak dan kamu tidak memiliki asuransi kendaraan.

 

 

Amankan surat-surat berharga

Apabila rumah kamu berada di daerah rawan banjir sebaiknya amankan surat-surat berharga seperti kartu keluarga, sertifikat rumah, ijazah, dan surat-surat berharga lainnya. Apalagi jika banjir tahunan biasa menenggelamkan sebagian rumahmu. Kehilangan surat berharga sama artinya dengan mengeluarkan uang dan menghabiskan waktu yang tidak singkat.

(Baca juga: 5 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Musim Hujan, Pastikan Asuransi Kesehatanmu menanggungnya)

 

Sediakan kotak P3K

Kalau yang satu ini adalah hal yang sangat wajib, apalagi, kalau wilayah rumah kamu merupakan wilayah yang merupakan langganan banjir dengan tingkatan serius. Ingat, pada saat banjir menerjang akan ada berbagai macam penyakit yang mengancam, mulai dari diare, muntaber, hingga demam berdarah yang mengancam kamu dan keluarga.

Untuk itu, jangan pernah melupakan ketersediaan kotak P3K demi mengantisipasi segala risiko penyakit. Jangan juga lupa daftarkan diri kamu dalam layanan jasa asuransi kesehatan. Ingat biaya layanan kesehatan saat ini sangat mahal.

 

 

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami