Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

4 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Cari Modal Usaha

by Satrya Agung on 12 Oktober, 2016

Hampir semua orang mempunyai keinginan untuk menjadi seorang pengusaha. Walau sebagaian besar memilih jalur aman dengan predikat karyawan yang disandangnya.

Bisa dibilang ada 2 tipe manusia, yang pertama adalah orang yang memilih jadi karyawan saja, dan kedua adalah yang mempunyai mimpi untuk jadi pelaku bisnis. Tipe kedua ini didasari ketidak tertarikan untuk bekerja dalam sistem yang dibuat orang lain namun terpaksa menjadi karyawan karena tidak ada cara lain untuk bertahan hidup.

Cari Modal Usaha

Tapi dalam tipe kedua ini ada yang membedakan satu dengan yang lain, ada yang memutuskan keluar dari sistem dan menjadi pengusaha, dan yang hanya tetap bertahan sebagai karyawan dengan alasan tidak tahu cara cari modal usaha.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Besar kecilnya sebuah modal tergantung dengan jenis usaha yang dipilih dan cara mengoperasikannya. Ada yang membutuhkan modal besar karena butuh sewa tempat, bayar gaji karyawan, dan penyediaan alat-alat, ada juga yang bermodal kecil dan terbukti bisa menghasilkan karena pintar memanfaatkan segala sesuatu.

Misalnya cari modal usaha tanpa jaminan, cara mendapatkan modal usaha dari kementerian koperasi dan ukm, cari modal usaha tanpa bunga. Sebagai contoh, tidak butuh tempat karena penjualan bermedia online, dan tak butuh karyawan sebab segala sesuatu bisa dikerjakan sendiri. Dengan kata istilah Bos iya, karyawan juga.

Apa pun itu pasti didasari strategi masing-masing pebisnis. Dan untuk cari modal usaha pun harusnya bukan masalah lagi. Sudah banyak sumber yang menyediakan modal bagi yang membutuhkan. Yang paling cepat adalah mengajukan pinjaman bagi pengusaha UKM pada instansi keuangan. Atau mengandalkan Kredit Tanpa Agunan.

Pemerintah pun sangat memperhatikan perkembangan para pengusaha kecil ini. Sebab dengan didukungnya permodalan mereka diharapkan akan memberi kontribusi yang lebih pada masyarakat. Tak bisa dipungkiri, dengan maraknya pertumbuhan usaha kecil maka akan membuka peluang kerja yang lebih banyak. Banyak cara cari modal usaha, cari modal usaha gratis, cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah.

Peluang Bisnis di Indonesia

Di sisi lain, jumlah pengusaha di Indonesia masih terbilang sangat kecil, yakni hanya 1,65 persen! Angka ini jauh sekali jika dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia yang mempunyai 5%, Thailand 4%, dan Singapura yang 7%. Untuk itu pemerintah telah menetapkan target bahwa jumlah pengusaha di negeri kita bisa naik ke angka 2% di tahun 2016 ini. Akhirnya banyak orang mencari modal usaha dalam islam, rumus mencari modal, pemberi modal usaha tanpa jaminan. Maka dengan demikian, penggelontoran dana untuk memodali pengusaha pun dilakukan.

Cara Terbaik Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

Jika kamu ingin mendapatkan pinjaman tersebut, ada 4 hal yang wajib diperhatikan.

  • Wirausaha yang baik akan menghitung jumlah tagihan kredit yang ditimbulkan serta kemampuannya dalam membayarnya. Jangan sampai pinjaman yang terlalu besar berdampak tidak sehatnya flow Perhitungkan dengan teliti apakah kamu masih mampu membayar tagihan hutang dengan lancar.
  • Perhatikan resiko apa saja yang bisa timbul. Tidak ada usaha yang dibangun akan tumbuh besar tanpa kendala. Apalagi bisnis yang mengandalkan pinjaman modal. Meski demikian seorang pengusaha akan memperhitungkan tiap kemungkinan resiko yang ada dan langkah yang diambil untuk mengatasinya.

kredit-dengan-agunan-cekaja

  • Bandingkan bank A dengan bank lain yang menyediakan program pinjaman modal yang serupa. Dengan perbandingan ini kamu akan bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak serta akan mendukung dalam pengambilan keputusan. Untuk poin yang ini kamu tidak perlu repot datang ke tiap bank, cukup mengajukan CekAja.com maka dengan sesaat kamu akan mendapatkan perbandingan dari semua bank. Dan setelah memilih bank mana yang kamu rasa cocok, maka selanjutnya tim CekAja.com lah yang akan meneruskannya pada bank. Jadi kamu gak perlu repot dan capek lagi.
  • Lengkapi dokumen yang dibutuhkan. Jangan sampai kamu bolak-balik dalam menyertakan semua dokumen yang diminta bank. Karena efeknya adalah waktu yang dibutuhkan dalam proses penyetujuan pinjaman jadi semakin lama.

Setelah mempertimbangkan 4 hal di atas, maka selanjutnya kamu bisa mulai cari modal usaha untuk mewujudkan impianmu. Pilihan ada di tanganmu, lebih memilih bergaji besar tapi statusnya anak buah orang, atau pengusaha yang memungkinkan kamu berpendapatan tidak terhingga?

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.