Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Hobi Ini Bisa Mendukung Karir Kamu Dalam Bekerja

by Surtan Siahaan on 23 November, 2015

Hobi adalah aktivitas mengisi waktu luang yang dapat membuat seseorang merasa senang. Tapi tidak sedikit orang berpikir bahwa hobi adalah kegiatan yang membuang waktu dan tidak menguntungkan. Namun, hobi ternyata bisa berdampak pada karir seseorang.

Orang yang memiliki hobi juga cenderung memiliki karir yang menanjak dibandingkan mereka yang tidak memiliki hobi. Namun, tidak semua hobi dapat berdampak menguntungkan terhadap karir. Berikut ini sejumlah hobi yang dapat mendukung karir kamu dalam pekerjaan:

1. Yoga

Banyak profesional meyakini bahwa berlatih yoga secara teratur dapat meningkatkan performa saat bekerja. Salah satu efek penting bagi orang yang berlatih yoga secara teratur adalah cara mereka dalam menghadapi tekanan. Bahkan, banyak pemimpin penting perusahaan besar berlatih yoga agar lebih mampu berkonsterasi saat bekerja dan mengatasi stres.

(Baca juga: Ternyata, Wanita Single Berpeluang Lebih Sukses Dalam Karir)

2. Bermain musik

Bermain alat musik ternyata melatih kesabaran dan menunjukkan karakter mau belajar dan berlatih. Pemain musik tentu tidak bisa memainkan sebuah lagu secara sempurna dalam satu kali latihan. Perlu dilakukan latihan berkali kali agar pemain alat musik mampu menguasai tehnik dan nada.

Pemain musik adalah para pendengar yang baik, gemar bereksperimen dan selalu belajar memperbaiki hal yang salah. Poin poin tersebut sangat dibutuhkan dalam bekerja.

(Baca juga: 6 Strategi Bisa Nyaman Bekerja Freelance)

3. Bahasa asing

Fakta menunjukkan orang yang menguasai bahasa lebih banyak memperoleh penghasilan lebih besar dibandingkan mereka yang tidak atau kurang menguasai bahasa, khususnya bahasa asing.

4. Komputer

Seseorang yang menguasai teknologi komputer akan mampu bekerja lebih produktif dengan waktu dan tenaga yang minim. Bahkan mempelajari komputer merupakan investasi masa depan yang memiliki prospek bagus.

(Baca juga: 5 Pekerjaan Bergaji Besar Tanpa Gelar Pendidikan)

5. Menulis

Banyak manfaat yang didapat seseorang dengan menulis. Semakin rutin menulis maka seseorang cenderung mampu menyusun ide, perasaan dan keinginan lebih terencana rapi dan teratur. Jika dilakukan secara rutin, menulis dapat menjaga produktivitas kamu tetap baik saat bekerja. Hobi menulis juga melatih pikiran untuk tetap tajam.

6. Olahraga yang melibatkan tim

Cara lain untuk meningkatkan kemampuan bekerjasama dan bekerja secara tim adalah melalui olahraga. Tapi tidak semua olahraga melainkan jenis olahraga yang melibatkan tim seperti sepak bola, basket atau voli. Mereka yang gemar berolahraga tim adalah orang yang mampu berkomunikasi dengan baik dan bekerja keras untuk mencapai hasil.

Tentang Penulis