Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

4 Ide Usaha Modal Kecil yang Wajib Dicoba

by lhmdi on 8 Desember, 2016

bisnis pensiunan - CekAja.com

Menyiapkan ide usaha atau bisnis modal kecil memang tidak mudah untuk dilakukan. Apalagi saat ini kecenderungannya masyarakat yang akan menjadi target konsumen memiliki memiliki tren, kebutuhan dan rasa ketertarikan yang berbeda-beda serta cepat mengalami sebuah perubahan.

Namun, hal ini tidak menghalangi banyak masyarakat lainnya mendirikan sebuah usaha. Tidak heran tentunya, mulai banyak bermunculan pelajar sampai dengan karyawan yang menciptakan ide bisnisnya sendiri.

Awalnya beberapa dari mereka berpikir bahwa bisnis ini dijalankan untuk mendapatkan penghasilan sampingan, namun siapa sangka, bagi yang sukses dalam menjalankan bisnisnya, pendapatan yang diperoleh pun kadang lebih besar dari uang saku atau pendapatan asli sebagai seorang karyawan.

Akan tetapi, untuk mencapai kesuksesan dalam menjalankan usaha tentunya tidak mudah. Banyak masyarakat yang terbentur dengan modal usaha awal untuk menjalankan bisnis tersebut. Anggapan bahwa sebuah usaha dijalankan dengan modal besar pun sebaiknya ditepis dari jauh-jauh hari. Karena, untuk menjalankan sebuah usaha tidak harus berdasarkan modal.

rp_CekAja-Daftar-Kartu-Kredit-belanja-online-harbolnas- CekAja.com

Namun, bagaimana menemukan sebuah ide untuk usaha dan kemudian mengembangkannya untuk bisa berinovasi dengan baik. Lalu, apa saja ide-ide usaha modal kecil yang bisa kamu pilih saat ini?

  1. Pembayaran online

Teknologi yang terus berkembang memang sangat menguntungkan. Hampir semua kegiatan transaksi keuangan bisa dilakukan secara online. Pembayaran air serta listrik pun bahkan bisa dilakukan di berbagai macam toko ritel.

Nah! Peluang ini bisa dijadikan sebagai lahan awal sebuah peluang usaha. Kamu bisa membuka sendiri layanan pembayaran secara online untuk masyarakat yang tinggal di sekitar rumah. Bahkan modal untuk memulai usaha ini pun tergolong sangat mudah. Hanya bermodalkan uang dari Rp 1.000.000 hingga Rp 5.000.000, kamu sudah bisa menjalankan usaha ini.  500 ribu sampai 1 juta saja. Anda bisa menambahkan dengan menjual pulsa pula. Ide usaha kreatif memang dibutuhkan di zaman susah seperti sekarang. Namun, karyawan lebih membutuhkan ide usaha modal kecil karena jenis usaha modal kecil sering memberikan untung besar.

  1. Menyewakan kamar kosong

Punya kamar tidak berpenghuni di rumah kamu? Jika iya, maka ini adalah ide usaha modal kecil yang bisa kamu lakukan. Dahulu, kamar kosong kerap dikaitkan dengan kos-kosan. Bahkan seseorang sampai membuat papan pengumuman atau iklan khusus untuk membuka layanan kamar kos-kosan.

Namun, sekarang menyewakan kamar kosong pun jadi lebih mudah. Berbagai startup sekarang membuka layanan kamar kosong yang bahkan bisa digunakan dalam waktu tertentu seperti harian atau mingguan. Bahkan untuk mengikuti model usaha seperti ini kamu tidak memerlukan modal yang besar.

Hal yang dibutuhkan pun hanyalah internet! Mudah kan?

  1. Berjualan di komunitas

Memulai usaha paling mudah adalah berjualan di komunitas. Komunitas yang awalnya terbentuk dari sebuah hobi dapat membuat kamu menjual sebuah barang atau jasa yang lebih spesifik. Modalnya pun tidak terlalu besar. Hanya dengan membuat survey kecil-kecilan di dalam komunitas, kamu sudah bisa menentukan sendiri berapa nilai barang atau jasa yang akan dijual.

Tidak hanya itu, berkat perkembangan teknologi pun berjualan di komunitas menjadi lebih mudah. Hanya membuat konten yang menarik dan ditawarkan melalui sebuah komunitas, maka peluang usaha ini bisa jadi sangat menguntungkan. ide usaha kreatif, ide usaha modal kecil, jenis usaha modal kecil untung besar, usaha kecil yang menjanjikan, usaha modal kecil menguntungkan

  1. Party Planner

Mengatur sebuah acara akan menjadi sebuah bisnis baru yang menguntungkan. Party planner tidak hanya disediakan bagi seseorang yang akan berulang tahun, namun juga pada acara menjelang pernikahan atau pertunangan. Biasanya anak-anak muda akan mencari-cari party planner ini untuk dijalankan.

Salah satu kunci sukses menawarkan konsep party planner adalah memahami keinginan dari konsumen. Setelah itu kamu sudah bisa meyiapkan membangun jaringan dengan jasa penunjang lain seperti katering, persiapan dekorasi serta jasa-jasa lainnya.

Bahkan, hanya dengan bekerjasama dengan layanan jasa lainnya ini saja kamu sudah bisa mendapatkan keuntungan tersendiri lho! Ini memang bukan usaha kecil yang menjanjikan atau jenis usaha modal kecil menguntungkan.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami