Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

4 Jenis Kredit yang Membutuhkan Surat Keterangan Kerja

by lhmdi on 3 September, 2017

wawancara kerja - CekAja.com

Memiliki sebuah surat keterangan kerja saat ini merupakan hal yang sangat penting bagi setiap masyarakat.

Jenis surat ini sering disebut juga sebagai surat referensi kerja bagi karyawan atau tenaga kerja sebagai bentuk pengakuan dalam hal pekerjaan.

Selain itu, surat keterangan yang sering juga disebut dengan istilah referensi kerja dapat dijadikan bahwa seseorang benar bekerja pada sebuah instansi atau perusahaan tertentu. Secara umum surat referensi kerja memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah:

  1. Melanjutan kuliah dengan cara mengajukan beasiswa.
  2. Sebagai syarat pelengkap untuk pengganti dokumen-dokumen tertentu. Sebagai contoh, jika seseorang belum memiliki e-KTP, maka dengan surat keterangan kerja, proses pembuatan KTP bisa diteruskan.
  3. Pelengkap dokumen jika ingin pindah kerja atau saat proses wawancara dengan calon kantor baru.
Surat Keterangan Kerja, Penting untuk Aktivitas Perbankan

Selain sebagai dokumen pendukung atau pelengkap untuk berbagai macam kebutuhan, surat referensi kerja ini juga sangat penting bagi aktifitas perbankan.

Sebagai contoh, jika kita baru saja pindah ke kantor baru dan diwajibkan memiliki satu rekening khusus sebagai transaksi pembayaran gaji, maka kita diwajibkan untuk membuat rekening bank baru yang sesuai dengan kantor baru.

Secara umum, agar proses pembuatan rekening bank berjalan dengan cepat, diburuhkan surat keterangan kerja dari perusahaan tersebut. Surat ini nantinya berperan sebagai bukti bahwa kita benar-benar bekerja di perusahaan atau kantor baru.

Selanjutnya, pihak perusahaan biasanya akan membuat surat keterangan kerja yang dilengkapi dengan Kartu Tanda penduduk dari si pekerja untuk diserahkan ke pihak bank untuk pembuatan rekening bank yang baru.

(Baca juga: Kontrak Kerja Karyawan Pengaruhi Pengajuan Kredit, Kenapa?)

Namun, secara luas, surat keterangan atau referensi kerja masih memiliki banyak fungsi lainnya. Kebutuhan ini masih terkait dengan aktifitas perbankan khususnya saat seseorang pekerja ingin mencari pinjaman atau mengajukan permintaan kredit kepada pihak bank.

Lalu, jenis pengajuan kredit apa saja yang membutuhkan surat keterangan atau referensi kerja?

  1. Dokumen untuk mengajukan KPR

Setiap karyawan atau pekerja suatu saat nanti pastinya membutuhkan sebuah tempat tinggal permanan atau rumah sendiri. Selain dapat digunakan untuk kebutuhan pribadi, rumah pun nantinya dapat digunakan sebagai set hingga investasi.

Namun, sayangnya harga jual rumah yang sangat tinggi membuat para pekerja atau karyawan tidak mungkin membelinya secara tunai.

Oleh karena itu, saat ini bank dan perusahaan pengembang bekerjasama untuk menyediakan layanan kredit kepemilkan rumah atau KPR.

Layanan ini memungkinkan seorang karyawan untuk membeli rumah dengan cara mencicil setiap bulannya. Nah, salah satu persyaratan yang biasanya diminta oleh pihak bank jika seseorang akan membeli rumah dengan cara mencicil adalah surat keterangan kerja.

Surat ini nantinya akan berfungsi untuk memberikan keterangan hingga meyakinkan pihak bank bahwa seorang karyawan dapat diberikan pinjaman dana untuk membeli rumah dengan cara kredit.

Jadi, jika kita yang sedang berencana untuk membeli rumah dengan cara mencicil, jangan lupa meminta dokumen atau surat referensi kerja dari perusahaan ya.

  1. Surat keterangan kerja untuk mengajukan KTA

Jenis pinjaman lain yang sering diajukan oleh masyarakat adalah Kredit Tanpa Agunan atau disingkat dengan KTA. Saat ini hampir semua bank yang ada di Indonesia sudah menyediakan layanan pinjaman yang identik dengan kebutuhan jangka pendek  ini.

Tidak jarang pula banyak karyawan atau pekerja yang mencoba mengajukan KTA di bank sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Nah, untuk mengecek kebenaran dan status seorang karyawan yang akan mengajukan pinjaman, pihak bank biasanya akan meminta dokumen pelengkap berupa surat keterangan kerja dari perusahaan.

Surat ini berfungi sebagai catatan tambahan bagi bank, bahwa benar calon nasabah atau debitur memang bekerja di sebuah perusahaan sehingga pihak bank mudah mengecek keberadaan karyawan di sebuah perusahaan.

  1. Dokumen pelengkap untuk mengajukan kartu kredit

Berikutnya, surat referensi kerja ini juga terkadang dibutuhkan bank saat seorang karyawan mengajukan pembuatan kartu kredit.

Dari sini, pihak bank biasanya akan mencoba mencari tahu informasi tentang karyawan yang mengajukan kartu kredit tersebut.

Tujuannya adalah pihak bank nantinya dapat menganalisis, apakah karyawan tersebut memilik kemampuan bayar jika bertransaksi menggunakan kartu kredit, hingga menghindari terjadinya kredit macet.

  1. Dokumen pelengkap untuk pengajuan Kredit Dengan Agunan

Selain KTA atau Kredit Tanpa Agunan, terdapat satu layanan lainnya yang juga sering dicari oleh masyarakat, yaitu Kredit Dengan Agunan.

Sebagai gambaran, bagi calon debitur yang akan mengajukan kredit dengan agunan biasanya akan diminta untuk menjaminkan salah satu aset prbadinya. Namun, tidak hanya itu saja, karena beberapa bank atau lembaga keuangan yang menghadirkan layanan ini terkadang meminta surat keterangan atau referensi kerja.

Jadi, jika kita sedang mencari dana dalam jumlah besar dan untuk kebutuhan jangka panjang dan berencana mengajukan kredit dengan agunan, maka siapkan terlebih dahulu seurat keterangan kerja yang sudah dimiliki.

Tidak hanya untuk mengajukan pinjaman atau kredit di bank, namun surat keterangan kerja memiliki fungsi lain yang perlu untuk kita pahami. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Mengajukan klaim BPJS

Suatu saat nanti jika memang benar-benar akan berhenti bekerja, dan ingin mengklaim dana BPJS Ketenagakerjaan, maka surat ini dibutuhkan sebagai bukti bahwa kita memang sudah tidak bekerja lagi di sebuah perusahaan.

(Baca: Kerja Puluhan Tahun, Sudah Cek Saldo Jamsostek Belum?)

  1. Pembuatan paspor

Jika ingin menikmati liburan ke luar negri, maka pembuatan paspor memang hanya akan membutuhkan beberapa dokumen tertentu. Namun, jika ingin ke luar negeri untuk kepentingan tertentu seperti bekerja di luar negeri sesorang diwajibkan untuk melampirkan bukti surat keterangan kerja dari perusahaan bersangkutan.

Surat rekomendasi berbentuk keterangan yang menyatakan bahwa sebuah perusahaan memberikan rekomendasi kepada karyawannya untuk pembuatan paspor.

  1. Pengajuan Visa

Selain paspor, untuk beberapa negara tertentu, Visa pun membutuhkan surat keterangan kerja. Apalagi bagi masyarakat yang memang ke luar negeri untuk kepentingan perkejaan.

Untuk kegiatan ini, seorang yang akan pergi ke luar negri untuk tujuan bisnis atau pekerjaan sebaiknya disarankan melampirkan dokumen berupa surat referensi atau kerterangan kerja.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.