Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

4 Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Kamu Terus Kekurangan Uang Meski Punya Gaji Tinggi

by Rafly Aditia on 5 November, 2015

tips atur uang _ investasi - CekAja.com

Apakah kamu sering kali mendapatkan uang di rekening bankmu tinggal sedikit, atau bahkan habis tak tersisa padahal belum mencapai akhir bulan? Padahal kamu memiliki gaji yang cukup tinggi dibandingkan dengan kebutuhan hidup dalam sebulan.

Bahkan seharusnya gajimu bisa digunakan untuk modal usaha dan menghasilkan lebih banyak uang. Tapi yang tejadi justru sebaliknya. Mungkin kamu seringkali berpikir, untuk apa saja uang yang kamu miliki dihabiskan sampai-sampai kamu kekurangan uang untuk menjalani hidup selama beberapa waktu kedepan?

Jika sering mengalami hal itu, bisa dibilang kamu tidak mempunyai perencanaan keuangan yang baik dan sangat mungkin kamu memiliki beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat dirimu menghambur-hamburkan uang. Berikut adalah 4 daftar kebiasaan buruk yang dapat membuat dirimu selalu kekurangan uang, tidak peduli berapapun gaji yang kamu miliki;

  1. Kamu Mengeluarkan Uang Lebih Banyak Daripada Kenaikan Gajimu

Tidak ada yang salah jika kamu ingin meningkatkan standar hidup selama mumpuni dan memiliki pendapatan yang besar. Namun, apabila kamu mendapatkan kenaikan gaji, sebaiknya kamu tidak mengeluarkan biaya tambahan yang lebih banyak dari kenaikan gajimu.

(Baca juga: Cara Agar Gaji Tidak Selalu “Koma” di Tengah Bulan)

Apabila hal ini terus menerus kamu lakukan, kamu akan mendapatkan situasi dimana kamu akan sangat sulit untuk menabung dan berinvestasi karena kamu sudah terbiasa dengan standar hidup yang tinggi dan diatas daripada yang seharusnya. Jadi, tetaplah bijak dalam mengontrol pengeluaranmu.

  1. Kamu Terlalu Fokus untuk Masa Sekarang dan Tidak Memedulikan Masa Depan

Banyak sekali orang yang memilih menghindarkan diri dari suatu masalah ketika mereka mengetahui bahwa untuk mengatasi masalah tersebut sedikit sulit. Apabila kamu juga memiliki pemikiran seperti itu, maka kamu berada dalam sebuah bencana. Mengapa? Karena hal tersebut juga berlaku terhadap permasalahan keuanganmu.

Biasanya, orang-orang lebih fokus kepada kebutuhan mereka saat ini tanpa memberikan perhatian dan pikiran mengenai kebutuhan mereka di masa depan. Mulai sekarang, ketika kamu harus membuat sebuah keputusan mengenai urusan keuanganmu, biasakan untuk juga memikirkan dampak dari keputusanmu tersebut di masa yang akan datang. Buatlah keputusan yang terbaik untuk masa depanmu nanti.

  1. Terlalu Dini Untuk Menabung? Jangan Pernah Berpikir Seperti Itu!

Kebanyakan orang di usia muda berpikir bahwa terlalu dini untuk mulai menabung dan berinvestasi, dan mereka lebih sering menghabiskan uang mereka untuk membeli barang-barang yang mereka inginkan.

Sebaiknya, kamu jangan pernah memiliki pemikiran seperti itu. Tidak peduli seberapa banyak pendapatanmu, rendah atau tinggi, kamu harus mulai membiasakan diri untuk menyisihkan sebagian uangmu untuk menabung. Mulailah menabung dari hari ini dan sisihkan sebelum dihabiskan.

(Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Masih Sulit Beli Rumah di Usia 30-an)

  1. Tidak Melakukan Pencatatan Keuangan

Apabila kamu tidak pernah melakukan pencatatan mengenai pengeluaran dan pemasukanmu, maka kamu sudah melakukan salah satu kebiasaan buruk yang dapat merugikanmu secara finansial di masa depan. Biasakanlah dirimu untuk mulai melakukan pencatatan dari setiap pengeluaran dan pemasukanmu, hal ini kan membuat kamu menjadi terbiasa dan lebih pintar dalam mengatur keuanganmu.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami