Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

4 Kegiatan Pengganti Sahur On The Road di Bulan Ramadan

by lhmdi on 17 Juni, 2016

buka puasa bersama-CekAja.com

Saat bulan puasa, ada kegiatan-kegiatan tertentu yang sudah seperti tradisi. Salah satunya adalah, Sahur On The Road  (SOTR) yang di beberapa tempat di Indonesia dijadikan sebagai agenda wajib selama bulan Ramadan.

Salah satu ciri khas dari SOTR adalah anak-anak muda ini menghabiskan waktu imsaknya dengan cara keliling kota menggunakan sepeda motor bersama sekelompok teman-temannya.

Kegiatan ini hingga sekarang tetap menuai pro dan kontra Karena justru sering menimbulkan pemberitaan negatif. Bahkan di beberapa kota besar pemerintah daerah seperti di kota Bandung, Bogor dan Jakarta membuat aturan khusus dengan melarang kegiatan SOTR.

Hal ini terjadi karena kegiatan SOTR sering memicu aksi-aksi kriminalitas seperti tawuran dan meningkatkan risiko kecelakaan lalu-lintas. Tentu saja hal ini meresahkan masyarakat sehingga membuat beberapa warga menjadi tidak nyaman dan akhirnya memaksa pemerintah daerah mengeluarkan aturan melarang acara yang bertemakan SOTR tersebut.

Jika kamu sedang berencana untuk melakukan acara SOTR Bersama teman-teman, ternyata masih banyak lhoh kegiatan-kegiatan lain yang lebih positif dari pada sekedar Sahur On The Road. Berikut beberapa ide pengganti SOTR yang bisa kamu pilih sebagai pengganti di saat bulan Ramadhan nanti.

  1. Ikut menjaga kebersihan jalan

Namanya sampah, di setiap kota pasti akan selalu ada. Meskipun sudah ada petugas yang membersihkannya, namun tetap saja menjaga kebersihan dan keindahan kota akan menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat.

Kamu bisa membantu untuk membersihkan jalanan dari botol plastik, bungkus styrofoam, atau pembungkus makanan yang masih saja berserakan di sepanjang jalan.

Sebagai pengganti SOTR, sebenarnya kamu bisa membantu para petugas ini untuk merapikan serta membersihkan jalanan-jalanan kota. Bahkan kamu bisa berbagi dengan mereka untuk menghadirkan menu sahur khusus.

  1. Sahur bareng anak-anak Yatim dan rumah singgah

Hal identik di bulan puasa adalah buka puasa bersama dengan anak-anak Yatim-Piatu di beberapa panti asuhan. Nah! Sekarang kamu balik, kenapa tidak mencoba untuk sahur bareng dengan anak-anak yang kurang beruntung tersebut.

Sahur bareng dengan anak-anak Yatim-Piatu ini bisa dijadikan sebagai kegiatan pengganti SOTR. Pada kegiatan ini kamu bisa berbagi macam hal, tidak hanya makanan, namun juga pengalaman seru hingga bermain yang mampu membahagiakan hati anak-anak.

Selain itu, kamu juga bisa menghabiskan waktu sahur di rumah singgah. Di kota besar sekalipun, rumah singgah ini masih banyak ditemukan. Rumah singgah sering dijadikan sebagai tempat penampungan bagi anak-anak jalanan atau anak-anak yang kurang beruntung dalam melanjutkan hidupnya.

Kegiatan ini tentunya lebih bermanfaat ketimbang SOTR.

  1. Acara sosial bareng komunitas

Kegiatan pengganti Sahur On The Road berikutnya yang bisa kamu pilih adalah dengan ikutan acara sosial bersama komunitas. Beberapa komunitas seperti komunitas mobil, fotografi dan komunitas lainnya sangat sering membuat acara seperti ini saat bulan puasa.

Hanya saja tema yang kamu pilih adalah kegiatan saat sahur. Kamu bisa berbagi dengan masyarakat yang kurang mampu untuk menjalankan kegiatan ini. Mulai dari bersama anak-anak jalanan, pemulung hingga lansia yang berada di panti jompo bisa menjadi tujuan sebagai kegiatan berbagi saat sahur.

  1. Sahur bareng teman-teman

Tradisi berikutnya yang identik adalah acara buka puasa bersama. Nah! Kali ini dibalik menjadi kegiatan sahur bersama. Tidak perlu datang ke restoran, namun berkumpul bersama di rumah atau kontrakan teman bisa menjadi pilihan.

Kegiatan ini setidaknya jauh lebih bermanfaat ketimbang menghabiskan waktu di jalanan dengan mengendarai kendaraan bermotor. Selain itu, dengan berkumpul saat sahur, siapa tahu kamu bisa saling bertukar ide-ide baru dengan teman-teman, dan memberikan keuntungan tersendiri buat kamu.

Serunya, empat kegiatan ini tidak hanya dilakukan di waktu sahur saja. Namun, bisa dilakukan juga saat menjelang berbuka puasa. Selamat mencoba!

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami