Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

4 Kiat Agar Tidak Terbujuk Iklan Rumah di Jual Murah

by lhmdi on 27 Agustus, 2017

biaya rumah bekas_KPR - CekAja.com

Saat ini menemukan iklan yang menuliskan “rumah dijual murah” bisa ditemukan dimana saja. Baik perkotaan yang padat penduduk atau daerah-daerah pinggiran di sekitarnya.

Namun, pada kenyataannya mencari rumah yang dijual murah di tengah perkotaan saat ini bisa dibilang mustahil. Harga tanah saja sudah sangat mahal ini.

Belum lagi ditambah dengan kualitas dari rumah tersebut, sehingga untuk mendapatkan rumah yang dijual dengna harga murah atau dibawah angka Rp500 juta sangatlah tidak mungkin

Hal ini masih ditambah lagi dengan faktor-faktor pembangunan yang terjadi di sekitar tempat rumah yang akan dijual. Misalnya saja kota besar seperti Jakarta. Kita pastinya tidak akan pernah menemukan rumah yang dijual dengan harga murah, meskipun di dalam iklan dituliskan “rumah dijual murah.”

Jika kita menelusuri iklan penjualan rumah di beberapa tempat di sekitar Jakarta, maka pemilik rumah akan menawar dengan harga yang bervariasi, yaitu mulai dari Rp800 juta hingga lebih dari Rp1 miliar.

Namun, ketika kita menelusuri layanan jual beli properti online seperti rumah123, kita masih akan menemukan beberapa rumah yang harganya berada di angka Rp250 juta hingga Rp400 juta.

Benarkah Masih Ada Rumah Murah di Jakarta?

tips beli rumah _ KPR - CekAja.com

Berdasarkan laporan dari Kompas online pada bulan maret 2017 yang lalu terdapat harga rumah murah di Jakarta Selatan. Rumah tersebut berada di angka Rp250.000.000, namun lokasinya ada di dalam gang.

Namun, yang perlu menjadi catatan rumah tersebut hanya memiliki luas 30 meter persegi  dengan ukuran tanah seluas 32 meter persegi. Selain di Jakarta Selatan, masih terdapat juga satu rumah murah di Jakarta Barat. Rumah murah ini bahkan hadir dalam bentuk dua lantai.

Masih menurut laporan kompas, rumah yang berada di kawasan Jelambar, Jakarta Barat tersebut memiliki luas rumah hanya 60 meter dengan ukuran tanah lahan seluas 48 meter persegi.

Pemilik rumah menaruh harga sebesar Rp200 juta untuk nilai rumahnya. Jika dilihat dari dua contoh rumah yang ditelusuri oleh Kompas tadi sudah jelas harganya sangat murah, namun dengan ukuran yang masih kecil.

Cara Tidak Terbujuk Iklan Rumah Dijual Murah

biaya kredit rumah _ KPR - CekAja.com

Harga rumah murah di sekitar Jakarta memang menarik. Apalagi mendapatkan informasinya kini jadi lebih mudah dengan layanan online. Berbagai judul yang dibuat dari pemasang iklan pun pastinya akan menarik, karena akan dituliskan “rumah dijual murah di Jakarta.”

Harganya pun pastinya akan membuat kita tertarik untuk membelinya. Bahkan seperti laporan dari kompas tadi, harga rumah murah di sekitar Jakarta ini berada di angka Rp250 juta hingga Rp300 juta.

Bahkan lebih murah atau hampir sama dengan rumah-rumah yang berada di sekitar lokasi penyangga di kota Jakarta seeperti Bekasi, Bogor, hingga Depok.

Namun, kita tentunya tidak boleh mudah terbujuk dengna iklan-iklan rumah yang dijual dengan murah . CekAja kali ini akan berbagi tips tentang bagaimana caranya agar menyiasati iklan-iklan rumah dijual murah di sekitar Jakarta:

  1. Perhatikan kredibilitas situs online

Mencari rumah yang dijual dengan harga murah secara cepat memang dapat dilakukan melalui layanan mesin pencarian online seperti Google. Hanya dengan mengetik rumah dijual murah kita akan mendapatkan data-data rumah siapa saja yang akan dijual dengan harga murah.

Hanya saja yang patut diperhatikan adalah informasi tersebut benar-benar akurat atau tepercaya. Selain beberapa sius jual beli rumah online seperti rumah123, rumah.com, hingga rumahku, masih terdapat beberapa layanan online lain yang menawarkan rumah murah.

Hanya saja, situs ini belu tentu teruji kredibiltasnnya. Misalnya, iklan rumah yang dibuat dengan menggunakan domain blog gratis atau iklan-iklan yang sengaja disusupkan beradasarkan bahasa pemrograman komputer.

Oleh karena itu, setelah menjelajahi rumah yang dijual dengan harga murah melalui mesin pencarian, pastikan situs tersebut benar-benar memiliki kredibiltas yang baik.

  1. Bandingkan harganya

Jika sudah menemukan satu iklan yang menawarkan harga rumah yang murah di Jakarta, usahakan terlebih dahulu untuk membandingkan harganya dengan rumah-rumah murah yang lain.

Misalnya, jika sudah mendapatkan rumah murah di satu situs seperti rumah 123, bandingkan dengan situs properti online lainnya seperti rumah  atau rumahku.

Cara ini untuk memastikan apakah rumah yang ditawarkan memang berada dalam harga yang masuk akal dan apakah harganya memang benar murah atau “gimmick” dari pembuat iklan.

  1. Perhatian lokasi rumah

Berikutnya beberapa penjual yang mengiklankan rumah dengan iming-iming harga murah biasanya akan menambahkan tulisan ” di tengah kota.” Namun, pada faktanya, sangat jarang rumah yang dijual murah di tengah kota.

Misalnya terdapat dua rumah murah yang berada di Jakarta Barat dan Selatan. Namun, lokasi rumah tersebut bukanlah tepat berada di jantung kota Jakarta. Melainkan berada di pinggiran dari Jakarta Barat dan Selatan. Selain itu, faktor lokasi lain yang patut dipertimbangkan adalah bagimana akses jalan menuju rumah tersebut.

Apakah rumah tersebut berada di dalam gang sempit dan tidak bisa dilalui kendaraan, hingga fasilitas-fasilitas yang berada di dalam jarak 500 meter atau 1 km dari rumah. Jika nantinya menemukan rumah dengan ciri-ciri lokasi seperti ini, sebaiknya hindari untuk melanjutkan penelusuran tentang rumah yang akan dibeli dengan harga murah ini.

  1. Datangi pemilik rumah

Jika masih tetap ingin mendapatkan rumah yang dijual murah di sekitar Jakarta, jangan lupa untuk mendatangi langsung pemilik rumah.

Dengan mendatangi rumah kita bisa melihat langsung bagaimana kondisi rumah tersebut secara asli. Selain itu, kita juga melihat spesifikasi bangunan, luas tanah, luas bangunan dan lain-lainnya. Cara ini akan membantu kita untuk melihat apakah rumah yang dijual murah ini memang layak untuk ditempat atau tidak.

Selain itu, kita juga bisa bertanya dan melihat langsung tentang surat-surat rumah tersebut kepada pemilik sebelumnya. Surat-surat ini bisa meliputi pajak, surat kepemilikan bangunan dan lain-lainnya.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.